Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Panjat Batang Pisang

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Agustus masih belum berakhir dan artinya bau-bau kemerdekaan akan tetap ada, iya kan? Siapa yang masih pasang bendera di depan rumah? Siapa yang masih ikutan lomba?

Kalau di kampung saya, dari desa diminta untuk memasang bendera sampai akhir bulan Agustus. Untuk lomba, RT sebelah ada yang mengadakan, banyak pula yang santai tanpa lomba, cuma tahlilan saja di musola.

RT saya sepi, hahaha. Jangan tanya mengapa. Kalau saya urun rembuk, rasanya kurang pas karena saya cuma anak muda biasa.

Minggu siang kemarin di belakang rumah tiba-tiba ramai suara sorak dan tabuhan barang bekas. Saya lihat saja dan ternyata ada beberapa anak kecil yang main tongtek. Sudah habis lebaran ini, ngapain main gituan? Pikir saya. Sampai akhirnya Kakak bilang bahwa mereka mau Panjat Batang Pisang. Lalu saya bayangin monyet bergelantungan, hahaha!


Ada sekitar 6 anak yang bergantian untuk memanjat batang pisang yang posisinya di balik. Di bawahnya tanah yang diberi air sehingga becek. Selain itu, batang pisang dilumuri oli. Di atas bagian yang dipanjat ada makanan ringan dan minuman. Usut punya usut, ternyata makanan itu hasil iuaran mereka sendiri. Jadi ya dimodalin sendiri, dipasang sendiri, dan dipanjat sendiri. Mau ketawa tapi miris, hihihi.

Waktu itu saya nonton dari belakang rumah. Mereka betulan gantian, manjat dua-dua. Teman yang lain nabuh barang bekas. Saya ketawa saja melihat mereka yang kena air bercampur tanah tambah musik seperti melihat topeng monyet saja. Saya nonton sekitar setengah jam dan balik ke rumah. Kakak saya tuh buat rekaman sampai selesai. Di akhir orang yang melihat ngumpulin sedikit uang buat mereka jajan. Ya, hiburan tak seberapa.



Kalau di tempat tinggal kalian ramai apa? Ada panjat batang pisang juga? Bagiin ceritanya yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

27 comments

Tarry Kitty said...

Tahun ini ditempatku juga pakai batang pisang, biasanya panjat bambu tinggi2. mungkin karena lagi angin kenceng panitianya cari aman aja. Tapi hadiahnya tetep heboh kayak biasanya :)

Ila Rizky said...

Lombanya sama kayak di RW aku, ji. Sayangnya aku ga liat, pas lagi ga enak badan. Eh katanya seru karena banyak hadiahnya. Hehe

Heymiftah said...

Waaaaah! Tradisi panjat batang pisangnya menarik yaaa! Aku belum pernah merasakan seperti ini hehehe. Paling-paling lomba biasa, maklum lahir di jakarta dan besar di sini juga. Jadinya gitu. Hehehehe. Lucky you!

Ajen said...

Aku taunya panjat pinang ternyata ada juga yah panjat batang pisang hahaha...

Lia Lathifa said...

haha panjat batang pisang seru juga tuh, malah lebih licin dibanding batang pinang. Hebat ya, bisa urunan dan dan membuat acara sendiri, good job kids.

Tomi said...

Hahaha lucu juga nih mba panjat batang pisang,, tapi bukannya getah batang pisang susah dihilangin ya mba.. mungkin terbantu dilapisi oli juga ya jadi badan gak kena getah langsung

unggulcenter said...

itu jia motonya jauh-jauh banget hehe.. takut ketimpa pohon pisang kayaknya wkwkwkwk..

lendyagasshi said...

Rameee bangeuud di tempatku, Jiah...
Dari mulai rencana pelaksanaannya aja...panitia Kartar nya uda minta sumbangan dari rumah ke rumah dengan cara yang unik.
Mereka bawa sepake roti dan dijual dengan harga lebih tinggi.

Kan kepake banget tuuh....roti gitu looh...

Trus pas hari H-nya...mereka adain acara sehari semalem.
Beneran, istirahatnya cuma pas waktu sholat doank...berisiiik banget daah pokonya.
Seruuu!

