Monday, 15 August 2016

Nikah Muda?

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Nikah Muda? Emang ada masalah? Yang nikah siapa? Yang biayai hidup nanti siapa? Kok situ yang sewot?

Terus terang waktu dengar berita pernikahan anak Ustad Arifin yang bernama Alvin, saya lumayan telat. Dia nikah Minggu, saya tahunya Senin dan buka FB pada hari Selasa, pada heboh. Maklum waktu itu saya lagi mbolang. Mana nggak ada sinyal, hihihi. Saya acungi jempol deh buat Alvin yang serius dengan nikah mudanya di usia 17 tahun.




Tahu dari mana dia serius?

Dari berita yang bilang dia ikut sidang karena usianya belum cukup untuk syarat nikah di Indonesia. Kalau dia mungkin cuma main, darah muda, nikah siri bikin hepi juga bisa. Tapi, lelaki yang baik itu mau melegalkan hubungan, baik agama maupun negara karena kita hidup di sini, di Indonesia.

Selamat yaaa buat Alvin dan Rissa!!!

Eits, jangan pergi dulu. Saya masih mau cerita tentang Nikah Muda. Yang jelas ini bukan tentang saya ya, bahahaa.

Pada tahu kan kalau saya ini suka baca Webtoon? Dari cerita Cara Asyik Baca Komik, lalu cerita Siren Lamen's Vs Eggnoid di Cewek Baper Terjebak Friendzone. Dan sekarang ini saya mau bahas Nikah Muda, cerita pertama yang saya pantengin di Webtoon.


Nikah Muda karya Mbak Olive ini menceritakan tentang Vian dan Niki. Vian baru lulus SMA sementara Niki seorang guru privat. Sebenarnya Vian itu nggak dodol amat, ganteng dan kaya. Cuma gara-gara dia naksir Niki yang lebih tua darinya makanya dia rajin les.

Setelah lulus SMA, Vian ini nekat ngelamar Niki. Walau syok, Niki pun 'dengan terpaksa' nerima Vian. Keluarga Vian juga ajaib. Pokoknya cerita ini bikin ngakak deh!


Nikah Muda juga ada komiknya, coba aja Googling. Tapi awas hati-hati ya kalau kadang cerita, err anu, namanya juga orang nikah, hahaha. Mainnya kan nggak cuma petak umpet!


Nikah itu hak dan pilihan diri sendiri, bukan karena orang lain, atau mungkin tuntutan usia. Mau nikah muda ya silakan, pas sudah mantap di usia 30-an juga boleh, atau milih sendiri seumur hidup juga sakarepmu dewe.


Nikah emang mudah. Yang nggak mudah itu tanggung jawab ke depannya, bukan hanya di dunia tapi akhirat juga. Jiwa raga mungkin siap, tapi kita kan nanti akan mengarungi lautan yang maha luas. Kita butuh banyak perbekalan, bukan hanya cinta atau uang semata.

Jadi kamu tenang saja. Saya nyiapin diri, kamu juga. Sepakat?! Nggak usah mikir Nikah Muda lah wong kita emang sudah bukan remaja, hahahaha.

Sampai jumpa. Happy blogging!

28 comments:

  1. jadi inget pernah baca noveltentang nikah muda gitu harus proses pengadilan dulu gitu akulupa judulnya. Jiaaaaaah kangen ih baru bisa bw lagi

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya sih engga berat-berat amat, tapi memang harus berjuang

    ReplyDelete
  3. Mbak lidyaaa, ikut komen dong di blog Jiaah. Heheee, bunga anggreknya cantik banget.

    ReplyDelete
  4. Dulu aku pingin nikah usia 25, tapi terlewat, akhirnya aku pasrahkan

    ReplyDelete
  5. walau gak setuju sama nikah muda tapi saya salut sama para pelaku yang mampu nikah muda dan bertahan hingga akhir (soalnya banyak orang yang saya kenal nikah muda memutuskan berpisah di tengah jalan :()

    ReplyDelete
  6. Tanggung jawab nikah muda itu gede sih ya. Hihi
    menurutku nikah muda sah-sah aja, tapi dengan syarat suaminya dewasa. Dan udah punya penghasilan juga. (penting) hehehe

    ReplyDelete
  7. hehe.. Jiah sold outnya kapan kalau gitu... wkwkw *justkidding jangan marah yak :)

    ReplyDelete
  8. nikah umur berapa aja gk mslh yg penting dpt calon yg terbaik

    ReplyDelete
  9. Dulu pengennya nikah muda, tapi sekarang udah gak muda lagi. jadi ya... gimana ya? wkwk

