Pecel, Makanan Murah Semua Suka

March 04, 2017

Bismillaahirrahmaanirrahiim....


Pecel, Makanan Murah Semua Suka, bener kan? Belum pernah makan pecel? Coba aja mie rasa pecel #MalahIklan!

Tau pecel, iya kan iya dong?! Pecel itu makan murah meriah, hampir semua kalangan suka. Gimana enggak suka? Pecel itu gabungan berbagai macam sayuran rebus dan campur bumbu yang menurut lidah ndeso saya enak bingo!!!



Pecel setahu saya ada beberapa jenis. Ada pecel Lele yang sebenarnya Lele goreng sambal. Ada pecel kelapa atau urapan dan pecel sambel kacang. Karena dulu saya kurang suka lele dan jarang makan itu, saya mau bahas 2 jenis pecel saja.


  • Pecel kelapa/urap

Apasih yang biasanya dibikin urap?

Daun pepaya, daun singkong yang direbus. Cocok banget buat yang naikin tekanan darah alias darah rendah.

Untuk pecel jenis ini, bumbunya mentahan. Bawang merah, putih, cabai, terasi, garam, gula putih, dan kencur. Semua ditakar secukupnya ya.

Bagaimana dengan kelapanya?

Kelapa muda, tapi bukan kelapa buat es ya. Diparut dan campurkan bumbu. Campur juga sama daun singkong atau daun pepayanya. Untuk menghindari basi, sebaiknya kelapa parut dikukus dulu. Jadi deh!

Buat urapan boleh pakai sayur lain?

Boleh, siapa bilang tidak boleh! Lumrahnya yang enak dibikin urapan itu Lembayung (Daun Kacang Panjang), Rebung, Jantung pisang, daun ketela rambat (Kalau doyan) dan sayuran yang biasa dibuat pecel kacang. Intinya mah tergantung jenis sayur apa yang disuka.




  • Pecel Sambal Kacang
Bicara sayurnya dulu ya. Ini juga tergantung selera. Biasanya sih kacang panjang, kankung, mentimun, kecambah, kol, rumput laut, nangka muda, ada juga yang nambahi pepaya muda. Untuk sayur hijaunya biar nutrisi masih oke dan enggak gampang basi, dikukus aja bukan direbus.

Bumbunya, mau buat sendiri atau versi pedagang?

Dulu saya pernah buat, bumbunya begini:
Bawang putih, kencur, cabai, kacang digoreng. Tiriskan lalu ulek. Tambahkan garam, gula merah, jeruk pecel, campur sedikit air biar kental. Campur sama sayurnya.


Bumbu pecel hasil beli:
Cabai mentah, kacang goreng, bawang putih, gula merah, garam, jeruk pecel, dan air asam. Saya curiganya air asam itu bukan hanya asam, tapi ada rempah lain yang jadi rahasia. Mungkin kencur dan jahe.

Pecel sendiri bisa banget di makan pakai nasi, orog-orong, lontong, ketupat atau tanpa tambahan karbohidrat. Saya suka jenis bumbu pecel kacang yang kental, manis gurih dan pedas. Ditambah sayur yang enggak terlalu matang, rasanya krut-krut enak banget.

Pecel memang makanan murah meriah, dan di kampung saya ada beberapa pedagang yang jualan. Kalau ngeracik bumbu rata-rata pakai ulekan. Ini nih yang bikin sedep. Bumbunya agak kasar tapi tetep uenak.

Di salah satu acara tv berjudul Oke Food, pecel ini udah naik kelas lho. Saya lupa itu di daerah mana (kayanya Bandung) karena yang saya ingat itu tampilan pecelnya. Pecel berbentuk gulungan kaya Sushi. Jadi sayurnya disusun memanjang, lalu digulung dan dipotong kecil. Ambil sepotong, celupin bumbu kacang, dan masuk mulut. Emm..., bisa rasain enaknya kan!

Ji, emang enggak pernah makanan makanan khas mana gitu? Cerita pecel pakai foto lama pula!

Lha, yo pernah! Kemarin baru nyoba Pempek Palembang. Tapi, saya mah orangnya suka makan tanpa foto. Belum biasa jadi food blogger sih. Kadang kalau sadar ya jepret pedagangnya, tapi sering lupanya. Makanya cuma bisa ceritain foto lama, hwaaa!!! Mungkin kalau dijejerin Asus Zenfone, mata langsung bisa melek. PixelMaster Cameranya itu lho bikin gambar jadi bening. Kalau foto-foto bisa kece badai enggak pakai edit sana sini. Semoga tahun ini bisa punya, amin....

Karena hari semakin malam dan biasanya saya malah tambah lapar, baiknya cerita makan pecel ini kita akhiri saja. Pecel itu banyak gizinya asal bener aja cara masaknya. Kalian suka pecel enggak? Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel.

You Might Also Like

38 komentar

  1. Keluarga suamiku di ponorogo semuanya suka pecel 😀

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka pecel. Kemarin baru aja maem pecel.

    ReplyDelete
  3. Pecel tuh kuliner favorit. Eh apa seh yg gak favorit, semua kuliner nusantara terutama yg udah aku nikmati sih favorit semua, hahahaa
    *emakdoyanjajan

    ReplyDelete
  4. Wah saya tuh suka banget pecel sama horok-horok, enak banget

    ReplyDelete
  5. Kesukaanku pecel lele sama pecel sambal kacang

    ReplyDelete
  6. Suamiku hanya mau makan pecel buatan rumah..kalau beli selalu diare.

    ReplyDelete
  7. pecel emang enak banget apalagi kalau saking segernya sampai bunyi waktu dikunyah

    ReplyDelete
  8. ya ampunn mbaa, ini makanan favorit aku dari kecil ;p.

