Belajar Tanpa Drama Berkat Ruangbelajar by Ruangguru

June 25, 2021

Tak terasa Penilaian Akhir Semester telah usai bahkan raport sudah dibagikan. Sudah bersiap dengan drama belajar sekali lagi, Kakak?

Pandemi belum terlihat hilal akhirnya. Sepertinya baru kemarin mulai Pembelajaran Jarak Jauh, eh sekarang sudah masuk tahun ajaran baru lagi. Saya masih ingat di awal PJJ dengan penuh semangat menemani belajar Keponakan. Waktu itu memang difokuskan untuk informasi anak tentang pandemi ini agar tetap di rumah dan tetap waras.

ruangbelajar by ruangguru

Hari berganti hari menyebabkan kejenuhan. Yang awalnya semangat, sedikit demi sedikit menurun. Ditambah lagi, karena keterbatasan dari sekolah hanya memberikan tugas terus menerus tanpa ada penjelasan materi.

Karena kesibukan dan urusan lainnya, saya mewakili Kakak saya dan sejak awal PJJ menemani Keponakan untuk belajar. Sayangnya, materi sekarang sangat berbeda dengan pelajaran yang dulu saya terima saat sekolah. Banyak hal yang saya kurang paham sehingga kebingungan ketika harus menjelaskan itu pada anak. Belum lagi saya memang tidak berbakat untuk mengajar. Akibatnya, drama tak terelakkan. Lalu bagaimana saya harus mengakhiri kehebohan ini?

Ruangbelajar by Ruangguru


Saat sedang tahap galaunya, saya teringat bahwa kuota belajar dari sekolah belum terpakai. Selama ini anak memang jarang menggunakan karena dari sekolah tidak memakai Zoom dan lainnya. Nah dari sana, kuota belajar bisa digunakan untuk Ruangguru. Saya pun mencobanya.

Banyak yang berpendapat bahwa Ruangguru adalah pilihan terbaik bagi orangtua yang peduli dengan pendidikan anak. Ruangguru memang Bimbel Online No. 1 sih. Bimbingan belajar online dengan solusi belajar terlengkap dalam satu aplikasi. Sekarang saja sudah ada lebih dari 22.000.000 Pengguna. Selain itu, ada 300.000 Guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Mantap banget kan?! Dan Saya pun memilih Ruangbelajar untuk Keponakan.

Apasih Ruangbelajar itu?


ruangbelajar by ruangguru

Jadi Ruangbelajar itu fitur dari Ruangguru yang membuat belajar jadi lebih asyik, mudah dan efektif. Selama ini kita tentu sadar bahwa belajar di sekolah ya hanya begitu saja apalagi sekarang PJJ. Jarang ada guru yang gaya mengajarnya kekinian. Padahal anak zaman sekarang sangat berbeda dengan anak zaman dulu. Nah kemudahan belajar mandiri bisa ditemukan di Ruangbelajar.

Kenapa Ruangbelajar lebih menarik?


Ada beberapa hal yang saya lihat dari Ruangbelajar by Ruangguru ini yang membuat belajar mandiri bisa tetap menyenangkan, yaitu:

  1. Akses ruangbelajar mudah, bisa diakses dengan smartphone atau laptop dengan menu desktop
  2. Materi video beranimasi dan sesuai kurikulum dengan Master Teacher yang mumpuni. Karena animasi inilah, semua jadi lebih menarik dan pastinya membantu pemahaman anak seperti Keponakan saya yang memang tipe belajarnya visual
  3. Latihan soalnya banyak mulai dari Bank soal, Latihan Bab, Cek kemampuan, dan kuis. Soal-soal ini sangat membantu dalam persiapan ujian atau tes. Kamu jangan khawatir karena ada pembahasan soal-soalnya juga
  4. Rangkuman dalam bentuk infografis. Ini juga menarik sih. Setelah melihat video, latihan soal, anak-anak bisa mendapatkan rangkuman dari apa yang dipelajari sebelumnya
  5. Ada juga jadwal belajar yang bisa dibuat secara instan dengan bantuan otomatis atau kita bisa mengaturnya sendiri. Jadi bisa disiplin saat waktu belajar
  6. Saat keterbatasan internet dan waktu, kita bisa mengunduh dan mengakses materi dan lainnya secara offline lho
  7. Untuk kamu yang suka berpetualang, ada Ruangguru Adventure dan Teman Belajar untuk uji kemampuan dan memenangkan hadiah menarik
  8. Sebagai orangtua, kita bisa juga memantau perkembangan belajar anak dengan mudah. Tinggal ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk mendapatkan laporan belajarnya

