Dari Pengantar Galon Sampai Kebiasaan Minum Air Putih

09:00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kurang minum air mineral yang baik bikin kita kehilangan konsentrasi. Ini bukan hanya iklan tapi betulan terjadi dalam hidup saya. Air tidak bisa ditinggalkan. Dan ini dia lika-liku yang berawal Dari Pengantar Galon Sampai Kebiasaan Minum Air Putih. Pernah kah kalian kehilangan konsentrasi karena kurang cairan?

Dulu sekali saya ini sangat kekurangan yang namanya cairan. Makan sukanya yang kering ditambah jarang minum air. Karena suatu kondisi, kadang saya hanya minum air satu gelas 300 mili setiap harinya. Padahal kebutuhan air kita paling tidak 2 liter. Hitungan matematika pasti hasilnya minus banyak, banyak sekali.

Pixabay

Untungnya, krisis seperti itu berjalan 3 tahunan saja. Bisa dipastikan dalam masa itu saya sering sakit dan juga dehidrasi. Tiap periksa selalu diingatkan untuk banyak minum.

Tahun selanjutnya saya mulai minum dengan cukup. Tapi secukup-cukupnya masih kurang dari dua liter. Masuk dunia kerja dengan kondisi yang panas, saya jadi doyan air. Tapi kalau sudah di rumah, minum juga jarang-jarang.

Beberapa waktu berlalu, akhirnya saya bekerja di sebuah CV yang memproduksi air. Aslinya sih saya dapat bagian di kantornya. Tapi karena pegawainya sedikit saya pun ikut berkorban kerja serabutan sebagai pengantar air galon.

Galon besar ada airnya, Ji?

Iyes, betul. Bukan cuma sebiji seringnya lebih. Nganternya pakai keranjang, 4-5 buah dengan jarak yang lumayan jauh. Bahkan kadang saya lebih memikirkan nasib air galon daripada saya yang mungkin oleng gara-gara keberatan air. Jujur ya ngeri, tapi bismillah aja semoga selamat.

Dari pengalaman kerja di tempat produksi air, saya jadi punya kebiasaan baru soal minum terutama air putih. Ini dia:

  • Tiap bangun tidur saya selalu minum air putih.
  • Menyediakan botol air besar di samping tempat tidur.
  • Sebelum makan saya juga minum.
  • Jam lain air putih selalu menemani.

Kenapa saya jadi tergila-gila dengan air?

Mungkin karena kebiasaan di sekitar. Ditambah lagi saya juga keseringan duduk di depan komputer. Bahaya banget deh kalau sampai saya kekurangan cairan. Habisnya kerjanya input data. Kalau salah satu aja yang lain bisa ikutan salah.

Ji, kebanyakan air minum kok jadi keseringan pipis ya?

Sebenarnya sering pipis ketika banyak minun air putih itu enggak masalah. Artinya ginjalnya bekerja dengan baik sehingga menyaring racun dan mengeluarkannya lewat pipis. Tapi beda kasus kalau anyang-anyangan ya.

Sampai sekarang kebiasaan minum air putih masih berlanjut. Air putih saja ya, bukan pakai es. Kebutuhan air minum terutama air mineral yang baik kaya Aqua itu sangat diperlukan. Selain bikin sehat, air putih itu cocok untuk diet. Sekarang ini saya lagi nyoba minum air putih hangat setiap pagi. Katanya bisa banget ngurangi banyak penyakit.


Jadi pengantar galon emang aneh apalagi wanita. Tapi kalau akhirnya jadi punya kebiasaan baik dengan air putih, enggak sia-sia deh pengorbanan saya yang telah lalu. Kalian sendiri, sudah kah membiasakan diri minum air putih? Share yuk!

Sampai jumpa! Happy blogging!

You Might Also Like

21 komentar

  1. Perkasa banget. Antar galon sampe 4-5 galon. Emang bnr kalau minum air putih lebih dari 2 liter badan pun gak kerasa capek.

    ReplyDelete
  2. Hebat ih bisa anter galon sebanyak itu!
    Aku termasuk yang suka lupa minum air putih. Dulu malah ga suka sama air putih. Jadi jelas udah minus kekurangan air putih. Sekarang sih ga ada masalah untuk minumnya, tapi karena kecanduan kopi, jadi tetap minus juga.
    Yuk ah biasain minum air putih lagi. Biar badan lebih sehat.

    ReplyDelete
  3. AKu paling seneng minum air putih, kalau di kos ait putih galon bisa habis 2 minggu sama aku. Pokoknya puas minum air putih soalnya gak doyan teh hahhaa

    ReplyDelete
  4. Aku pribadi emg suka banget sama air putih, mau makan apapun minumnya bukan teh botol tapi air putih. Dan setiap mau keluar rumah pasti ngisi tupperware dulu sik. #TeamAirPutih

    ReplyDelete
  5. aku pun mba dikantor sekarang mesti bawa botol besar jadi asupan airnya bener2 terjaga terlebih aku kerja diruangan AC

    ReplyDelete
  6. Sudah donk, ke mana-mana saya tumblr berisi air. Namun, karena suka minum air sering membeli air lagi di minimarket. Mungkin bisa 3-4 liter air yang saya minum setiap harinya.

