Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

6 Gunung Yang Cocok Untuk Didaki Para Pemula

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Beberapa tahun ini tren wisata mendaki gunung banyak diminati oleh wisatawan di Indonesia. Tak bisa dipungkiri bahwa film 5 cm yang dirilis beberapa tahun lalu, memotivasi banyak orang untuk naik gunung. Hampir di setiap hari libur nasional atau bahkan saat libur akhir pekan gunung-gunung di Indonesia selalu ramai dikunjungi.



Bagi kamu seorang pendaki pemula aktivitas ini tentu akan sangat menarik untuk dilakukan. Menikmati pemandangan alam yang masih alami tentu akan jadi pengalaman pelesiran berbeda dari yang pernah kamu lakukan. Kamu bisa mencari promo tiket pesawat, membuat persiapan, latihan fisik, mengajak sahabat dan memulai petualangan bersama.

Namun saran saya ada baiknya jangan memaksakan diri untuk mendaki gunung yang masuk kategori sulit. Memulai dari bawah, maksudnya dari gunung yang tidak terlalu tinggi dengan jalur yang terbilang mudah akan jadi pilihan bijak. Selain bisa melatih mental dan tenaga, ada banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan dari pengalaman pertama yang bisa digunakan untuk mendaki gunung selanjutnya. Berikut daftar gunung di Indonesia yang wajib didaki pemula:

Andong peak

Lokasi terletak di Magelang, gunung setinggi 1726 mdpl ini akan sangat cocok untuk pemula sepertimu. Dengan jarak tempuh hanya 2 jam berjalanan kaki dari basecamp hingga puncak, kamu seperti tidak perlu menginap di atas sana. Tapi naik gunung tanpa melihat sunrise rasanya sedikit kurang. Pemandangan yang indah dari puncak Gunung Andong menampilkan pesona Sindoro dan Sumbing yang mengapit matahari terbit.

2. Gunung Penanggungan
Disebut sebagai miniatur Semeru karena puncaknya yang tandus, Gunung Penanggungan akan sangat cocok menjadi pemanasan sebelum menjelajah Semeru sungguhan. Jalur pendakiannya terdiri dari 2: Tamiajeng yang menjadi favorit banyak pendaki dan via Jolotundo di mana kalian bisa menemukan banyak peninggalan sejarah.


Sebenarnya gunung ini bernama Prahu, namun wisawatan dan warga setempat sudah terbiasa meleburkan huruf H-nya. Dengan tinggi 2565 mdpl, kamu hanya butuh waktu 3 jam berjalanan kaki menunju puncak. Gunung Prau memang menjadi favorit banyak pendaki pemula karena pemandangan matahari terbit yang tidak ada duanya. Apalagi Prau termasuk salah satu gunung dengan dataran terluas di Indonesia.

4. Gunung Ijen
Blue fire menjadi hal yang paling diingat banyak orang dari gunung yang berdiri kokoh di Malang. Hanya butuh 2,5 jam untuk mencapai kawah yang masih sangat aktif tempat api biru bersemayam. Kamu juga hobi foto? Aktivitas penambang belerang akan menjadi portofolio tambahan yang bagus untukmu.

5. Gunung Sibayak
Seorang teman mengaku sudah berkali-kali main ke Sibayak. Main? Ya, kira-kira semudah itulah mendaki gunung dengan ketinggian mencapai 2212 mdpl. Jaraknya juga tidak terlalu jauh dari Kota Medan, hanya 50 km saja. Jalur paling mudah dapat ditempuh selama 2 jam berjalan kaki atau 3-4 jam melewati jalur 54 yang menantang.

6. Gunung Batur
Ya, inilah gunung yang hanya di depan tatapanmu saat kamu mengunjungi Kintamani. Tingginya yang hanya mencapai 1717mdpl hanya membutuhkan waktu 2-3 jam untuk mencapai puncak. Pastikan kamu sampai ke puncak dan selamat menikmati kaldera indah yang selama ini hanya kamu nikmati dari bawah. Satu lagi, pastikan kamu melihat matahari bangun dari tidurnya.

Jadi, kamu sudah siap mendaki ke gunung yang mana? Jangan lupa juga siapin diri sebelum memulai pendakian demi keselamatan.

Sampai jumpa. Happy blogging!

13 comments

Anisa AE said...

Saya masih belum bisa bepergian ke gunung, huhu. Padahal pingin banget nak gunung.

Tika said...

Banyak banget pilihan gunungnya, jadi bingun mau pilih yang mana dulu. :D

Dian Safitri said...

Pengen ke Ijen.
Aku belum pernah daki gunung ih. Pengen mencoba. Tapi takut nyusahin orang-orang.

lianny hendrawati said...

Aku cuma pernah ke Bromo saat SMA dan ke Ijen bulan Juni tahun lalu. Mendaki gunung itu capeeek tapi begitu sampai puncak lelahnya jadi hilang :)

muthihaura said...

Belum pernah naik gunung mbk Ji :'(. Pengen banget ngedaki. Rencana abis lebaran ini. Doain ya mbk hehe

Ayaa cahayatheprinces said...

Dari kuliah sampe sekarang ngebet pengen naik gunung tp belum kesampean. Gunung ijen sempet jd wishlist juga, pas baca ini berasa nostalgia

Tira Soekardi said...

wah sdh tuwir gak mampu deh naik gunung

Hidayah Sulistyowati said...

Dari keenam gunung ini belum ada satupun yang aku daki, hiihihii...
Tapi dari bbrp gunung yang pernab aku daki, aku jatuh cinta banget sama Merapi. Cakep banget deh Ji

Eni Martini said...

Mantab jiah, aku suka. Makasih infonya

Naqiyyah Syam said...

Jiah, kegiatan kamu seru banget apalagi naik gunung bikin kamu tambah manis deh soalnya aku pengen juga, tapi bawa tiga bocah pasti rempong deh

Noorma said...

Gunung Di Pekalongan juga ga tinggi2

momtraveler said...

Pengennya yu naik Prau cuma blm kesampean sampe sekarang

rosa said...

Pengeenn banget mendaki gunung. Tapi kayaknya impian itu aku pendam saja. Hahaha