Menguji Adrenalin Lewat Wisata Arung Jeram di Kawasan Pulau Jawa

January 05, 2018

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Apakah kamu termasuk orang yang gemar menguji adrenalin?

Olahraga ekstrem memang menjadi salah satu cara paling menyenangkan untuk menguji adrenalin. Kamu tak perlu pergi jauh-jauh jika ingin menikmati wisata ekstrem. Berbekal tiket kereta api untuk mengunjungi berbagai kota di Pulau Jawa, kamu juga berkesempatan menikmati sensasi wisata arung jeram.


Banyak sungai di Pulau Jawa yang kondisinya cocok untuk olahraga arung jeram. Kalau kamu sudah tak sabar ingin berwisata ke sana, yuk simak dulu ulasan lengkapnya berikut ini:

  • Sungai Citarik
Sungai Citarik sangat populer di kalangan pencinta olahraga arung jeram. Karena sungai yang satu ini memiliki arus dan jalur yang cocok untuk wisata ekstrem. Ada bagian sungai yang cocok untuk pemula dan ada pula yang menantang bagi kamu yang sudah profesional. Tak mengherankan jika sungai yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada musim liburan.

  • Sungai Palayangan Pangalengan
Sungai yang satu ini terletak di kawasan Bandung Selatan. Arusnya yang deras sangat cocok bagi kamu yang sudah terlatih melakukan olahraga ekstrem. Bonusnya, kamu bisa menikmati pemandangan indah berupa hutan pohon pinus yang ada di sekitar sungai Palayangan Pangalengan. Sensasi wisata yang kamu rasakan pun akan kian lengkap dan menyenangkan.

  • Sungai Cisadane
Kawasan Sungai Cisadane yang berada di Jawa Barat sebenarnya adalah sungai buatan. Namun suasana dan arusnya tak kalah menantang untuk olahraga arung jeram. Air di sungai ini berasal dari aliran Gunung Salak Pangrango. Salah satu medan paling menantang di Sungai Cisadane adalah bendungan air setinggi 3 meter dengan tingkat kemiringan mencapai 90 derajat.

Sumber
  • Sungai Serayu
Popularitas Sungai Serayu untuk urusan wisata arung jeram memang sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan sungai ini juga pernah menjadi lokasi kejuaraan rafting internasional pada tahun 2013. Sungai yang terletak di Kabupaten Banjarnegara ini menjadi salah satu destinasi wisata ekstrem yang tak boleh kamu lewatkan saat di Jawa Tengah.

  • Sungai Kaliwatu
Jika kamu ingin mencoba suasana arung jeram yang lebih menantang karena cuaca dingin, kamu bisa merasakannya di Sungai Kaliwatu. Sensasi arung jeram di Kaliwatu sangat istimewa karena keberadaan tebing di kanan dan kiri sungai. Kamu akan merasa lebih tertantang menyelesaikan rute arung jeram disertai hawa dingin yang luar biasa.

  • Sungai Pekalen
Sungai Pekalen sangat cocok bagi para pencinta arung jeram kelas profesional karena arusnya sangat deras. Kamu harus benar-benar menguasai olahraga yang satu ini agar bisa menyelesaikan tantangan olahraga dengan mulus. Sensasi arung jeram di sungai ini terasa berbeda dibandingkan sungai lain. Ada bagian sungai berupa gua penuh kelelawar dan air terjun yang harus kamu lewati sebelum mencapai garis akhir.
Sumber
  • Sungai Kasembon
Ada satu sungai lagi yang tak boleh dilewatkan selama berada di Jawa Timur. Sungai tersebut adalah sungai Kasembon di kawasan Malang. Pemandangan di sekitar sungai ini sangat istimewa karena berupa pegunungan, sawah, dan alam pedesaan. Kamu pun tak akan terlalu lelah saat menempuh perjalanan ke starting point-nya. Karena posisi base camp-nya tidak terlampau jauh. Kamu bisa menghemat tenaga untuk olahraga arung jeram yang akan dilakukan.

Tertarik untuk mencoba wisata arung jeram di sungai-sungai tersebut?

Yuk segera rencanakan perjalanan liburan kamu. Nikmati sensasi arung jeram yang menegangkan sekaligus membuat tubuhmu lebih aktif bergerak. Aktivitas fisik tak selalu harus dilakukan dengan cara yang membosankan.

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

5 komentar

  1. Pokoknya kamu kudu nyobain rafting di Sungai Serayu, Jiah. Adanya di Banjarnegara. Kutunggu, ya. Wkwkwk.

    ReplyDelete
  2. Lagi mikir pengen sesekali rafting sama anak-anak kayaknya bakal seru :)

    ReplyDelete
  3. Wah, seru keliatannya main arung jeram ya mbak :D

    Di Jogja juga ada Sungai Progo & Sungai Elo, tapi saya yang udah hampir 10 tahun di Jogja malah belum pernah nyobain. Soalnya suami saya nggak terlalu suka aktivitas outdoor sih hihihi

    ReplyDelete
  4. Arung jeram di Kalimantan Selatan ada juga mba, kapan-kapan main ke Kalimantan Selatan ya mba :)

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98