Friday, 15 April 2016

Naqiyyah Syam, Di mana pun Tetap Menulis dan Promosi

Bimillaahirrahmaanirrahiim....

Perna dengar nama Naqiyyah Syam? Atau malah baca tulisannya di koran? Siapa sih dia?

Jadi, Mbak Naqi begitu panggilannya bernama asli Sri Rahayu. Dulu dia akrab disapa Yayuk. Mbak Naqi ini kelahiran Jambi, tapi pindah ke Bengkulu lalu menikah dengan orang Lampung.

Sejak kecil, Mbak Naqi ini suka menulis, tapi belum berani melebarkan sayap. Saat kuliah, baru deh dia berani mengirimkan tulisan-tulisannya. Karena jiwa dan raganya ini sudah kecantol dengan yang namanya tulis menulis, mau ke manapun tetep nulis. Nggak percaya?

Foto dari blog Mbak Naqi
Kemarin saya baca postnya tentang kondangan. Saya pikir namanya kondangan ya gitu, ngobrol cantik. Iya setelah kesasar tak jelas, mereka akhirnya ngobrol. Begitu kumpul, eh yang dibahas tentang kepenulisan juga.

Mbak Naqi menjelaskan bahwa sebagai penulis baru, kita tidak boleh malu-malu. Kita promo lah sana-sini. Biar pun orang ngecap narsis, ya cuek saja. Katanya, penerbit itu suka penulis yang aktif. Ya kali aja nanti digandeng penerbit lain, hihihi.

Karena mengenalkan karya pada orang lain itu penting, Mbak Naqiyyah Syam, Di mana pun Tetap Menulis dan Promosi. Bukannya saya sok tahu, tapi menjauhkan Mbak Naqi dari menulis adalah hal yang mustahil.

Ibu tiga anak ini saat jalan-jalan selalu menyempatkan diri untuk menulis dan promosi. Ngajak tiga anak bermain itu bukan hal mudah, tapi setiap orang butuh piknik kan? Dan nggak ada salahnya piknik tapi tetap produktif dalam menghasilkan sebuah karya. Jadi jangan kaget kalau Mbak Naqi liburan dan nemu salah satu fotonya sedang pegang buku. Naaa beliau itu lagi nebar benih, hihihi.

Oh iya, Mbak Naqi juga pesan, jangan somse dengan penulis yang satu daerah. Lebih enak lagi kalau mengembangkan jaringan kepenulisan khususnya di daerah. Intinya dari daerah yang sama kudu saling bantu. Poin ini yang saya suka. Jadi saya dan teman lain dari Jepara juga ingin dikenal lewat tulisan. Mungkin dengan pelatihan menulis, seminar yang tujuannya untuk memberdayakan orang-orang di Jepara. Semoga sih harapan kita diamini dan diijabahi Allah.

Masih mau kenalan dengan Mbak Naqi? Silakan tebar pesona ke:

FB: Naqiyyah Syam
Twitter: @Naqiyyah_Syam

Sampai jumpa! Happy Blogging!

6 comments:

  1. Terima kasih Mbk Jiah, saya dan keluarga suka jalan-jalan. Dengan juga kayak Mbk Jiah yang pernah ke air terjun hehehehe...

    ReplyDelete
  2. Hehehee, di mana pun dan kapanpun selalu menulis dan promosi bergandengan eratt, hhhee

    salut sma mbak naqi ^_^

    ReplyDelete
  3. Iya benerr... makanya dia dijuluki ratu antologi krn bukan cuma jadi admin antologi aja tapi antologi yg digawangi naqi biasanya penjualannya lumayan krn dia admin yg rajin promo..makanya ditawari jadi admin terus

    ReplyDelete
  4. Setuju mba, Mba Naqi pasti sulit disuruh menjauh dari menulis hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah bener deh tuh penulis ngga boleh malu buat promo

    ReplyDelete
  6. catet tuh, sesama penulis dan blogger dari SEmarang kudu akor, hehehe

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?