ruangbelajar by ruangguru

Fitur-fiturnya menarik banget kan? Apalagi yang premium. Bahkan ada promo paket Ruangbelajar PAT 2020/2021 + Tahun Ajaran 2021/2022. Betulan bikin Belajar Tanpa Drama Berkat Ruangbelajar by Ruangguru ini. Mana lebih hemat dengan harga hanya Rp 1.000-an/hari.

Oh iya, saya juga dengar kabar bahwa akan ada fitur baru rilis pada awal bulan Juli nanti. Wah penasaran banget bakal ada keseruan apalagi dari Ruangbelajar dari Ruangguru ini? Mari kita tunggu saja!

Setelah ini, Keponakan saya bisa deh Belajar Tanpa Drama Berkat Ruangbelajar by Ruangguru. Bagaimana dengan Anak-anak atau Keponakan Kalian? Coba share cerita keributan selama PJJ atau belajar yang penuh halang rintang ala Kalian!

Sampai jumpa. Happy Blogging!

You Might Also Like

25 komentar

  1. Mungkin kalau anakku udah menuju tahap akhir tingkat sekolahnya, aku juga bakal ikutkan di Ruang Guru. Ya aku mikirnya gini sih, persaingan pelajar itu nggak cuma di tingkat sekolahnya atau di kotanya, melainkan juga di tingkat nasional.

    Biar bisa setidaknya tidak ketinggalan, kudu join di Ruang Guru ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul banget, Mbak. Pas tingkat akhir kan memang akan jauh lebih sulit. Jadi butuh persiapan biar mereka siap menghadapi ujian di tingkat lanjut

      Delete
  2. Fitur2 RuangBelajar ini menariik dan berfaedah banget!
    Sangat dibutuhkan siswa zaman now, karena pelajaran kan makin challenging.
    Ibu2 jg terbantu banget dgn adanya ruangbelajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul. Pelajaran zaman sekarang bikin Mamak mikir banget. Jadi Ruangguru memang sangat membantu

      Delete
  3. Emang enak banget sih ada Ruang Guru ini ..belajarnya makin mudah dimengerti..anak-anak tetep nyaman belajar di rumah..

    ReplyDelete
  4. Hah! Seribu per hari itungannya mak? Muraaah bangett ini mah. Mesti kita manfaatkan Ruangguru nih buat anak2 belajar online. Apalagi PTM tidak jadi dilaksanakan, bakalan masih panjang dengan PJJ nih. Senangnya ya Ruangguru bisa menjadi salah satu solusi belajar secara menyenangkan, dengan materi yang bisa dipahami dan pengajarnya pun profesional.

    ReplyDelete
  5. Menarik nih Jiah ... sepertinya Athifah bakal butuh nanti nih buat persiapan masuk SMA. DIa sudah pernah punya akun tapi lama gak kepake, sekarang bisa diaktifin lagi dengan Ruangbelajar by Ruangguru.

    ReplyDelete
  6. Fitur dari Ruangguru yang mempermudah siswa untuk mengakses belajar jaman now ya, bisa di smartphone ato leppy. Ah, makin canggih aja nih Ruangbelajar semoga membantu anak2 sekolah selama di rumah menjalani PJJ.
    Ahaa, makin rajin dan kepoin nih sama ponakan, selamat menemanii teruus yaa Jiaah.

    ReplyDelete
  7. Ruang Belajar by RuangGuru ini bener-bener solusi saat pandemi ya. Penjelasan daribtutornya tih jelas dan rinci, jadi pesertanya sangat terbantu.

    ReplyDelete
  8. makin banyak inovasi dari RuangGuru nih, salah satunya orangtua atau wali murid bisa memantau perkembangan belajar anak dengan mudah. Tinggal ketik “Rapor Anak” ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000 untuk mendapatkan laporan belajarnya, keren!

