Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Eni Martini, Balada Jahe Merah

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Pernah nggak sih galau gara-gara ada yang ninggalin benih sama kamu tapi tak bertanggung jawab? Atau sayanya yang terlalu pede sampai rela 'dititipi' benih?

Kenapa sih saya sok lebay hanya gara-gara Jahe Merah? Cuma Jahe dan saya uring-uringan. Kurang kerjaan sekali.

Lebih mirip Laos daripada Jahe Merah
Sebenarnya ini gara-gara Mbak Eni Martini, Mamak Bunglon. Iyes, beliau ini wanita dengan sejuta warna dan sejuta keahlian. Ibu dari empat krucil, ngurus rumah tangga dan anak-anaknya sendiri, punya usaha toko buku online, dan yang paling ehem, saya acungi jempol karena produktif dalam menulis buku. 

Lebih dari 20 judul telah terbit dan saking banyaknya, kadang Mbak Eni lupa pernah menulis buku apa, hahaha. Gimana nggak lupa wong dia nulis berbagai genre. Yang paling heboh mah novel Toilet 105 dan difilmkan oleh MPlus pada tahun 2010.


Balik lagi ke Jahe. Jadi kemarin itu saya nggak sengaja baca post Mbak Eni tentang Sehat Alami dengan Jahe Merah. Sejak kecil, Ayah Mbak Eni membiasakan anaknya untuk mengenal obat-obatan herbal. Dari situlah sampai beliau beranak pinak tetep saja herbal yang utama saat sakit melanda. Pokoknya kalau tidak darurat, nggak akan ada obat kimia.

Primadonanya obat herbal bagi Mbak Eni adalah Jahe, apalagi dibuat susu jahe campur gula aren. Pening, pusing, pilek, sampai nyeri haid, hajar pakai Jahe. Kandungan jahe itu senyawa phenol yang bermanfaat untuk radang, nyeri sendi. Hasiat lainnya yaitu zingilberene, shogol sebagai anti oksidan serta minyak atsirin untuk mereduksi nyeri, dan masih banyak lagi.

Tahu begitu banyak hasiat dari Jahe dan benihnya nggak tumbuh-tumbuh, saya kan galau, hwaaaa. Kata Mbak Eni, ada kok Jahe instan yang nggak perlu susah-susah marut. Tapi kan saya mau merawat si Jahe dengan segenap kasih sayang!

Sempat ngancam si pemberi benih, tapi ya kasian juga dia kena amukan saya. Lagian kemarin itu salah saya juga karena tanahnya kekurangan oksigen dan terlalu sering disiram. Saya nggak boleh Salahin tangan. Sepertinya saya harus mengasah insting keibuan untuk merawat benih Jahe yang semoga saja lekas tumbuh, bersemi.

Dari FB Mbak Eni
Oh iya, kalau mau tahu Jahe apa yang direkomendasikan Mbak Eni, yuk lihat di www.duniaeni.com. Mau tahu lebih tentang dunia horor, atau parenting, colek saja beliau di Facebook : Eni Martini, Twitter/IG: @duniaeni.

Baiklah, sampai jumpa. Happy blogging!!!

37 comments

Hidayah Sulistyowati said...

Buku horornya fenomenal ya Jiah, aku mau ngulas tentang buku horor gak jadi. Kayaknya horor banget itu ^^

Lidya Fitrian said...

mau bange tahu jahe apa yg bagus

Ayu Citraningtias said...

jahe emang berkhasiat dan enak Ji,, segeerrr kalo dibikin wedang

Irawati Hamid said...

masih penasaran sama cerita horor Mba Eni yang ingin ia ceritakan pada malam jumat yang lalu di grup WA (tapi kemudian gak jadi karena ia harus menyelesaikan tulisan di blog) :)

btw tampilan blog Mba Jiah baru yah? lama gak main ke sini, setelah kesini tampilan blognya udah beda :)
tampilannya cantik Mba Jiah :)

Oky Maulana said...