    ReplyDelete
  7. Ketika SMA minimal banget dalam sehari aku minum air putih 3 botol 600ml, tapi itu semua berubah semenjak kuliah :(
    Tulisan ini cukup 'nyentil' buat aku pribadi karena pas kuliah pernah dalam sehari ngga nyentuh air putih tapi malah air berwarna, berasa, dingin duh nikmat dunia :'D
    Makin kesini akupun mulai membiasakan lagi supaya ngga kalah juga sama kakak perkasa satu ini (^o^)/

    [Lucky]

    ReplyDelete
  8. Saya paling suka dengan air putih. Makanya kalau habis makan apapun selalu minum air putih. Jarang minum tes atau sejenisnya. Krn selain murah juga sehat.

    ReplyDelete
  9. wah, Aku termasuk yang suka lupa minum air putih. Dulu malah ga suka sama air putih. Jadi jelas udah minus kekurangan air putih. Sekarang sih ga ada masalah untuk minumnya, tapi karena kecanduan kopi, jadi tetap minus juga.

    ReplyDelete
  10. pas sering banget "kencan" sama dokter, aku baru sadar kalau ternyata tubuhku jadi kurang sehat karena kekurangan cairan. Maka dari itu, aku jadi sdar dan terus perbaiki kesehatan, salah satunya dengan banyak minum. Kemana2 jadi bawa botol minum.
    Ada yang (terlihat) tetap sehat meskipun dia gak banyak minum. Tapi percayalah, setelah tahun berganti, dia gak akan sesehat sebelumnya

    ReplyDelete
  11. woww kamu perkasa dik,
    saat emak emak lain tak mampu mengganti air galonnya..

    kamu malah mampu membawa beberapa galon sekaligus.

    oh iya soal minum air putih sepakat banget..

    jangan sampai krg deh.. bahaya, almh ibu saya kena gagal ginjal kronis soalnya

    ReplyDelete
  12. Ini saya bgt nih. Selalu sedia air putih dimana pun dan kapanpun. Apalagi kalau lg bangun tidur, wajib hukumnya minum air putih satu gelas kecil.

    ReplyDelete
  13. Dari kecil saya sudah dibiasakan minum air putih.. bukan tidak mampu beli yang berwarna yah tapi memang air putih itu banyak manfaatnya.. selain bisa membantu proses pada ginjal ternyata bisa menghilangkan haus loch :D

    ReplyDelete
  14. Saya dl juga susah minum air putih .Tp sekarang sehari 8 liter aja kadang kurang mba

    ReplyDelete
  15. Buat minum 2 liter emang masih susah mbak. Eh tapi pas hami dulu malah saya dipaksa dokter minum 3 liter gtu. Jd saya sedia botol 1 literan 3 buah.
    Skrng paling seringnya ya minum aja gk ngitung :(
    Makanya saya suka makan pedas, krn kalau kepedesen suka maksa saya buat minum banyak
    TFS artikelnya jd reminder buat ngitungin air minum lg

    ReplyDelete
  16. ku selalu mencoba minum air putih sebanyak mungkin ku bisa, demi kesehatan dan juga kekencangan kulit yang paripurna. lebih baik dari konsumsi kolagen hehehe

    ReplyDelete
  17. Subhanallah, perkasa banget kak >.<

    Iya kak, semakin banyak minum air putih bukan berarti ginjal semakin rusak, justru kinerja ginjal akan semakin baik, karena membuang racun-racunnya itu mudah, bebannya jadi ringan

    saya juga sudah lama menyadari pentingnya minum air putih. Minimal 2 liter bisa saya habiskan. Ada maksud lain sih sebenarnya, supaya menjaga badan agar gak kebablasan gendut, hahhahaha

    ReplyDelete
  18. Aku termasuk onta mba, kalo minum air gk bisa sedikit. Aku selalu ingetin diri sendiri bahwa minum air putih itu penting bgt, aku jg sm kerjanya duduk terus makanya selalu sedia air putih di meja.
    Thanks sharingnya mba

    ReplyDelete
  19. Saya jg sedang membiasakan diri byk minum air putih. Bikin badan lbh segar

    ReplyDelete
  20. Itu ngantarnya pakai motor, Mbak Jiah? Waaah. Setrong sekali, ya.
    Aku juga bermasalah nih sama minum. Aku gak bisa kurang minum, tapi seringkali lupa kalau belum minum dalam waktu yang cukup lama. Apalagi waktu dulu kerja di ruangan ber-Ac, dari jam masuk kantor sampai pulang suka gak minum. Parah sekali. Sering banget kena omelan, tapi emang dasarnya anaknya lupaan ya gimana :(
    Tapi aku berniat benar kok untuk memperbaiki pola itu. Semoga bisa segera membaik pola konsumsi air mineralnya.

    ReplyDelete
  21. Bismillah....
    Aku pun ingin punya kebiasaan minum air yang cukup di tiap harinya.


    Kadang,
    Hanya karena males ke toilet, membuatku malas minum.

    Padahal mah...kalo mau ke toilet...ya ke toilet aja yaa...
    Kenapa mesti jadi males minum..??

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98