Goa Lawa, Wisata Bukit Bebatuan Eksotis di Tegal

February 24, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kalau menyebut Tegal, hal paling identik yang mungkin langsung terbayang dalam benakmu adalah logat masyarakatnya yang khas atau bahkan warung makannya. Hal ini tidak salah, kok. Hanya saja, Tegal sebenarnya juga mempunyai banyak daya tarik lainnya termasuk dari segi wisata.


Wilayah di Jawa Tengah ini mempunyai banyak destinasi wisata alam yang menarik dan asri sehingga cocok bagimu yang merindukan suasana alam. Kamu bisa menemukan banyak curug alias air terjun, perbukitan, perkebunan, danau, dan lain-lain. Salah satunya yang juga sangat hits di kalangan muda-mudi adalah Bukit Goa Lawa.

Tempat Foto yang Instagenic dan Hits

Goa Lawa (sumber : google.com/maps)

Goa Lawa sama sekali bukan wisata yang baru, tetapi informasi mengenai keberadaannya baru meluas selama beberapa tahun belakangan. Dulunya tak ada yang banyak mengetahui keberadaan goa tersebut selain masyarakat Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Namun kini terutama dengan maraknya penggunaan media sosial, pengunjung dari kawasan lain pun silih berganti singgah ke Goa Lawa untuk menikmati suasana yang sejuk sekaligus berburu foto yang instagrammable.

Penamaan Gua Lawa sendiri sebenarnya berasal dari kata lawa yang berarti kelelawar. Alasannya tentu tak lain adalah karena ada sangat banyak kelelawar di dalam gua ini. Karena itu, jangan kaget kalau kamu mungkin saja menemukan hewan yang satu ini saat sedang mendaki atau menikmati suasana di sini, ya!

Tumpukan Batu Menyerupai Candi

Daya tarik utama dari Goa Lawa adalah bentuknya yang sangat tak biasa. Tak seperti kebanyakan goa pada umumnya, Goa Lawa justru berbentuk seperti bebatuan yang ditumpuk dengan sangat tinggi dan menjulang. Di bagian puncaknya, kamu bisa menemukan sebuah batu dengan ukuran yang sangat besar dan berbentuk seperti kepala manusia yang diberi nama watu semar (batu semar) oleh masyarakat sekitar. Banyak dugaan mengenai sejarah maupun tujuan penyusunan batu ini, tetapi hingga kini belum ada informasi valid dari ahli purbakala yang membahas tentang hal ini.

Di samping bentuknya yang unik, panorama yang dimiliki Goa Lawa juga tak kalah menakjubkan. Dari ketinggian 434 mdpl ini, kamu dapat menikmati kemegahan Gunung Slamet di sisi selatan dan barisan pegunungan serta rimbunnya hutan yang mengelilingi area ini. Karena itu, wisata di Tegal ini sangat cocok buatmu yang ingin menikmati suasana tenang tanpa banyak polusi baik suara maupun udara.

Jalur Tempuh yang Menantang

Goa Lawa berada di perbatasan Desa Harjawinangun dan Desa Batuagung. Lokasi ini berjarak sekitar 35 km ke arah selatan dari Kota Tegal. Untuk mencapai titik ini, kamu bisa menggunakan mobil atau motor. Namun setelah mencapai area parkir, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 25 menit untuk sampai di Goa Lawa.

Pendakian ini pun tidak mudah. Selain curam dan ekstrem, bebatuannya juga cukup licin sehingga kamu perlu sangat berhati-hati. Sebisa mungkin, gunakan pakaian nyaman yang membuatmu bebas bergerak dan menggunakan sepatu yang cukup suportif untuk aktivitas outdoor ini. 

Alternatif Wisata Murah

Goa Lawa (sumber : google.com/maps)

Untuk menikmati cantiknya alam dan suasana di Goa Lawa, kamu tak perlu merogoh kocek dalam-dalam, kok. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp5.000,00 untuk satu tiket masuk dan Rp5.000,00 lainnya untuk tarif parkir. Murah, bukan?

Nah, untuk urusan penginapan terdekat dari Goa Lawa dengan biaya yang juga ekonomis, kamu gunakan Airy. Ada banyak pilihan hotel di Tegal dengan biaya sangat terjangkau yang bisa kamu dapatkan melalui situs maupun aplikasi Airy. Masing-masing unit yang ditawarkan pun juga sudah dilengkapi dengan tujuh garansi kenyamanan menginap sehingga kamu pun tak perlu khawatir pengalaman bermalam jadi kurang maksimal karena tarif yang minimalis.

Selamat berlibur! Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

2 komentar

  1. foto yg terakhir cakep kayak diatas awan. bisa nih jadi pilihan wisata murah nuansa alam yg lagi singgah ke Tegal, asssikkkk

    ReplyDelete