Makan Tiram Pertama Kali

February 10, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu sudah pernah makan Tiram? Bagaimana rasanya? Kata saya sih, em lumayan lah, hahaha.

Masuk musim hujan, namanya ikan laut itu kadang agak susah kalau nyari yang segar. Makanya kita harus pintar cari opsi lain untuk lauk tapi tetap kaya akan protein dan nutrisi lainnya. Sebagai anak pesisir, banyak banget pilihannya termasuk kerang-kerangan.

Akhir tahun kemarin, Keponakan saya bilang ada yang jual kerang murah. Lalu dia tiba-tiba ingin makan Tiram. Saya tahu Tiram, tapi jujur belum pernah mencobanya sama sekali. Nah habis itu Kakak sama Adik saya tiba-tiba pergi dan pulangnya bawa Tiram. Ada kalau satu ember besar. Katanya beli dari Desa Panggung. Buset, lumayan jauh tuh dari desa saya tinggal.


Tiram itu sekelompok kerang-kerangan, bentuknya pipih dengan cangkang yang berkapur. Kandungan Tiram ini ada zat besi, kalsium, vitamin A, vitamin B12, asam amino dan lainnya. Katanya sih Tiram paling bernutrisi kalau dimakan mentah. Jadi ingat salah satu adegan di Mr. Bean yang juga makan Tiram mentah. 

Apakah saya akhirnya mencoba makan mentah?

Saya seumur-umur belum pernah makan daging mentah, ikan mentah, kerang mentah. Enggak bisa bayangin gimana rasanya. Kalau sayur mentah masih oke lah. Jadi pertama itu Tiram dibersihkan dulu karena lumpurnya banyak banget. Mereka juga saling menempel. Setelah bersih, direbus di air mendidih. Nah ngerebusnya ini enggak boleh lama-lama karena rasa gurihnya bisa hilang. Akhirnya Adik, Keponakan bahkan saya sendiri coba ambil beberapa buat dibakar biar cepat.

Dan PR terbesar dari Tiram ini adalah buka cangkangnya. Asli susah banget. Para ahli saja pakai pisau khusus lho karena salah buka malah bikin luka tangan kita. Akhirnya Adik sama Kakak saya tuh yang bukain itu Tiram. Diketuk-ketuk dulu pinggirnya, baru dicongkel. Entah bagaimana cara yang benar dalam membuka, saya tak tahu.

Rasa Tiram itu hampir seperti Kerang, tapi ada gurihnya. Itu saya makannya hangat-hangat. Kayanya kalau dalam keadaan matang tapi dingin, saya mungkin tidak akan memakannya, apalagi mentah. Kalau ada kesempatan lagi buat makan Tiram, jika sudah terbuka mungkin saya mau. Tapi kalau buka sendiri, pas dulu deh. Ada sih cara makan Tiram tanpa repot. Beli Saori saja, hahaha.

Kali ini saya tidak ada resep buat ngolah Tiram ya. Bukanya saja kesusahan. Habis direbus ya langsung makan saja, pakai saus jika ada. Lain waktu saya akan berbagi bagi resep makanan laut lainnya. Masak rumahan yang sederhana.

Kalian ada yang sudah makan Tiram? Suka versi mentah atau dibuat olahan apa? Share resepnya versi kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

2 komentar

  1. Aku sekarang takut2 makan seafood sejak asam urat melanda jiah, hahahaha. tapi enak kok jiah, bikin candu

    ReplyDelete