Di ATM Ngapain Aja Sih?

March 13, 2017

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Di ATM Ngapain Aja Sih? ATM, anjungan tunai mandiri tentu tidak asing lagi bagi kita yang menabung di bank. Untuk yang nabung di koperasi, jangan harap bisa punya ATM. Sebenarnya sih yang penting nabungnya atau isi ATMnya, iya kan?!

Pixaby

Dari belum punya tabungan sampai akhirnya ada tabungan sendiri, ada banyak kejadian yang saya alami di ATM. Sejauh ini sih enggak sampai rugi banget. Apa aja hayo?!

  • Nyontek catatan
Ini terjadi waktu belum punya ATM. Jadi mantan Bu Bos pernah minta tolong saya buat ambil uang. Saya bilang aja enggak ngerti caranya. Karena darurat, Bu Bos bikinin catatan cara pakai ATM dan ambil uang. Ya udah, saya nyontek deh, hahaha!

  • Dengerin orang lagi ditelpon penipu
Waktu itu saya masuk ATM dengan dua mesin. Antriannya lumayan panjang. Lalu ada deh Masmas yang dari sebelum masuk udah telponan. Liatin mesin ATM masih ngobrol aja. Saya curiga dan ngingetin bahwa mungkin yang nelpon itu penipu. Dia jawab apa coba?
"Iya, Mbak saya tahu dia penipu. Ini saya lagi ngerjain dia,"
Dih, ada orang mau ngeladenin sampai segitunya. Akhirnya karena di dalam dia lama sekali sementara Ibu-ibu ribut antri, Pak Satpam bertindak dan 'ngusir' si Masnya.

  • Resi catatan tidak keluar
Beberapa kali nih saya nemu kaya gini. Mau lihat mutasi, eh catatannya enggak keluar. Ini juga nyebelin saat kita transfer tapi buktinya tidak ada. Duh!

  • Layar dan tombol tidak berfungsi
Masukin kartu eh tidak bisa pencet pin. Udah bisa pencet tapi layarnya hitam. Kartunya ditelan mesin. Segera cancel aja ya.

  • ATM hilang
Paling ngenes ini mah. Di Jepara daerah pasar lama dan baru ada ATM. Jalan dari terminal niat mau ambil duit ternyata zonk. Mesinnya ilang, dalam perbaikan.

  • Digedor sama yang antri
Namanya transaksi itu harus teliti, apalagi ambil uang. Sebel banget karena ada yang tidak sabaran pakai gedor biar kita segera keluar.

  • Uang keluar dari mesin kaya dilempar
Ini terjadi saat saya ambil uang dua jutaan titipan orang. Enggak tau itu mesinnya lagi sensi apa gimana, eh duitnya kaya dilempar. Sayanya kaget dong! Itu duit nyebar sampai saya mungutin satu-satu. Mungkin kasus ini terjadi juga pada orang lain karena tadi pagi saya dan pengunjung lain nemu duit 100 ribu tergeletak di lantai dekat mesin ATM. Kami tidak ambil, ya karena memang bukan uang kita ini. Entah bagaimana akhirnya nasib uang itu.

Dari yang saya alami, pakai ATM kudu teliti dalam banyak hal, seperti:

  • Pastikan kartu ATM benar
Benar dalam banyak hal. Milik sendiri, benar saat memasukkan, benar juga itu ATM apa. Mesin BRI yang dimasukkan kartu BCA. Bisa sih, tapi syarat dan ketentuan berlaku.

  • Jaga kerahasian pin
Ini wajib hukumnya. Sudah banyak contoh dengan nutupin angka ketika ngetik pin.

  • Transaksilah dengan benar
Cek transaksi, baik ketika cek saldo, transfer, atau penarikan uang. Hitung uang yang sudah kita ambil. Jangan sampai ada yang tertinggal.

  • Jangan lupa ambil kartu ATM lagi
Fee cair, ambil uang eh malah lupa kartunya. Jangan sampai lah ya!

  • Sabar
Mesin ATM itu bukan milik pribadi. Jadi kudu sabar, jangan sok yes ya!

Hati-hati dan teliti itu wajib. Sejauh ini saya belum pernah kena tipu-tipu sampai ke ATM atau kehilangan uang. Semoga jangan ya! Kalau kalian, Di ATM Ngapain Aja Sih? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

19 komentar

  1. Aku klo ke atm masih suka deg degan ji, takut kartu atmnya ketelen
    Soalnya anaknya suka panikan aku hahahha

    ReplyDelete
  2. Kalo saya biasanya numpang ngaca di atm hahahaha

    ReplyDelete
  3. Untuk masalah yang digedor sama yg ngantri.. Mungkin kamu terlalu lama.. Kamu perlu tau juga adab saat di ATM. Jika kamu sudah melakukan 3 transaksi di ATM dan kamu masih belum selesai dengan urusanmu, lebih baik kamu stop dan berikan giliran orang yang dibelakangmu.. Dan kamu ikutlah mengantri lagi.. Pasti nggak bakal digedor2

    ReplyDelete
  4. Wah seru2 ya pengalamannya. Saya juga pernah ngalaamin resi tdk keluar gara2 kertas buat nyetaknya habis. Trus pernah juga kehilangan kartu atm. Pas lapor di CS banknya baru ketahuan kalau kartu erm saya ketelen mesin atm saat bertransaksi sekitar 2 bulan yg lalu. Sungguh saya lupa.

