Panjat Batang Pisang

08:00

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Agustus masih belum berakhir dan artinya bau-bau kemerdekaan akan tetap ada, iya kan? Siapa yang masih pasang bendera di depan rumah? Siapa yang masih ikutan lomba?

Kalau di kampung saya, dari desa diminta untuk memasang bendera sampai akhir bulan Agustus. Untuk lomba, RT sebelah ada yang mengadakan, banyak pula yang santai tanpa lomba, cuma tahlilan saja di musola.

RT saya sepi, hahaha. Jangan tanya mengapa. Kalau saya urun rembuk, rasanya kurang pas karena saya cuma anak muda biasa.

Minggu siang kemarin di belakang rumah tiba-tiba ramai suara sorak dan tabuhan barang bekas. Saya lihat saja dan ternyata ada beberapa anak kecil yang main tongtek. Sudah habis lebaran ini, ngapain main gituan? Pikir saya. Sampai akhirnya Kakak bilang bahwa mereka mau Panjat Batang Pisang. Lalu saya bayangin monyet bergelantungan, hahaha!


Ada sekitar 6 anak yang bergantian untuk memanjat batang pisang yang posisinya di balik. Di bawahnya tanah yang diberi air sehingga becek. Selain itu, batang pisang dilumuri oli. Di atas bagian yang dipanjat ada makanan ringan dan minuman. Usut punya usut, ternyata makanan itu hasil iuaran mereka sendiri. Jadi ya dimodalin sendiri, dipasang sendiri, dan dipanjat sendiri. Mau ketawa tapi miris, hihihi.

Waktu itu saya nonton dari belakang rumah. Mereka betulan gantian, manjat dua-dua. Teman yang lain nabuh barang bekas. Saya ketawa saja melihat mereka yang kena air bercampur tanah tambah musik seperti melihat topeng monyet saja. Saya nonton sekitar setengah jam dan balik ke rumah. Kakak saya tuh buat rekaman sampai selesai. Di akhir orang yang melihat ngumpulin sedikit uang buat mereka jajan. Ya, hiburan tak seberapa.



Kalau di tempat tinggal kalian ramai apa? Ada panjat batang pisang juga? Bagiin ceritanya yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

27 komentar

  1. Tahun ini ditempatku juga pakai batang pisang, biasanya panjat bambu tinggi2. mungkin karena lagi angin kenceng panitianya cari aman aja. Tapi hadiahnya tetep heboh kayak biasanya :)

    ReplyDelete
  2. Lombanya sama kayak di RW aku, ji. Sayangnya aku ga liat, pas lagi ga enak badan. Eh katanya seru karena banyak hadiahnya. Hehe

    ReplyDelete
  3. Waaaaah! Tradisi panjat batang pisangnya menarik yaaa! Aku belum pernah merasakan seperti ini hehehe. Paling-paling lomba biasa, maklum lahir di jakarta dan besar di sini juga. Jadinya gitu. Hehehehe. Lucky you!

    ReplyDelete
  4. Aku taunya panjat pinang ternyata ada juga yah panjat batang pisang hahaha...

    ReplyDelete
  5. haha panjat batang pisang seru juga tuh, malah lebih licin dibanding batang pinang. Hebat ya, bisa urunan dan dan membuat acara sendiri, good job kids.

    ReplyDelete
  6. Hahaha lucu juga nih mba panjat batang pisang,, tapi bukannya getah batang pisang susah dihilangin ya mba.. mungkin terbantu dilapisi oli juga ya jadi badan gak kena getah langsung

    ReplyDelete
  7. itu jia motonya jauh-jauh banget hehe.. takut ketimpa pohon pisang kayaknya wkwkwkwk..

    ReplyDelete
  8. Rameee bangeuud di tempatku, Jiah...
    Dari mulai rencana pelaksanaannya aja...panitia Kartar nya uda minta sumbangan dari rumah ke rumah dengan cara yang unik.
    Mereka bawa sepake roti dan dijual dengan harga lebih tinggi.

    Kan kepake banget tuuh....roti gitu looh...

    Trus pas hari H-nya...mereka adain acara sehari semalem.
    Beneran, istirahatnya cuma pas waktu sholat doank...berisiiik banget daah pokonya.
    Seruuu!