    ReplyDelete
  9. malam malam ,,,, ngeliat pecel


    cusss OTW Angkringan

    ReplyDelete
  10. Dan ini bacaan pecel ketiga aku hari ini. Horeeee.... aku makin rindu rumah mertua. Soalnya ga tahu kenapa lebih cocok dijajanin pecel di sana, daripada bikin di Jakarta. Entah dimananya yang terasa beda. Mungkin karena ga perlu ngulek bumbu ya.
    Pecel favorit aku itu ya kalo dibungkusin mertua buat sarapan. Lauknya macam-macam, tapi aku paling suka kalau dapat ikan. Nyumnyumnyummmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini juga bacaan pecel lele ketiga sayaaaa haahaha

      jadi pengen makan pecel tiga kali >.<

      Delete
  11. kirain.. bumbu rahasianya.. penyedap rasa hehe.. masih positif thinking ya si mba hehe ..

    ReplyDelete
  12. Pecel sambal kacang itu enak. Apalagi kalau sambalnya gak pedes.
    Eh, kl gak pedes, masih disebut sambal juga gak tuh, Mba Jiah? 😂

    ReplyDelete
  13. ya ampun mba ini pecel lagi. Bikin aku makin laper sama pecelll

    ReplyDelete
  14. pecel lele? kalo di sini bukan pecel lele namanya, tapi pecek lele >.<

    ReplyDelete
  15. Pecel salah satu makanan lokal favoritku setelah soto. Rasanya nggak pernah kenyang makan pecel, mau berapa pincuk sekalipun. Ya tentu aja asal nggak pake lontong banyak-banyak, hehe. Simbah puteri dulu pernah jualan pecel yang disebut orang Jawa Timur sebagai rujak, Ibu juga. Jadi ya maklumlah kalau sampe suka banget sama pecel. Terutama pecel sambel kacang ya.

    ReplyDelete
  16. enak banget pecelnya ya jajanan yang murah dan hemat banget di kantong mahasiswa. tapi jarang jarang liat sih pecel yang di jual malam hari

    ReplyDelete
  17. Duli jaman kuliah, pecel selalu jadi sahabatku. Bisa pagi, siang sore selalu pecel. Murah dan bikin kenyang plus enak.hehe

    ReplyDelete
  18. Aku juga suka jarang foto makanaan, apalagi kalau pas laper, biasanya si kakak yang Puja ngingetin .

    ReplyDelete
  19. Suka pecel! Kangen kampungku. Kalo lagi di Pacitan biasanya pagi-pagi dibeliin pecel daun jati dua ribuan sama budeku. Porsinya ketjil, tapi pas buatku pagi-pagi mah hahaha.
    Urap itu termasuk jenis pecel, ya? Nah, ini aku baru tau nih hahaha. Kirain urap ya urap, pecel ya pecel. Kuliner Indonesia top bangetlah.
    Lapaaar! Banyak sekali pecel, ingin pulang kampung. Melupakan skripsi. Eh gimana? :/

    ReplyDelete
  20. Ya Allah, ini blog ke tiga yang sata kunjungi ngebahas pecel dan Asus hihihi.. Apakah ini pertanda bahwa saya harus ganti HP Asus zenfon dan masak pecel? Hehehe..

    ReplyDelete
  21. Penasaran bentuk pecelnya bagaimana yg dibentuk kyk gulungan sushi itu dan pakai apa nggulungnya? Apa pakai rumput laut jg kyk sushi?

    ReplyDelete
  22. pecel jantung pisang apa ga pait ya mba?
    perna coba bikin tumis jantung pisang koq pait ya mgkn jenis pisangnya kali ya.

    sorry curhat.... hehe

    gw suka sayur mayur soalnya
    dibikin pecel paling gampang kan.

    ReplyDelete
  23. Lhoo..ternyata pecel itu banyak maunya tooh..?
    Eh,
    Banyak jenisnya.


    Akuh juga sukak.
    Bapak Ibuku seringnya bikin pecel kalo di rumah.
    Selain simple, memudahkan Ibu gak berlama-lama di dapur..juga (pasti) menyehatkan.

    Karena mau gak mau, si anak (aku maksudnya) jadi makan sayur.

    ReplyDelete
  24. Pecelnya beda dari yang aku temui ya,

    Tapi bener sih, pecel emang makanan sejuta umat.

    Aku dulu pas kecil latihan makan sayur ya dr pecel ini, hehehe

    ReplyDelete
  25. Urap juga dinamakan pecel toh, Mbak?

    Ini makanan ngangenin banget. Tiap derah punya bumbu sendiri. Jadi kemanapun pecel tetep dicari. Hahahaha.

    ReplyDelete
  26. salah satu makanan favorit saya, pecel sambal kacang dan sayurannya yang segar, kacang panjang, kol, tauge. lebih sering makan pecel digabung pakai lontong dan bakwan.

    ReplyDelete
  27. dan SEHAT ya tante
    karena sayur sayuran
    vitaminnya banyaaaakkk

    ReplyDelete
  28. Wah udah lama sekali tidak makan pecel

    ReplyDelete
  29. Andalanku niih pecel hihi mau diapain juga enyakk, mupeng dehh jiah ke Palembang kemarin..

    ReplyDelete
  30. Pecel Ayam buat setiap hari dijadiin lauk juga, saya nggak bosan mbak hihihi

    ReplyDelete
  31. yang penting nikmat ya mbak walaupun harga murah hahahah

    ReplyDelete
  32. Lontong pecel pedas itu mirip lotek ya, sayur sambel kacang ples lontong/kupat.

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98