Kayanya bagus ya...

Natalia Bulan Retno Palupi said...

Jahe berkashiat juga ya buat nyeri haid? Boleh dicoba nih biar pas haid nggak nyeri-nyeri amat....😂

Tukang Jalan Jajan said...

waaawww seru nih ngebaca novel novelnya kak Eni di barengi minum jahe merah. paket komplit

Florensi Mellia said...

Aku juga suka banget sama wedang jahe. Tapi biasanya jarang pake jahe merah. Jarang nemu di pasar. Jadi pengen nanem juga. Nanti kalau sudah sukses numbuhin jahenya, saya mau jg dibagi kak. Hehehe:)

Elisa said...

Anakku demen banget sama susu jahe.. Tapi jahe yang biasa, itu aja udah bisa ngangetin badan, apalagi pakai jahe merah yang Jiah dan Mbak Eni maksud ini.

Btw.. Benih siapa yang dititipkan ke kamu, Jiah? 😱

Fandhy Achmad R said...

Ngomongin soal jahe, jahe memang banyak mengandung banyak khasiat. Dan paling aku suka itu minuman wedang jahe, untuk menghangatkan badan dan obat puyeng..

Jahe dibakar terus ditumbuk, dicampur dengan air panas terus ditambah gula atau madu.. beuuuhhh rasanya segar, bikin kepala pusing jadi terasa lapang :D

http://sastraananta.blogspot.com/2016/04/tentang-satu-pertanyaan.html?spref=tw …

Pakde Cholik said...

Jahe memang multi guna ya
Terima kasih pencerahannya
Salam hangat dari Surabaya

Andria Nur Wahyu said...

Hi Mba salam kenal. Aku baru pertama kali main ke blognya nih.
Baca artikel yg ini aku sambil manggut-manggut hahaha. Makasih infonya ya. Malem ini mau langsung nyobain jahe susu ah hehe..

Susindra said...

Hehehehe..... bukan galau karena yang lain kan, Ji? ;) ehm....
Kalau menurutku, sih, kamu musti "salahin tangan" juga. Mbak Eni cuma tenang2in hatimu. Tanganmu cocok tuk pijat hp, bukan tanam jahe merah. Coba jawab... apa kabar si Strawberry dkk? Hihihi....

#kabooor

Hanif Fikri said...

Jahe emang banyak sekali manfaatnya...

andhikamppp said...

Selain wedang dan susu jahe. Saya ga terlalu banyak sih menikmati jahe.

Tapi, selain itu seingat saya jahe jg efektif yaa untuk mengobati luka luar

Renja Nakana said...

gaya hidup yang patut dicontoh nih, pkai obat herbal dan meminimalisir obat kimia. coba ikuti (semoga bisa).

jadi baca ini baru tahu kalau jahe bisa mengobati nyeri haid, tahunya cuma kunir yang bisa mengobati nyeri haid :D

eh, tapi di rumahku sering buat wedang jahe kok, pake susu pake gula aren seperti yang dibilang mbk Jiah, tapi sayang jahenya bukan jahe merah, jarang soalnya :(

menerapkan tanaman herbal dalam tulisan ini memang sangat perlu dicontoh. mari hidup sehat, kembali ke alam :)

Anita Makarame said...

Di rumahnya mbak Eni banyak Toga dong ya? Alias tanaman obat keluarga. Ga perlu ke apotik kalo sakit. Cukup petik di rumah. Hehe

Sama mbak jiah, soal tanam menanam kayaknya mirip masakan. Meskipun caranya sama plus takaran pupuk sama, hasilnya bisa beda. Ibuku kalo nanem2 selalu berhasil, giliran ak yg coba layu mulu. Strawberryku aja dah sebulan lebih ga berbuah. Subur sih tapi. Xixi

MahadewiShaleh said...

Aku minum jahe, air jahe tanpa apapun tambahan nya untuk mengatasi nyeri lambung hehehe. Emang manfaatnya jahe juara banget

Rinrin Rinjaniah said...

