Kentang Kering, Menu Buka Puasa Hari Pertama

May 25, 2018

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Hari ini sudah masuk tanggal 9 ramadan. Kayanya baru kemarin kok ya sudah 1/3 bulan aja ya?! Padahal ya saya masih ingat Kentang Kering, Menu Buka Puasa Hari Pertama.

Sehari sebelum ramadan, saya sudah belanja beberapa bahan makanan dan sayur. Niatnya di hari pertama mau nyoba masak kentang kering dan ayam pedas. Saya pikir sangat penting untuk meningkatkan selera makan saat puasa. Makanya kalau bisa ya menyajikan makanan yang agak berbeda dari hari biasa.

Kamis siang setelah solat Dhuhur (saking semangatnya masak), saya sudah bersiap ngupas kentang. Saya pakai 1/2 kg untuk percobaan. Tadinya mau sedikit, 1/4 mungkin. Tapi ternyata kurang.

kentang menu buka puasa

Kentang kupasan saya cuci lalu parut memanjang seperti korek api. Saya rendam di air agar tidak biru. Setelah itu saya pisahkan dari air dan goreng dengan minyak yang panas.

Ternyata setelah di goreng, kentangnya menyusut. Jadi saya tambahi tempe biar lebih banyak. Maklum, anggota keluarganya dewasa. Jadi tingkat makannya lebih. Permasalahan muncul saat saya mulai memasukkan bumbu.

Menu Buka Puasa Bukan Kentang Kering Lagi


Bukan salah bumbunya, tapi takarannya. Saya kebanyakan memasukkan air. Kentang dan tempenya jadi basah mirip mie rebus. Soal rasa sih lumayan, tapi tampilannya itu lho, tidak menggugah. Coklat dari kecapnya malah kelihatan pucat.

Saya sudah mempersiapkan diri jika Menu Buka Puasa Hari Pertama gagal dan mungkin saja akan memakan semuanya sendiri. Tapi ternyata hampir sold out! Rasanya senang, hahaha. Kegembiraan orang yang memasak itu ketika masakannya habis dimakan tanpa komplen.

Saya tidak akan menampakkan Kentang Kering yang gagal. Tapi next time jika berhasil membuat lagi, saya akan memberikan gambar beserta resepnya.

Mungkin lain waktu jika saya ingin mencoba resep baru harus lihat juga di Google. Kadang hanya pakai perasaan itu kurang oke karena pengalaman masak saya masih minim.

Nah, kalian sendiri punya Menu Buka Puasa yang gagal juga enggak? Lalu bagaimana akhirnya? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

3 komentar

  1. hihi yang penting kan habis dimakan, bisa jadi resep baru tuh Jiah :)

    ReplyDelete
  2. Kentang kering kayak kuwi dimasak sama teri yang putih terus dibumbu pedes wiiih ngabisin nasi 2 piring. Resep dari adik ipar :)

    ReplyDelete
  3. Hihiii,,Aku selalu gagal kalo masak kentang kering niih, ga krenyes..kriuk kriuk tapi tetep aja abis dimakan, soale enyaak..

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98