    ReplyDelete
  9. Di tempat tinggal saya juga sepi...belum ada perlombaan-perlombaan gitu. Gak tau kalau minggu depan.
    Untung aja mereka pakai batang pohon pisang, kalau pakai batang pohon pinang ketinggian. Mirisnya, udah banyak yang celaka karena panjat pinang :(

    ReplyDelete
  10. hahaha batang pisang ya. lucu juga bisa jadi alternative panjat pinang.

    ReplyDelete
  11. hahahaha ada2 aja panjat pisang, yang murah ya. Soalnya kalau pinang mahal plus repot. Ngakak aku juga bayanginnya kaya monyet hihi

    ReplyDelete
  12. emang batang pinang kini semakin langka, di daerahku juga banyak yang beralih ke batang pisang... tapi...di kampungku tahun ini gak ada lomba, jadi gak seru...hiks

    ReplyDelete
  13. huahahaha....
    kayaknya lucu tuh
    videonya diupload aja kak, ke ig, ntar lama2 bisa jadi viral
    mumpung suasana masih agustusan

    ReplyDelete
  14. di tempat si aku ga rame ah, ada perlombaan sih tapi buat anak kecil dan lombanya umum, kalau panjat batang pisang belum pernah denger ada panjat ginian

    ReplyDelete
  15. waduh, di tempatku malah ga ada perayaan untuk orang dewasa kayak panjat pisang ini(?) 17annya sepiiii.. makanya aku ke Giias aja liat2 mobil (doang sih)

    Pokonya Agustusan tahun ini tidak semerian 4 tahun lalu (karena aku yang jadi panitianya) hahaha

    ReplyDelete
  16. kok dari jauh banget fotonya. tapi lucu sih anak anak ikutan lomba ini. buat seru seruan dan walau pendek batang pisang tapi, cukup susah juga untuk anak kecil

    ReplyDelete
  17. Ji hahhaaha aku bayanginya seru pasti. Miris tapi lucu yaa...


    Di sini panjat pinang udah jarang Ji...kangen lihat orang orang yang ikutan panjat pinang

    ReplyDelete
  18. aku baru ini jiah denger ttg panjat batang pisang hahahah

    kalau disini cm ada panjat pinang.. itu pun di,tempatku ga ada..

    krg ramai disini.. org org lebih suka ke mall jiah

    ReplyDelete
  19. Di komplek saya biasanya jg ada acara 17 an..Tp tahun ini kok sepi ya ? Atau sy yg ga tahu hehehe
    Soalnya hari Minggu itu ada hadirin acara..dari subuh udah jalan dan balik sore

    ReplyDelete
  20. Mandiri banget mereka. Bikin lomba sendiri, modal sendiri, ngelakuin sendiri hahaha aku gak ada di kota domisiliku sih pas 17an. Lagi melancong. Tapi di tempat itu kulihat ada hal baru, katanya namanya tirakatan. Pas malam 17an. Seru juga sih nontoninnya, bisa sampai tengah malam katanya hahaba

    ReplyDelete
  21. 17 Agustusan di rumah aku rame, di kontrakan rame banget karena deket mushola tempat perayaan. Banyak banget lombanya dan anak-anak pada ikutan. Kangen upacara deh.

    Btw, di sini enggak ada panjat pisang, adanya panjat sosial wkwk

    ReplyDelete
  22. Di sini 17 an rame, karena dirayain deket kontrakan. Tapi enggak ada panjat batang psang heuheue

    ReplyDelete
  23. belum pernah lihat panjat pisang. Tapi pernah ada yang bilang kalau lomba panjat pisang sudah mulai banyak karena cari pohon pinang susah. Bener gak, sih?

    ReplyDelete
  24. Lucu dan seru naik pisang udah licin duluan. Solusi ini apalagi harga pohon pinang lumayan ya. Susah juga nemuinnya

    ReplyDelete
  25. Wah aku ngebayanginnya aja uda seru banget. Biasanya pinang sih, skrg pisang. Aku belom pnh liat seumur hidupku hehehe

    ReplyDelete
  26. Waah lain daripada yang lain ya, biasa manjat pohon pinang ini malah manjat batang pisang. Eh itu asli licin gak pakai oli pun loh. Pengalaman manjat haha.

    ReplyDelete
  27. antara kasian tapi kok ya lucu :D

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98