Jahe merah?? hmm, tidak kenal sih sama jahe merah, Ternyata banyak yah kasiatnya, jahe itu enak kalau dibuat minuman tambah gula merah, dan diminumnya pas di daerah dingin , hmmm enak banget.. Kalau untuk mengatasi nyeri haid, belum pernah dengar sih.

Hadi Ku said...

Saya baru kenal ini sama mbak Eni. Wah bukunya banyak amat ya. Keren. Jahe dibikin wedang enak tuh

Siti Nurjanah said...

Saya suka konsumsi jahe saat sedang flu atau kondisi tubuh lg kurang sehat, mantap jg di olah utk diminum saat kedinginan.

yulia yuli said...

Huaaa jahe merah aku ga kuat pedesnya... buat baluran kaki kalau pegel itu emang ampuh loh.. pernah nyobain soalnya

Zen said...

Pembukaannya ambigu ah :v

Arif Munandar said...

Jahe wuenak banget. Apalagi kalo nongkrong di angkringan gitu ya, enak banget kalo minumnya susu jahe. Susu jahe + nasi kucing = kombinasi yang sempurna

mia fajarani said...

Oh jahe merah pake gula aren enak ya? Pas aku kkn, ada tuh ukm yg bikin minuman jahe merah ditambah habatussaudah dan ekstrak kulit manggis. Emang khasiat jahe merah bagus bgt. Ditambah harga yabg lumayan juga hehe

Ayaa said...

Aku juga suka bikin minuman jahe. Tp kalo jahe merah blm pernah. Tp emang katanya lbh mujarab jahe merah sih. Nice posting Jiah

Unknown said...

Jahe merah dibuat bandrek enak banget

benbenavita said...

jahe merah yaaaa. hmmm. bellum pernah cobain, tapi kalo kata rang orang ya pedes sih ya, tapi lebih pedes liat gebetan jalan sama pacarnya :/
pedes mataaaaa

Sri Luhur Syastari said...

aku tiap pagi minum kunyit dan jahe dari mbok jamu, tapi gatau khasiatnya apa. Dan aku gatau si mbok pake jahe merah apa jahe apa. Aku pikir jahe itu ya jahe, ga ada pengklasifikasian merah ato bukan.

Aku baru tau jg kalo jahe bisa buat nyeri haid. Lumayan nih, tar kuminum ah pas haid. Cuma gatahan kalo abis minum jahe itu 'pedes' di tenggorokan ya mbak T.T

Hallowulandari said...

Nah, jadi Mba Jiah, masih meneruskan proses tanam menanam jahe merah ini ya? kalau mau tanam jahe merah ini harus di kebuh atau bisa di pot sih mba?

Mba jiah sendiri, sudah pernah mencoba meminum jahe merah dan merasakan manfaatnya? Kalau sudah boleh share pengalamannya dong mba. Terimakasih :)

Ajen Angelina said...

Jahe merah? Aku belum pernah rasain sih tapi penyuka jaher terutama teh jahe..
Mbak eni keren bukinya banyak

Erina Julia said...

Jahe merah, belum pernah manen sih, cuma waktu itu si babeh coba coba jd masih ditaruh karung, pas dilihat, tumbuh dan gede2, iya mba, jangan sering disiram, sama jngan dibiarin kepanasan banget.

KANDIDA said...

Wah artikel nya kece ni.

Fakhruddin said...

Saya dari kecil kalau panas diminumin Kunyit asam yang diparut dan diperas ibu saya sendiri, kemudian beberapa kali dikasih kelapa muda bakar dicampur madu, dan utk minuman dikasih temu lawak dan temu hitam. Wah jadi kangen jamu2 itu :-D

Anisa AE said...

Mbak Eni sesuatu banget ya? Prestasinya luar biasa.

Milda Ini said...

hihihi, mamak bunglon

Khoirur Rohmah said...

belum pernah itu nyobain jahe merah, mbak hhee