Jawab Soal Sulitmu Dengan Bantuan Roboguru

July 10, 2021

Practice makes perfect
Latihan membuat sempurna

Tentu kita tidak asing dengan peribahasa ini. Untuk mengasah sesuatu, kita harus terus berlatih. Lalu apa jadinya jika saat kita latihan soal, tapi tidak tahu jawaban mana yang benar?

Saya masih ingat, zaman SD saat memasuki kelas 6, beberapa Teman menyarankan untuk belajar kelompok di malam hari. Tujuannya jika ada PR dan tugas lain, kita bisa saling membantu. Yang paling membuat kesal, sering kali hanya beberapa yang mengerjakan dan lainnya tidak sehingga ujung-ujungnya menyontek. Sudah tahu saya yang mana? Hahaha.

roboguru

Masuk SMA, saya pikir akan berbeda. Nyatanya sama saja. Sampai-sampai saya dicap pelit karena tidak mau memberikan sontekan atau jika ada yang titip nama, saya akan menolaknya. Dijauhi Teman adalah hal yang biasa. Sedih, tapi ya sudahlah. Kan hidup tidak bisa selalu mengandalkan orang lain.

Cara saya belajar adalah dengan sering membuat ringkasan lalu menulisnya. Hal lain yang saya lakukan adalah dengan latihan soal sebanyak-banyaknya. Jika ada kesulitan, di sela pelajaran biasanya saya akan bertanya pada Guru.

Sekarang tidak seperti dulu. Musim pandemi sehingga Anak-anak melakukan pembelajaran jarak jauh. Kita tahu semua ada nilai plus minusnya. Yang paling terasa adalah ketika latihan soal dan anak tak bisa menjawabnya karena tidak bertemu langsung dengan Guru. Seringnya hanya ada tugas tanpa pembahasan.

Meski saya tidak terlalu buruk dalam belajar, tapi pelajaran sekolah sekarang itu jauh berbeda. Ada banyak materi yang sulit saya pahami. Beruntungnya, teknologi lebih canggih dan ada namanya bimbingan belajar online kaya Ruangguru. Jadi meski di rumah saja, anak-anak tetap bisa belajar mandiri.

Saya sudah coba Ruangbelajar untuk membantu Keponakan memahami materi. Tentunya juga dengan latihan-latihan soal. Ketika mengerjakan tugas sekolah, kadang ada soal yang membuat bingung bagaimana penyelesaiannya. Lalu apa solusinya?

Roboguru, Solusi Penyelesaian Soal Sulitmu


roboguru

Di Ruangguru ternyata ada fitur yang bisa membantu lho. Apa itu? Roboguru namanya. Dia merupakan kecerdasan buatan dari Ruangguru yang akan membantumu menemukan jawaban soal tersulit sekalipun. Jadi misalnya kita tidak bertemu Master Teacher, kita bisa menanyakan dulu dengan Roboguru.

Caranya pun mudah. Saat kita buka aplikasi Ruangguru, di bagian paling bawah ada tuh Roboguru dan klik. Kita pilih jenjang pendidikan dan pelajaran. Kita bisa ketik atau foto soal yang ingin kita tanyakan. Dan muncul deh Pembahasan Soal di Roboguru.

Jadi yang muncul itu bukan jawaban ya, tapi pembahasan soal. Kita akan diberikan video penjelasan konsep dari soal yang kita tanyakan. Ada juga contoh soal agar kita lebih paham. Misalnya soal Matematika. Angka dan lainnya memang diubah, tapi konsep mengerjakan soalnya tetap sama. Itu yang dipakai Roboguru.

roboguru by ruangguru

Fitur Roboguru bisa jadi solusi tepat saat anak berlatih tanya jawab soal. Apalagi untuk persiapan ujian atau sedang tes. Pemahaman konsep pelajaran ini lebih penting daripada menghapal materi. Ini menurut saya sih karena saya pribadi seperti itu. Kalau sudah paham konsepnya, kita akan tahu apa yang harus dilakukan.

Oh iya, catatan penggunaan Roboguru ini, kamu harus mengetik atau foto soal. Untuk tulisan tangan, fitur ini belum memahaminya. Mungkin suatu saat nanti. Jika belum memungkinkan, kamu juga bisa ketik "ROBOGURU" dan mengirimkannya ke Whatsapp Ruangguru di nomor 0815-7815-0000. Nanti akan dijawab seperti di aplikasi belajar online Ruangguru.

Kamu tidak perlu khawatir karena fitur Roboguru ini gratis. Senang kan kalau ada yang free kaya gini. Jadi anak bisa bebas bertanya sebanyak mungkin. Enggak perlu lagi bingung dengan soal-soal latihan karena jika kesulitan ada Roboguru yang bisa membantu.

Kalian ada yang sudah coba fitur Roboguru dari Ruangguru? Coba share di kolom komentar ya!

Sampai jumpa. Happy Blogging!

You Might Also Like

10 komentar

  1. Tapi kemungkinan seperti ini tentu ada kelebihan dan kekurangannya, semoga senantiasa siswa dan siswi yang menggunakannya akan bijak dan terus berpikir maju 😎

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kekurangan kayanya belum. Kan gak ngasih jawaban, tapi dikasih materi konsep. Jadi anak tetap mencari tahu sendiri

      Delete
  2. Wah, semakin canggih aja nih alat bantu belajar. Guru & siswa pasti sangat terbantu dengan adanya Roboguru

    ReplyDelete
  3. Keren banget siik RuangGuru ini
    sungguh memahami kebutuhan para siswa
    Apalagi banyak soal suliiiit, yg ortu dah pengin angkat tangan ajalah
    untung ada RoboGuru ye kaaannn

    ReplyDelete
  4. adikku dulu pernah pakai ruangguru mba, kayaknya sekitar tahun 2019 gitu dah. udah daftar seeblum ada pandemi kok dan lanjut sampai dia lulus. lupa deh waktu itu udah ada roboguru atau belum.. tapi yang jelas, bimbel ruangguru juga membantu dia dalam proses masuk ptn negeri huhu alhamdulillah

    ReplyDelete
  5. mantap nih fitur roboguru dari ruangguru membantu banget bagi anak-anak dalam menyelesaikan tugasnya. orang tua juga jadinya nggak bingung lagi kalau diminta bantuan mengerjakan tugas sekolah. heu

    ReplyDelete
  6. Keren ya Ruangguru?
    selalu bikin inovasi baru agar pendidikan Indonesia semakin baik dan baik
    Anak mendapat cara mudah ketika belajar
    cukup foto soalnya, kirim dan dapat deh jawabannya

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat zaman musim belajar kelompok dulu saat SMP. Murid paling pintar bersama wali kelas, berkeliling dari rumah ke rumah tempat belajar kelompok. Kalau diingat sekarang, jadi kenangan indah :)

    ReplyDelete
  8. Menjadi beda itu memang susah yaa, Jia...
    Termasuk ketika ingin jujur dan berbuat demi kebaikan temen-temen. Tapi sayangnya, aku di posisi temen-temen yang suka nyontek itu, huhuu...

    Tapi ya, balik lagi..bahwa hasil tidak akan mengkhianati hasil. Jadi let's try the best with ruangguru. Dan kini ada Roboguru yang membantu belajar anak-anak mengerjakan PR secara online.
    Canggih.

    ReplyDelete