Waspada pada Bayi Usia 4 Bulan Jika Tidak Terlihat 3 Hal Berikut Ini

December 27, 2017

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Perkembangan bayi 4 bulan tidaklah semuanya sama, tergantung bawaan si bayi atau juga bergantung pada asupan ASI yang diberikan Ibu. Kondisi ASI yang diberikan kepada bayi di usia 4 bulan, seharusnya lebih diperhatikan kandungan gizi dan vitaminnya. Ada pun menentukan kandungan di dalam ASI tersebut sangat berpengaruh dalam kebiasaan Ibu ketika mengkonsumsi makanan setiap harinya.

Pixabay

Memperhatikan kandungan ASI sangatlah penting bagi pertumbuhan bayi, karena bayi usia 4 bulan lebih membutuhkan asupan gizi dan vitamin yang cukup dalam tumbuh kembang di usia selanjutnya. Tetapi masalah kadang terlihat pada tumbuh kembang bayi usia 4 bulan, sehingga bagi orangtua harus lebih jeli memperhatikan pertumbuhannya.

Sebagai tindakan kewaspadaan orang tua terhadap tumbuh kembang bayi di usia 4 bulan, sebaiknya perhatikan 3 hal berikut ini apabila sama sekali tidak terlihat pada bayi kamu:

1. Kepalanya tidak bisa tegak

Meskipun bayi pada umumnya berbeda-beda dalam perkembangannya, tetapi jika bayi usia 4 bulan kepalanya tidak kunjung tegak sebaiknya periksakan kondisi tersebut kepada dokter anak sebelum semuanya berakibat lebih buruk. Apalagi jika kita membiarkannya sampai usia bayi hampir 6-10 bulan, kemudian kepalanya masih lemas maka segeralah dengan cepat berkonsultasi kepada spesialis tulang leher.

2. Pandangannya tidak merespon

Waspadalah, jika bayi usia 4 bulan ke atas tidak kunjung merespon pada semua pergerakan yang ada disekitarnya. Karena pada umumnya bayi usia 4 bulan ke atas sudah bisa melihat dengan jelas sesuatu hal yang menarik perhatiannya.

3. Bayi usia 4 bulan tidak ada reaksi senyum

Jika bayi tidak memperlihatkan reaksi senyum sama sekali, maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter anak. Dikarenakan bayi usia 4 bulan pada umumnya sudah bisa melihat sesuatu hal yang menarik perhatiannya dengan memperlihatkan ekspresi senyum.

Perhatikan selalu dengan kewaspadaan yang maksimal terhadap perkembangan bayi 4 bulan, jangan sampai sesuatu hal yang lebih buruk terjadi pada tumbuh kembang bayi secara tidak normal.

Sudah dicek bayi-bayinya? Share perkembangan mereka yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

4 komentar

  1. Alfi dulu 3 bulan lebih belum bisa angkat kepala, ga taunya karna kalau digendong selalu pakai bantal. :)

    ReplyDelete
  2. wah kayaknya ponakan sya umur 4 bulan sdh mudah mulai tersenyum. mksih infonya.

    ReplyDelete
  3. Makanya penting sekali untuk skrining ketika anak baru lahir. ;)
    3 tanda di atas bisa telat muncul jika tak disimulasi ibunya. Semoga semakin banyak ibu yang cerdas, ya

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98