    ReplyDelete
  9. Keren deh ruang guru, tak pernah berhenti berinovasi untuk memberikan layanan dalam bidang pendidikan pada masyarakat. Salah satunya dengan Ruang belajar ini. Nggak heran kalau sudah banyak siswa yang menggunakannya, sampai 22 juta

    ReplyDelete
  10. Iya mbak, awal tahun pelajaran ini juga anakku dapat promo mbak belajar di ruang guru, mayan diskonnya sampai 62 persen. Belajar di ruang belajar ruang guru biar balance pengetahuannya bertambah karena di ruang belajar ada video pembelajaran yang bagus bagus penyampaiannya dan mudah dipahami anak

    ReplyDelete
  11. Ruangbelajar ini fokus ke anak sekolah? Produknya Ruangguru banyak banget. Aku mau coba yang pakai video animasi untuk anak kelas SD awal. Kalau animasi gitu kan lebih menarik belajarnya.

    ReplyDelete
  12. Karena saat itu anakku sudah SMA kls 3, gk ada drama sih. Anakku memang sudah minta join di RuangGuru untuk menunjang pelajaran selama PJJ. Dan memang sangat membantu untuk materi pelajaran

    ReplyDelete
  13. BElajar itu harus fun supaya bisa cepat masuk materi yang diajarkan. Anak-anak juga setahun belakangan beljar pakai Ruang Belajar dari Ruang Guru nih buat bantu pelajaran sekolahnya soalnya ga ada tatap muka

    ReplyDelete
  14. Drama-drama pembelajaran jarak jauh tuh selalu ada ya, untungnya sekarang ini bisa teratasi dengan adanya Ruang Belajar ini. Aku mau cek juga ini programnya apa ada yang cocok dengan anakku.

    ReplyDelete
  15. Tahun ajaran kemarin memang drama deh, untuk si tengah. Ampuuun... Wkwkwk. Pengen cari solusi belajar yang dia akan melakukannya dengan senang hati. Itu ga salah tulis, Ji? Beneran sehari seribu? Bisikin lah di wapri.

    ReplyDelete
  16. Ruang belajar by Ruangguru ini udah sering saya dengar sejak awal pandemi. Banyak yang terbantu dengan belajar di sini. Jadi pengen cek juga programnya, siapa tahu ada yang cocok untuk bantu sulung saya yang tahun ini naik ke kelas 9.

    ReplyDelete
  17. memang pjj itu kadang banyak drama ya mbak
    butuh tips dan trik tersendiri
    salah satunya dgn langganan Ruangguru ini ya mbak

    ReplyDelete
  18. Wah kyknya mesti berlangganan juga nih aplikasi ruang belajarna. Kalau belajar di rumah sama anak2 aku tuh suka kekurangan ide gmn cara kasi anak2 latihan soal, secara zaman now kan anak sekolah jarang dapat buku fisik. Metode ulangannya jg beda dengan kita dulu. Pengen punya jg materi berupa kumpulan soal buat latihan2 gtu. Bisa diakses off;one jg ya TFS infonya

    ReplyDelete
  19. Fitur di RuangGuru memang menarik banget. Anak-anak juga bisa lebih mudah mengerti. Membantu banget ketika mereka masih PJJ

    ReplyDelete
  20. Berhubung PJJ masih bakalan lama, kayaknya tahun ajaran besok aku juga ikitn nih daftar ke ruang guru. Berharap banget PJJ nanti bisa less drama dibandinh thn ini

    ReplyDelete
  21. PJJ memang sarat akan drama
    Namun saya percaya, bersakit-sakitlah dulu sebagai emak
    Kelak anak yang akan membawa bahagia dengan masa depannya

    ReplyDelete
  22. JUara yaa...ruangguru memang sedang menawarkan banyak diskon untuk menyambut tahun ajaran baru.
    Aku juga sudah pakai ruangguru untuk membantu anakku belajar persiapan ujian akhir semester yang lalu.

    ReplyDelete
  23. RUANG GURU selalu selangkah lebih maju deh dan inovatif banget

    Brain academy ini salah satu solusi PJJ dan no drama

    ReplyDelete