Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

128 Tahun BRI, Melayani Dengan Hati

Umur hanyalah angka. Kata orang sih begitu. Namun bagaimana jika itu adalah sebuah pencapaian juga?

    Halo, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik dan sehat ya. Selalu panjang umur juga kaya 128 Tahun BRI, Melayani Dengan Hati. Ada yang jadi nasabah bank ini? Sudah nikmati layanan apa saja dari sana?

    Lebih dari 10 tahun lalu, saya mulai jadi nasabah BRI. Dulu saat pertama kali kerja, pembayaran gaji dilakukan secara tunai. Saya tidak terpikir untuk membuat rekening apa pun. Sampai Mbak saya ngasih pemahaman agar saya menyimpan uang juga di bank bukan dalam bentuk perhiasan saja. Akhirnya saya mendaftar di unit cabang.

128 tahun BRI untuk Indonesia

    Alasan kenapa memilih BRI salah satunya karena adminnya yang lebih terjangkau. Bank ini juga bisa ditemukan di banyak tempat apalagi saya tinggalnya di desa. Jadi betulan bisa dijangkau oleh semua orang tanpa banyak drama.

    FYI, Bank Rakyat Indonesia atau BRI itu salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. Bank ini didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja dengan nama De Javasche Bank tanggal 16 Desember 1895. Kebayang enggak, zaman dulu BRI ini kaya apa? Mungkin kah jadi Pahlawan UMKM juga?

    Eh ternyata tidak juga. Pada awalnya, BRI hanya melayani kebutuhan perbankan untuk masyarakat kelas menengah ke atas. Kalau dipikir-pikir iya juga. Orang biasa bisa makan saja alhamdulillah ya. Enggak kepikiran buat ke bank segala. Namun, zaman makin berkembang kan. Jadi BRI juga mulai melayani kebutuhan perbankan untuk masyarakat luas, termasuk masyarakat kecil dan menengah.

128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat


    Memasuki abad ke-2 perjalanannya, ini tentu saja bukan waktu yang sebentar. BRI juga mengalami berbagai tantangan dan perubahan. Namun bank ini tetap berdiri kokoh dan terus tumbuh, BRI Untuk Indonesia. Sesuai dengan tagline perayaan ulang tahun kali ini, 128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat.

    BRI punya visi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion. Misinya, melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan ngutamain pelayanan di segmen mikro, kecil, dan menengah buat menunjang peningkatan ekonomi masyarakat. Well, kenapa BRI memilih jadi Pahlawan UMKM?

    Dari dulu, BRI memang didirikan buat melayani masyarakat. Berkembangnya zaman ditambah inovasi dan transformasi, pelayanannya tentu tidak berubah, bahkan mungkin bertambah lebih baik termasuk untuk masyarakat menengah ke bawah. Kenapa UMKM?

    Sejak pandemi era, kita tentu sadar bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ini jadi tulang punggung perekonomian negara. BRI percaya bahwa dengan memajukan UMKM, ini artinya ikut memajukan bangsa. Lalu, apa saja yang dilakukan bank ini?

BRI pahlawan umkm

    Kalau dilihat-lihat, sebenarnya ada banyak program andalan BRI di sektor UMKM, seperti:
  • Growpreneur, program aktivasi pemberdayaan dan pendampingan buat UKM
  • BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, sebuah pendampingan dan pemberdayaan melalui Rumah BUMN
  • Pengusaha Muda BRILian
  • Desa BRILian
  • Program Klaster UMKM
  • Link UMKM
  • Pasar Rakyat Indonesia (PARI)
  • Dan lain-lain

    Tentu saja program pemberdayaan UMKM ini terus ditingkatkan, termasuk dengan pelatihan, pendampingan, dan skema pembiayaan yang bersahabat. Misalnya dengan Pinjaman Program Kredit Pangan. Yaitu modal kerja komersial khusus di bidang pangan yang diberikan dalam rangka mendukung kedaulatan pangan dan kemaritiman. Total kreditnya maksimal 1 Milyar dengan suku bunga yang flat tanpa biaya provisi dan administrasi.

    Persyaratan untuk mendaftar KUR Mikro BRI pun terbilang mudah, yaitu:
  • Lama usaha 2 kali tanam atau sekitar 1 tahun dan telah memperoleh laba
  • Legalitas usaha jelas sesuai peraturan Dinas berwenang masing-masing daerah dengan bukti adanya Akta Pendirian Usaha, TDP, SIUP, SITU dan IUMK
  • Identitas dan legalitas diri sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku

    Dalam melayani pelaku bisnis kecil dan menengah ini, BRI juga berkomitmen untuk menghadirkan layanan jasa perbankan yang cepat (fast), mudah (simple) dan aman (secure). Saat ini, Digitalisasi BRI sudah dilakukan. Jadi semua layanan BRI bisa menjangkau semua lapisan masyarakat.

    Saya sendiri menggunakan BRImo. Ini tuh Aplikasi digital BRI Terbaru berbasis data internet yang ngasih kemudahan buat nasabah maupun non nasabah BRI agar bisa bertransaksi. Pakainya User Interface dan User Experience terbaru, untuk melakukan berbagai aktivitas seperti top up gopay, pembayaran QR dan fitur-fitur menarik lainnya dengan sumber dana transaksi menggunakan rekening Giro atau Tabungan.

