Cara untuk Mengelola Keuangan Pada Bisnis Anda

August 17, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Mengatur manajemen keuangan dalam sebuah bisnis sangatlah disarankan agar bisnis bisa bertahan dan bahkan berkembang. Keuangan dan kesejahteraan Anda saling terkait, keduanya berjalan dan saling mendukung. Tiga elemen keuangan terpenting untuk dipahami adalah neraca, laporan laba rugi, dan arus kas Anda.

Freepik

Jika Anda bisa memahami 3 elemen di atas, maka manajemen keuangan bisnis Anda bisa dikelola dengan bagus dan akan berdampak pada perkembangan bisnis Anda. Berikut adalah cara untuk mengelola keuangan pada bisnis Anda.

Tips Manajemen Keuangan pada Sebuah Bisnis


  • Pantau dan Nilai Posisi Keuangan Anda
Biasakan memeriksa rekening keuangan Anda secara teratur. Jika selalu bertambah penghasilannya, maka itu adalah jaminan bahwa Anda mendapat lebih banyak uang yang masuk ke bisnis Anda atau jika tidak, Anda harus mencari tahu mengapa demikian.

Jadikan prioritas untuk mengetahui berapa banyak uang yang ada di akun bisnis Anda, berapa banyak penjualan yang Anda lakukan hari itu dan jika sesuai, berapa banyak saham yang Anda miliki.

Ini semua adalah bagian dari praktik akuntansi yang efisien yang disebut 'arus kas' dan harus diterapkan sejak awal dalam bisnis Anda. Memantau arus kas menjadi kebiasaan yang bagus agar bisnis Anda tetap tumbuh.

Ya, mengelola arus kas sangat penting baik untuk kelangsungan bisnis Anda dan pertumbuhannya. Agar efektif, waktu pengeluaran ini harus seimbang dengan pendapatan Anda.

  • Selalu Memenuhi Tenggat Waktu Pajak
Untuk menghindari denda yang mahal dari Ditjen Pajak, Anda harus memenuhi tenggat waktu yang ditentukan saat melaporkan pajak. Akan lebih baik lagi jika Anda bisa membayar pajak tepat waktu.

  • Jaga Keuangan yang Menjadi Hak Karyawan Anda
Memberikan upah atau gaji merupakan elemen keuangan paling penting jika Anda adalah seorang pemilik bisnis. Bisnis Anda kurang sukses tanpa tim yang termotivasi, apalagi jika salah satu dari mereka tidak Anda berikan gaji secara tepat waktu. Salah satu manajemen keuangan yang bagus juga memperhatikan kasbon karyawan. Catat semua yang menjadi hak karyawan Anda.

  • Atasi Masalah Saat Muncul
Menghadapi kesulitan keuangan pada sebuah bisnis itu membuat stres, tapi tidak ada pebisnis yang ingin melihat perusahaannya gagal. Banyak perusahaan yang terkadang mengalami kesulitan keuangan jadi jangan merasa malu.

Mintalah nasihat dari akuntan profesional dan atasi masalah sebelum mulai memengaruhi kesehatan Anda. Langkah penting lainnya untuk meminimalkan dampak buruk pada bisnis Anda adalah menghadapi utang yang menjadi prioritas terlebih dahulu dan menilai bagaimana Anda dapat meningkatkan manajemen arus kas Anda.

Merencanakan, mengatur, mengendalikan, dan memantau keuangan Anda semuanya membantu memberikan gambaran keseluruhan tentang kesehatan bisnis Anda.

Keberhasilan dan pertumbuhan bisnis Anda ke depannya dapat sangat bergantung pada kemampuan Anda untuk mengelola manajemen keuangan secara efektif. Anda bisa mudah mengatur keuangan dengan mengunduh aplikasi bernama Buku Kas. Yuk, unduh aplikasi gratis ini di smartphone Anda!

You Might Also Like

0 komentar