    ReplyDelete
  10. Aku aja nyesel mbak nggak nikah muda haha

    ReplyDelete
  11. Waktu lulus kuliah dan kerja pengen nikah muda pas udah kuliah lagi ngelihat tugas seabreg jadi perlahan pengennya hilang, nikah diwaktu yang tepat aja.hehe..emang agi musim ya bicarain nikah muda, menurut aku mau nikah muda atau usia 25an silahkan saja asalkan memang sudah "siap" dan "mampu", mampu bukan hanya dalam hal finansial saja

    ReplyDelete
  12. Webtoon ya, oke catat. Mo main petak umpet dulu, jiyaaaah hahahaha ^^v

    ReplyDelete
  13. Hihi. aku dulu pengen nikah muda.. *ngikngok* gara baca bukunya ust, Salim FIllah yang 'Nikmatnya Pacaran Setelah Menikah' itu pas kelas 3 SMA. pengennya lulus SMA nikah gitu.. hihi

    kalo menurutku sih.. mau nikah muda mau nikah kapan aja wong waktunya sudah desediakan yang paling pas ko sama Allah :)
    apalagi tiap orang ga bisa disamain. ada yang berani ambil resiko, ada yang masih punya prioritas, ada yang ini ada yang itu.
    eh.. komen apasih inih :P

    ReplyDelete
  14. jadi tertarik baca webtoon-nya :)

    ReplyDelete
  15. jiah juga masih muda kok :))

    ReplyDelete
  16. Saya pernah baca tulisan karya anaknya mba Pipit Senja yang nikah muda, itu juga nyeritain gimana ga gampangnya, tapi tetap dijalanin aja gitu. Sebenernya sama sih kaya pernikahan yang usianya ga muda lagi. ((Ga muda lagi))

    ReplyDelete
  17. Lagi baca eggnoid, sepertinya bakal baca nikah muda ini deh... Menarik... Lagi gandrung webtoon nih, jadi lumayan dpt rekomendasi dr baca posting ini hehe.

    ReplyDelete
  18. harus pikir dua kali ya kak

    ReplyDelete
  19. Yang penting sadar akan tugas dan tanggung jawabnya, apalagi kalau udah punya anak hehe

    ReplyDelete
  20. Nah kan... ujung2nya kebawa baper... :P

    ReplyDelete
  21. Duh, paragraf terakhir iya banget sih Jiah...
    Nikah mah mudah, sesudah nikahnya itu lhooo yang butuh perjuangan untuk mempertahankan. Nikah kan cuma buat sekali aja ya kan? kan? kan?

    ReplyDelete
  22. Wah, bisa dimasukin list bacaan webtoon, nih!

    ReplyDelete
  23. Waah ada webtoonnya juga nikah muda yaa.
    Ya bs menikah muda (bukan remaja atau kanak2) monggo...
    Yg bisanya di usia dewasa ya monggo jugaaa.
    Sepakat..Jiah Kapaan? *dipletak...

    ReplyDelete
  24. Ibunya temenku ada yang nikah muda juga, sekarang si ibu keliatan masih muda banget, hehe. Klo soal tanggung jawab setiap laki-laki dan perempuan yang berniat menikah pasti udah mikirin banyak hal sebelum memutuskan. tinggal jalaninnya nanti gimana. :D

    ReplyDelete
  25. Nikah muda tantangannya nggak mudah. KUatirnya pas lihat seumuran lagi jalan-jalan tapi malah sibuk sendiri. Tanggungjawab menurutku berat. Kesiapaan fisik dan jasmani sih yang lebih baik :)

    ReplyDelete
  26. Yup, nikah itu memang gampang. Tapi menjalani pernikahannya butuh tanggung jawab yang besar dari kedua belah pihak. Mau nikah muda atau gak, tetep harus bisa bertanggungjawab.

    ReplyDelete
  27. intinya aku kurang setuju dengan nikah muda , rasanya mentalnya terlalu dipaksain untuk menerima pernikahan itu, huuh..

    ReplyDelete
  28. Komiknya lucuuuu *eh
    Aku dulu nikah sedeng sih, umur 23. Kemudaan nggak, Ji? *Laah malah nanya Jiah XD.

    Setuju banget, sambut jodoh dengan terus memperbaiki diri. Jadi ketika dia datang, kita ada di kondisi yang baik :)

    ReplyDelete

Mana jejak tulisanmu?