Thursday, 10 November 2016

Cuaca Buruk Saat Hiking? Ini Cara Menghangatkan Diri

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Bagi sebagain besar orang, mendaki gunung merupakan kegiatan menantang yang menyenangkan. Khususnya bagi mereka yang masih muda, menjadikan aktivitas ini sebagai hobi dan sarana untuk refreshing, berpetualang, dan memperkuat fisik. Keinginan dan hasrat untuk berpetualang tersebut kadang kala bertabrakan dengan keadaan faktor alam, yakni cuaca buruk dan musim penghujan yang tak bisa dihindarkan dan tak jarang menyebabkan para pendaki mengalami hipotermia.


Namun, jika kamu dan teman-temanmu memiliki persiapan yang lengkap, matang, dan cukup, maka hal tersebut bukan menjadi masalah dan hambatan. Kamu bisa menyusun beberapa rencana yang akan kamu lakukan untuk menghangatkan diri ketika sedang mendaki gunung yang cuacanya sedang tidak bersahabat dan memungkinkan kamu mengalami hipotermia. Kamu bisa menangani hal tersebut dengan mudah dengan beberapa tips di bawah ini:



  • Mengonsumsi Minuman Hangat
Kamu bisa membuat minuman hangat, seperti air putih hangat, kopi hangat atau teh hangat, atau susu cokelat hangat sebagai penambah glukosa dan akan membantu tubuhmu mengembalikan tenaga. Namun jangan lupa untuk mengawalinya dengan mengonsumsi air putih hangat terlebih dahulu.

Mengonsumsi minuman hangat, selain dapat membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah dalam tubuhmu juga dapat memastikan bahwa sistem sarafmu dalam keadaan sehat dan bekerja dengan baik. Kedua hal ini jika dalam keadaan yang baik, akan membantu tubuhmu menyesuaikan suhu di sekitarmu. 


  • Istirahat yang Cukup
Ketika kamu sedang dalam perjalanan mendaki ke puncak gunung dan merasa tubuhmu sudah lelah, cobalah untuk langsung beristirahat dan bernapas dengan tenang. Merasa lelah selama perjalanan merupakan hal wajar. Jika kamu memaksa tubuhmu untuk terus berjalan dan mendaki, justru akan memperparah keadaan tubuhmu dan dapat berakibat fatal ketika rasa dingin datang. Di samping itu, kamu perlu memanfaatkan istirahat di tenda sebaik mungkin untuk memulihkan diri dari kelelahan.


  • Lakukan Aklimatisasi Sebelum Mendaki
Sebagai pendaki gunung, sebelum berangkat mendaki harus melakukan proses aklimatisasi yakni penyesuaian tubuh terhadap lingkungan baru yang berbeda dengan yang biasa ditemui. Pada awal proses ini, kita biasanya merasa sakit kepala karena udara yang semakin tipis. Proses aklimatisasi ini berguna untuk menjaga tubuh tetap stabil dan dapat menyesuaikan suhu udara di gunung. 

Biasanya, para pendaki pemula melakukan aklimatisasi sederhana sebelum mulai mendaki dengan melakukan peregangan, mendaki perlahan, dan membiarkan tubuh tenang dalam melakukan proses penyesuaian. Namun, jika kamu telah terbiasa mendaki gunung dengan aktivitas pendakian di atas 4000 mdpl, kamu pasti akan melakukan proses aklimatisasi dengan naik menuju ketinggian pada siang hari dan tidur dengan ketinggian rendah pada malam hari. 


  • Pakaian Kering
Pakaian kering yang berlapis-lapis akan membantu menghangatkan tubuhmu yang merasa kedinginan. Hindari pakaian basah karena hanya akan membuat tubuhmu merasa lebih dingin sebab suhu udara gunung bisa langsung terserap pada pakaian basah yang kamu kenakan. Jadi, pastikan kamu selalu mengenakan pakaian yang kering.

Semoga bermanfaat. Sampai jumpa. Happy blogging!

7 comments:

  1. Konsumsi minuman hangat itu enyak mbak pas sblum brngkat hiking hhee

    ReplyDelete
  2. Mba suka hiking ya, keren tipsnya 😊 kalo aku pertama kali sih hiking seru dan lumayan cape. Hehehe

    ReplyDelete
  3. aku belum ebrani naik gunung, Ji. paling ke bromo yang ndakinya nggak tinggi2 amat, hehe. iya, yang penting jaga kondisi tubuh tetep sehat dan jangan sampai kedinginan.

    ReplyDelete
  4. Cuaca memang sulit di prediksi, sebaikkya sedia payung terlebih dahulu. apalagi berhadapan dengan alam. kalo kedinginan tingga masuk ke sleeping bag hehehehe

    ReplyDelete
  5. Paling seru saat hiking itu,minum minuman hangat sama nyeuduh mi ^^

    ReplyDelete
  6. Ane beberapa kali diajak muncak tapi ane tolak karena alsan cuaca buruk, soalnya kan nggak ada yang tau nanti diatas ada apa aja. Hehehe..
    Tapi nice info mbak, bisa jadi masukan.
    Boleh diterapin besok kalau mau muncaK :D

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?