Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Drama Seperangkat Alat Solat

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sumber

“... dengan mas kawin seperangkat alat solat dibayar nyicil!”
“Sah!!!”

Cih! Drama banget!!! Saya itu paling sebel kalau ada FTV adegan nikah mahar atau mas kawinnya seperangkat alat solat.

Ji? Kamu islam bukan?

He? Kenapa bawa keislaman? Saya islam, saya solat dan hanya Allah yang tahu. Namanya mahar itu permintaan mempelai perempuan kepada mempelai laki-laki. Kalau si perempuan ini minta Honda Jazz, selama si lelaki mampu ya sah-sah saja. Tapi, ada baiknya si perempuan juga sadar diri. Tanya sama calonnya, kemampuanmu untuk meminangku itu seberapa?

Ini bukan perkara matre. Tapi, semisal calon suaminya ini berpenghasilan tidak banyak, kita yang jadi istrinya kan nggak kaget. Kalau kemampuan menafkahi seadanya bikin nggak bisa shoping cantik, ya jangan rempong. Makanya dalam islam sendiri diminta untuk mempermudahkan mahar.

Seperangkat alat solat bukannya mudah banget, Ji?

Ho oh sih. Tapi saya lebih suka duit #MataDuitan daripada peralatan solat. Mukena paling murah deh, seratus ribu di pasar dapet #AnakKampungMainnyaDiPasar. Masih beli bensinnya. Belum lagi jajannya. Lha mending saya dapat duit bersih seratus ribu daripada ribet gitu. Bukannya saya malah lebih mempermudah? Setuju?

Tapi kalau situ punya duit banyak, saya mah tetep minta mahar banyak juga hahaha. Jangan protes! Kan sudah ada hastag #MataDuitan.

Mungkin banyak orang berpikir minta mukena saat akad itu gampang dan islami banget. Kalau saya malah mikirnya berat. Bukan kah ketika permintaan terpenuhi, kita bertanggung jawab terhadap apa yang kita minta? Begitu juga dengan mahar berupa mukena atau mungkin Al-Qur’an. Bagaimana kalau nanti si mukena sama Al-Qur’an minta pertanggungjawaban karena kita malas solat dan ngaji? Ini berat lho! Akan jadi kasus lain kalau kita menggunakan mahar tersebut dengan baik. Kita dapat pahala, bahkan mukena ini mungkin bisa jadi saksi di akhirat nanti.

Tapi Ji, waktu seserahan sering ada mukena, perhiasan, atau bahkan makanan. Itu gimana?

Ya nggak gimana-gimana. Itu kan pemberian, bukan termasuk mahar. Mahar itu yang disebut dalam ijab qobul. Barangnya nggak harus ada, bahkan dicicil juga bisa. Pernah dengar berita mempelai laki-laki menghafal sebuah surat di Al-Qur’an sebagai mahar? Nah itu contohnya.

Ini sebenarnya ngapain sih drama seperangkat alat solat?

Sebenarnya saya sakit hati. Mbah saya punya mukena banyak, baru lagi. Tapi, beliau ini suka banget pakai mukena jelek, tembelan dan malah nyimpenin si mukena. Emang kalau disimpan bisa beranak pinak? Sebagai cucu yang baik walau nggak bisa beliin, saya mengajukan diri buat pakai salah satu mukenanya yang berjenis atas bawahan. Orang sepuh kalau pakai mukena ala anak muda gitu kan kurang cocok. Lebih enak mukena yang langsung atasan bawahan.

Tahu jawaban si Mbah apa?

Nggak boleh! Buat apa mukena dijelajahi, pakai ini itu. Mukenaku kan banyak. Katanya gitu. Iya mukenaku banyak, tapi itu mukena si Mbak jaman dulu, hiks. Saya kan pengen punya mukena simple yang kalau Anak Kamupung macam saya pergi ke kota bisa dibawa, nggak pakai pinjam di masjid yang kadang bau.

