Tahu Bulat Tidak Digoreng Dadakan

June 13, 2018

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Tahu Bulat, digoreng dadakan, lima ratusan, halal!

Siapa sih yang tidak tahu theme song itu? Tahu Bulat telah hits beberapa waktu yang lalu. Dari anak-anak sampai dewasa pada suka camilan satu itu.

Di tempat saya, tahu bulat dijual pakai mobil terbuka sambil jalan. Dari siang sampai malam tetap saja muter. Saya pernah tuh berpikir, jualan pakai mobil dengan harga perbiji 500 apa bisa balik modal buat beli bensin? Dan sampai saat ini belum juga terjawab.

Apa saya juga suka?

Em, kalau sengaja beli sih tidak. Tapi jika dibelikan, yuk dimakan, hahaha. Maklum pecinta gratisan. Saat itu tahu bulat yang saya rasakan seperti rasa ikan dan tahunya tak ada isi. Gembung doang lalu dikasih bumbu bubuk seperti balado.

Akhirnya nih saya coba buat Tahu Bulat dengan resep sontek dari Cookpad. Bahannya antara lain:

resep tahu bulat

  • 5 Biji Tahu ukuran sedang
  • 1 Butir Telur
  • Royco
  • Soda Kue
  • Minyak goreng
resep tahu bulat

Cara masak:
  1. Hancurkan tahu hingga lembut
  2. Tambahkan telur, Royco, dan soda kue
  3. Bentuk bulat lalu masukkan ke kulkas 15 menitan lalu keluarkan
  4. Panaskan minyak goreng secukupnya
  5. Goreng Tahu Bulat, jangan dadakan tapi dinikmati hingga gembung
  6. Dan Tahu Bulat siap disajikan
resep tahu bulat

Karena ini percobaan pertama, ternyata sedikit gagal, hahaha. Harusnya setelah tahu dihancurkan lalu diperas pakai kain kasa hingga hilang airnya. Berhubung saya tidak punya kasa, step itu saya lewatin. Hasilnya yah Tahu Bulat tapi di dalamnya agak basah.

Aslinya biar lebih gurih ya dikasih bawang putih dan merica. Tapi karena saya buatnya sama keponakan yang belum bisa makan pedas baik merica atau cabai, akhirnya pakai Royco saja. Next time deh coba buat Tahu Bulat lagi.

Buat Tahu Bulat ini seperti dejavu saat bikin Nugget Tempe tahun lalu. Hasilnya asin, hahaha. Duh dasar Chef amatiran! Ya sudahlah. Ingat, latihan membuat kesempurnaan. Makin sering masak jadi makin oke.

Kalian sendiri pernah buat Tahu Bulat? Bagaimana hasilnya? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

0 komentar