Memiliki Asuransi Jiwa, Pentingkah?

February 19, 2021

Tahukah kamu apa itu Asuransi jiwa dan apa manfaatnya?

Asuransi jiwa melakukan transfer resiko kematian dari yang kita hadapi ke perusahaan asuransi yang akan memberikan penggantian jika pihak yang diasuransikan mengalami musibah. Manfaat asuransi jiwa adalah memberikan ketenangan menghadapi risiko dan ketidakpastian dalam hidup.

asuransi jiwa

Ada beberapa jenis asuransi jiwa, namun sebelum membahas tentang jenis-jenis asuransi jiwa ini. Ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa alasan yang membuat asuransi jiwa itu begitu penting bagimu:

1. Sebagai Perlindungan Terhadap Kehilangan Penghasilan bagi Keluarga
Tidak seorang pun yang tahu apa yang akan terjadi besok, termasuk kamu. Untuk mengantisipasi kemungkinan terkena musibah dan meninggalkan keluarga yang kamu nafkahi untuk selamanya, kamu perlu membeli polis asuransi jiwa agar keluargamu bisa mendapatkan uang pertanggungan untuk hidup setelah kamu tinggalkan.

2. Sebagai Perlindungan atas Risiko Meninggal Dunia Akibat Penyakit-Penyakit Penyebab Utama Kematian
Berdasarkan survei yang dilakukan World Health Organization (WHO) pada 2002, 10 penyebab utama kematian di Indonesia adalah jantung koroner, tuberkolosis, kelainan pembuluh darah, penyakit pernafasan, penyakit bayi baru lahir, penyakit paru-paru, kecelakaan lalu-lintas, diabetes, darah tinggi, dan diare.

Penyakit-penyakit tersebut cukup umum dijumpai, sehingga penting bagimu untuk memiliki perlindungan atas risiko terjangkit penyakit-penyakit tersebut dan meninggal dunia.

3. Salah Satu Cara Menabung atau Persiapan Pensiun
Menabung di asuransi jiwa merupakan pilihan alternatif terbaik untuk kebutuhan jangka panjangmu karena sifat pembayaran premi yang teratur, wajib, dan tidak mudah diambil sewaktu-waktu.

Perlu diingat bahwa sebelum kamu membeli polis asuransi jiwa, disarankan mencari informasi sebanyak-banyaknya dan membandingkan penawaran dari beberapa perusahaan asuransi yang berkaitan dengan perlindungan yang ditawarkan dan besarnya premi yang harus dibayar, dan sesuaikan dengan kemampuanmu.

Pertimbangkan pula jumlah tanggungan dan kebutuhan dana apa saja yang akan muncul di masa depan dalam memilih jenis asuransi jiwa ini. Intinya adalah kamu perlu melakukan perencanaan yang cermat sesuai dengan kebutuhan sebelum memilih produk asuransi jiwa yang akan kamu beli, agar manfaat perlindungan yang diperoleh dari produk asuransi tersebut optimal. Ingat, prinsip teliti sebelum membeli juga berlaku untuk produk asuransi jiwa agar kamu tidak merasa dirugikan.

Selain mencari yang murah tentu saja harus dari perusahaan asuransi jiwa terpercaya murah karena murah bukan harus mengorbankan kualitas. Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi jiwa murah dengan kualitas yang baik seperti generali.

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

0 komentar