    ReplyDelete
  5. Gile. Rawan bener buat yang uang terbang ke mana-mana gitu. Itu mah bukan sensi lagi. Emang darah tinggi mesinnya. Saranku sih mending pass ambil uang di "ATM tebang-terbang" itu ngajak paguyuban anak-anak pemburu laron. Aku yakin kamu pasti sangat terbantu.

    ReplyDelete
  6. Ada yang kelewat!!!

    Uangnya udah keluar, tapi lupa diambil, emm aku pernah soalnya :'(

    ReplyDelete
  7. pernah di depanku kayaknya ambil 2,5jtan dia lupa ambil uang cuma ambil kartunya. Akhirnya tak kejar keluar, si ibu untung blm jauh

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah ketemu cerita menarik dalam ATM mba.. paling cuma lihat cewek cakep dibilik ATM sebelah hehehe

    ReplyDelete
  9. Ada juga nih, kadang masuk ke atm lama bgt di dalamnya tuh entah ngapain aja.. Sampai2 aku ngira dia di dalam itu lagi bimbingan konsultasi skripsi jadinya lama..

    Jangan lupakan soal kartu atm yg tertelan mesin, atau juga soal uang lupa diambil setelah gesek wkwk

    ReplyDelete
  10. Di ATM kalo pas pulang ke Surabaya adalaaah.....tempat buat ngadem.

    Tapi kalo pas di Bandung, ATM gak pernah dikit...in syaa allah gak pernah sampe digedor.


    ReplyDelete
  11. aturan ambil aja mba uang yang lagi ada dibawah atm haha itu kan rejeki bagi yang nemuin hahaha. tetapi ke atm buat apa kalo tidak ada isi saldo yang masuk hihi

    ReplyDelete
  12. Aku dan suami termausk yang cepet kalau ke ATM. Pernah bete ada ibu2 lama nian ke ATM transaksinya, pengen deh rasanya ngebantuin :P BTW itu ada yg segitunya ya nanggapin penipu hehe niat sekali

    ReplyDelete
  13. Aku mah di ATM ngga sempet ngapa ngapain. Cuman ngelakuin apa yang jadintujuan utama sik. Biasanya langsung ambil uang atau setor lalu cussss

    ReplyDelete
  14. Aku pernah ngerjain penipu mba jiah, sebenernya ga niat ngerjain, cuma suka bingung sama orang yang suka cerita kalo dihipnotis lewat telpon.

    Penasaran pengen tahu gimanacara nipunya, krn ternyata,lewat ecash/emoney gitu.

    ReplyDelete
  15. Barusan aku kena masalah sama Bank yg warnanya kuning itu. Semenjak perubahan digit pin dari 3 ke 6. Aku ngerasa udah ngubah ke 6 digit, tapi tiap mau transaksi kenapa disuruh ngubah pin lagi. Utak-atik, akhirnya malah keblokir.

    Setelah ke bank & dibuka blokirannya. Di ATM depan bank, masih juga begitu. Tiap mau transaksi disuruh ubah pin jadi 6 digit. Padahal udah jelas2 pinku udah 6 digit. Daripada diblokir lagi, akhirnya aku balik lagi ke bank dan dibantuin sama Satpamnya.

    Katanya ya diubah lagi aja tetap ke 6 digit. Sistemnya emang gitu, sering bikin orang bingung. Hoalahhhh... Ini ATM atau Bank-nya yg aneh yaa..

    ReplyDelete
  16. bahahhh jadi ingat udah pede masuk atm dan masukin pin ternyata yang dimasukin atm suami. sama bank sih. apesnya sudahlah PINnya diblok karena 3 kali salah, lagi ga bawa uang sama sekali pula. Jadinya langsung cabut pulang lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga sering salah masukin atm karena bank nya sama dengan punya suami, dulu pernah salah pin & akhirnya pin atm saya samain aja

      Jadi walau salah masukin kartu atm tetep bisa dipake.

      Delete
  17. Bayar macam2 bisa bikin lama juga. Tagihan ini itu plus belanja di ol shop, buat yg ga punya sms bankinv atau internet banking ya.

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98