Untungnya, Desember ini ada yang namanya Hari Belanja Online Nasional dengan diskon besar-besaran!!! Banyak promo menarik dengan harga yang lebih miring! Diskon akhir tahun di 1212, Saudara-saudara!!! Kalau gini, saya bisa beli mukena cantik dan tentunya murah. Nggak perlu nunggu lamaran buat dapat mukena baru. Jangan lupa catat tanggalnya. Siapin mental dan dompet! Ingat!!! Sampai 12 Desember ya!!!


Sampai jumpa!!!


22 comments

Pengobatan Penurun Gula Darah said...

di bayar nyicil mah ga mau ah hihi

Mbul Kecil said...

Klo aku yg bisa buat jaminan sehabis ijab milihnya

Titis Ayuningsih said...

jiaaaaaaaaaaah baca" postingan ini eh di akhir postingan malah tergoda diskon zalora :p

Ila Rizky said...

hahaha. aku malah kepikiran beli mukena lagi :D

Dian farida ismyama said...

Mukenaku msh banyak..kado pas nikahan..mkny ayo nikah..biar punya byk mukena.hehe

Leyla Hana said...

Ntar tunggu warisan mukena si mbah aja, Ji. Emang bener kok, mahar itu jangan al quran dan alat solat, berat tanggung jawabnya. Namanya jg mas kawin, ya kasih emas dooong

Windah Tsu said...

Nah itu dia. Aku juga sempet ngomong sama adik iparku. Jangan minta mahar alat solat kecuali kamu sanggup menggunakannya dengan lebih istikomah

Juvmom said...

Waktu aku nikah seperangkat alat sholat itu gak jadi mahar,, cuma sekedar pelengkap seserahan aja. Maharnya aku minta yang lain yg bikin heboh :D

Zalfaa Azalia said...

Haha baca postingan ini senyum-senyum sendiri. Secara, untuk seumuran belasan tahun emm mungkin blm mikir tentang nikah-nikah gitu wkwk

Nathalia DP said...

klo saya, mahar minta logam mulia... mukena mah gabung sama seserahan lainnya aja :D

Mas Huda said...

calon istriku mau tak kasih seperangkat alat sholat aja g mau dulu.... ha ha :D

Anisa Ae said...

Mukena baru nih. :D Saya juga udah setahun gak beli mukena. Kayanya bisa beli pas harbolnas juga.

Keke Naima said...

mulai intip-intip belanjaan buat harbolnas, ah :)

Ria M Fasha said...

hohoo lucu deh bahasanya
duit aja deh, kalo alat sholat udah sering :d

Ninda said...

minim seperangkat alat sholat atau kalau nambah emas juga bagus atau maskawinnya hafalan quran juga bagus hehehe sebenernya maskawin kelihatannya cuma sedikit tapi dibelakang itu ada seserahan yang adalah keeprluan si cewek dari ujung kaki ke ujung kepala. itu mah mahal hahahhaa

Lughatuna Al-Jamilah said...

hehe..memang kalau bisa jangan mukena maharnya...walaupun sah2 sj tpi baiknya mahar itu berupa uang atau perhiasan :)

Aul Howler's Blog said...

Kalo aku rencana nya nanti suatu hari mau kasih mas kawin seperangkat alat shalat sama seperangkat alat travelling

jadi bisa bulan madu ke puncak gunung wkwkwkwk
#apaApaanIni

Santi Dewi said...

hihihi... saya kira Jiah mau cerita apa gitu... gak taunya mau ngasih tau Harboinas :)

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

Epik endingnya ya!!!

hahaha.

evrinasp said...

12 desember berarti besok dong, bahaya nih kalo udah harbolnas, bisa jebol deh dompet

Ayu said...

aku juga mikirnya sama, kalo mahalnya mukena dan alqurna itu tanggung jawabnya beraattttt banget.. aku maharnya kurang dari 200ribu malah hehe,, soale mikirnya maharku pengennya tak pajang aja dan pake uang kuno. aku lebih milih cincin kawinnya yang mahal wkwkkwk

Bibi Titi Teliti said...

Sekarang desain mukena emang jadi lucu-lucu yaaaah...
Aku pun punya beberapa, nyicil sih ngambil dari temen bhahahaha...

Okeh fain, kalo gitu akuh mau browsing cari mukena ah :))