Nurul Fitri Fatkhani said...

Di tempat tinggal saya juga sepi...belum ada perlombaan-perlombaan gitu. Gak tau kalau minggu depan.
Untung aja mereka pakai batang pohon pisang, kalau pakai batang pohon pinang ketinggian. Mirisnya, udah banyak yang celaka karena panjat pinang :(

adi said...

hahaha batang pisang ya. lucu juga bisa jadi alternative panjat pinang.

atanasia rian said...

hahahaha ada2 aja panjat pisang, yang murah ya. Soalnya kalau pinang mahal plus repot. Ngakak aku juga bayanginnya kaya monyet hihi

Retno Kusumawardani said...

emang batang pinang kini semakin langka, di daerahku juga banyak yang beralih ke batang pisang... tapi...di kampungku tahun ini gak ada lomba, jadi gak seru...hiks

Unknown said...

huahahaha....
kayaknya lucu tuh
videonya diupload aja kak, ke ig, ntar lama2 bisa jadi viral
mumpung suasana masih agustusan

Gladio Gifty said...

di tempat si aku ga rame ah, ada perlombaan sih tapi buat anak kecil dan lombanya umum, kalau panjat batang pisang belum pernah denger ada panjat ginian

yulia yuli said...

waduh, di tempatku malah ga ada perayaan untuk orang dewasa kayak panjat pisang ini(?) 17annya sepiiii.. makanya aku ke Giias aja liat2 mobil (doang sih)

Pokonya Agustusan tahun ini tidak semerian 4 tahun lalu (karena aku yang jadi panitianya) hahaha

Dikki cantona said...

kok dari jauh banget fotonya. tapi lucu sih anak anak ikutan lomba ini. buat seru seruan dan walau pendek batang pisang tapi, cukup susah juga untuk anak kecil

sally fauzi said...

Ji hahhaaha aku bayanginya seru pasti. Miris tapi lucu yaa...


Di sini panjat pinang udah jarang Ji...kangen lihat orang orang yang ikutan panjat pinang

Hello Fika said...

aku baru ini jiah denger ttg panjat batang pisang hahahah

kalau disini cm ada panjat pinang.. itu pun di,tempatku ga ada..

krg ramai disini.. org org lebih suka ke mall jiah

Ruziana said...

Di komplek saya biasanya jg ada acara 17 an..Tp tahun ini kok sepi ya ? Atau sy yg ga tahu hehehe
Soalnya hari Minggu itu ada hadirin acara..dari subuh udah jalan dan balik sore

Pertiwi Yuliana said...

Mandiri banget mereka. Bikin lomba sendiri, modal sendiri, ngelakuin sendiri hahaha aku gak ada di kota domisiliku sih pas 17an. Lagi melancong. Tapi di tempat itu kulihat ada hal baru, katanya namanya tirakatan. Pas malam 17an. Seru juga sih nontoninnya, bisa sampai tengah malam katanya hahaba

MahadewiShaleh said...

17 Agustusan di rumah aku rame, di kontrakan rame banget karena deket mushola tempat perayaan. Banyak banget lombanya dan anak-anak pada ikutan. Kangen upacara deh.

Btw, di sini enggak ada panjat pisang, adanya panjat sosial wkwk

MahadewiShaleh said...

Di sini 17 an rame, karena dirayain deket kontrakan. Tapi enggak ada panjat batang psang heuheue

Keke Naima said...

belum pernah lihat panjat pisang. Tapi pernah ada yang bilang kalau lomba panjat pisang sudah mulai banyak karena cari pohon pinang susah. Bener gak, sih?

Mildaini said...

Lucu dan seru naik pisang udah licin duluan. Solusi ini apalagi harga pohon pinang lumayan ya. Susah juga nemuinnya

Ruli retno said...

Wah aku ngebayanginnya aja uda seru banget. Biasanya pinang sih, skrg pisang. Aku belom pnh liat seumur hidupku hehehe

Lina W. Sasmita said...

Waah lain daripada yang lain ya, biasa manjat pohon pinang ini malah manjat batang pisang. Eh itu asli licin gak pakai oli pun loh. Pengalaman manjat haha.

sari widiarti said...

antara kasian tapi kok ya lucu :D