Ponselku penuh nih buat install aplikasi. Gimana caranya agar tetap bisa pakai layanan Digitalisasi BRI ini?

digitalisasi BRI

    Oh tenang saja. Ada AgenBRILink yang bisa membantu kita. Saat ini sudah ada 710 ribu AgenBRILink di seluruh wilayah Indonesia. Lewat mereka, kita bisa melakukan aktivitas perbankan seperti transfer, setor dan penarikan simpanan. Jadi yang rumahnya jauh dari ATM atau bank, bisa banget pakai jasa mereka.

    Di masa depan, tantangan tentu saja akan terus ada. 128 Tahun BRI, Melayani Dengan Hati selalu berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dan berkontribusi untuk perekonomian Indonesia. Usia yang tidak muda menunjukkan bukti bahwa bertahan itu penting dengan diiringi tumbuh kembang yang lebih kuat dan hebat.

    Sekian dulu. Sampai jumpa. Happy blogging!

19 comments

Mega Rachma said...

Selamat ulang tahun wahai Almamaterku yang selama 5 tahun menjadi tempat akh meniti karier hehe. Maju teru BRI dan sukses

Ophi said...

BRI termasuk bank yang paling tua ya di tanah air dan icon BRI selain melayani dengan hati adalaha bagaimana BRI bisa sampai ke seluruh pelosok nusantara di kota2 kecil sehingga masayarakat desa juga teliterasi dan bs memanfaatkan lembaga keuangan satu ini

Susi Susilawati said...

saya juga pake BRI karena suami gajian pake BRI hehehe.. Dan buat yang tinggal di desa, BRI itu emang yang paling gampang ditemukan. Unitnya ada di tiap sudut :)

Nanik nara said...

BRI ini adalah bank yang pertama saya kenal dan masuki gedungnya mbak, soalnya kantor unitnya kan sampai di kecamatan.
Wih ternyata sudah 128 tahun usianya, semoga makin banyak layanannya yang bisa dirasakan oleh masyarakat, terutama kelas menengah ke bawah

Nurul Fitri Fatkhani said...

Wow ternyata BRI sudah 128 tahun.
Kayaknya BRI itu bank yang paling banyak kantornya di Indonesia yaa... hampir di setiap kecamatan ada kantor unit BRI. jadi memudahkan untuk nasabahnya.
Usaha keluarga kami juga sangat terbantu dengan program KUR dari BRI

duniaeni.com said...

Kalau di sini jarang yang pakai BRI tapi familiku di daerah semua pakai BRI, suamiku juga pakai BRI karena banyak berhubungan dengan orang-orang di luar pulau Jawa

Antung apriana said...

wah BRI umurnya ternyata sudah 1 abad lebih yaa. benar-benar bank yang sudah ada sejak jaman sebelum kemerdekaan.

Siti Nurjanah said...

Kalau flashback jadi inget rekening bank yg pertama kali aku pakai itu BRI, alasannya yakarna adminnya cukup terjangkau dulu. Semoga semakin berjaya di usia jadinya BRI yg akan melayanai kebutuhan nasabah dgn baik

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Ternyata sudah lama juga ya BRI, ini dulu klienku waktu aku masih kerja di media. Hebatnya tuh memang BRI ini selalu hadir di daerah-daerah ya jadi sangat membantu masyarakat dalam mengelola keuangannya.

April Hamsa said...

Kyknya sering liat agen BRI Link nih ternyata emang ada di mana2 buat membantu seandainya gk bisa install aplikasi ya. Tapi slaut sih BRI makin bagus programnya juga udah terdigitalisasi sehingga makin memudahkan utk transaski dengan BRI yaa

Gusti yeni said...

BRI salah satu bank yang memilki unit cabang pelosok negeri...maklum bank pemerintah...jd sangat2 membantu masyarakat pelosok.

Nchie Hanie said...

Wah, udah 128 tahun aja BRI, makin berinovasi terus yaa dalam melayani customernya.

Dan, aku pun pertama kali punya rekening bank di BRI sewaktu masih sekolah jamannya SMP. Hihii iyaa , bener biata adminnya Murmer.

Eri Udiyawati said...

Wow, BRI ternyata usianya udah jauh lebuh tua ketimbang Negara Indonesia.

Sebagai salah satu bank tertua, BRI memberikan layana yang kian canggih dan mudah diakses oleh siapa saja.

Rella Sha said...

Bank BUMN yang banyak umatnya ya BRI, paling banyak cabangnya ya BRI. Hehe. Namanya juga bank rakyat yaaa... Nggak nyangka udah 128 aja berdiri dan melayani nasabah di Indonesia.

Yurmawita said...

Hebat banget ya bank BRI udah dari zaman baheula melayani nasabah yang tersebar di seluruh wilayah

Nathalia DP said...

Wow, 128 tahun, keren banget BRI... Semoga semakin sukses dan berkah dalam menjalani peran sebagai pahlawan UMKM...

Lia Yuliani said...

Ternyata udah 128 tahun BRI berkiprah di Indonesia. Memang pelayanannya ramah-ramah. Paling seneng kalau datang ke Bank terus disambut dengan baik kaya di BRI

Dewi Rieka said...

Wow ternyata kiprah BRI sudah 128 tahun bukan jangka waktu yang singkat bagi sebuah bank. Semoga pelayanannya makin baik, dan menyentuh rakyat banyak hingga pedalaman ya

sheilla utama said...

aku punya pengalaman yang kurang enak sama bank ini, huhu