Mesin EDC Untuk Mengatur Keuangan Pedagang

February 08, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ada hal penting tapi sering terlupakan oleh pedagang. Apa itu?

Dari zaman dulu sampai sekarang, jadi pedagang, berwira usaha memang sangat digemari. Almarhum Mbah saya waktu masih muda itu jualan jarik di pasar. Tapi entah kenapa, saya masih belum tertarik buat berdagang.


Ada banyak alasan sebenarnya sampai saya menulis 8 Catatan untuk Mewujudkan Mimpi Membuka Usaha:


  • Tentukan Bisnis yang Akan Dibuka
  • Cari Tempat Usaha
  • Perlengkapan dan Bahan
  • Inovasi untuk Menarik Pelanggan
  • Sistem dan Konsep Penjualan
  • Asisten dan Pegawai
  • Promosi
  • Siapkan Mental

Meski terlihat sudah siap melakukan usaha, sebenarnya ada hal vital yang sering saya lupa yaitu keuangan dan managementnya. Yang namanya usaha itu butuh modal, dari kemauan juga modal uang. Sayangnya, banyak yang kesulitan soal mengaturnya.

Contohnya nih waktu dulu saya pernah kerja di Konter. Bekerja seperti ini sebenarnya gampang, tapi sangat butuh ketelitian. Mencatat setiap apa yang terjual jelas sudah saya lakukan. Lalu kemudian Pak Bos meminta saya menghitung barang yang ada di toko. Masalahnya nih, saya bisa teratur mencatat jika barang terjual, tapi Bos saya tidak. Akibatnya, jika saya libur atau tidak di toko, saya tidak tahu barang mana yang terjual karena seringnya Bos lupa. Ini kacau sekali! Mana kerjanya manual dan tidak ada mesin kasir. Ya mudah panas dong otak saya!

Waktu itu saya berharap banget Bos saya bisa beli Mesin kasir. Selain itu, beberapa bank juga datang mengajak kerja sama. Terus uang dagangan juga entah bagaimana beliau putar sampai mungkin saja tercampur dengan uang pribadi. Hampir tiap minggu selalu gali lubang dulu karena uang yang harusnya buat bayar malah dibuat modal lain. Saya tidak bisa bekerja model kaya gini.

Perkara keuangan, catat mencatat dalam perdagangan itu hal yang sangat penting. Tapi ya itu, karena lupa dan tidak mampu mengaturnya, jadilah banyak yang semangat di awal lalu akhirnya gulung tikar karena keuangan ini. Uang dagang eh dibuat kebutuhan pribadi, ya bubar!

Mengelola Keuangan Dengan Mesin EDC SPOTS


Ketika masih di konter, sebenarnya saya pernah menggunakan dan tahu Cara Menggunakan Mesin EDC salah satu bank. Tapi penggunaannya memang terbatas, hanya transfer, bayar listrik, dan sebagainya. Masalahnya, tiba-tiba jaringannya error dan nunggu lama sekali untuk dipebaiki. Selain itu, detail dari catatan transaksinya hanya uang keluar dan masuk saja.

Perlu diketahui, Mesin EDC sendiri adalah singkatan dari Electronic Data Capture, yaitu sebuah alat untuk menerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank, fungsinya untuk memindahkan dana secara realtime. Karena zaman semakin maju, ada lho Mesin EDC yang bisa membantu para pedagang untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. Apa itu?


Ada SPOTS yang merupakan aplikasi kasir online (sistem Point of Sale) untuk ngelola pesanan. Produk ini ditujukin buat UMKM sampai pemilik franchise untuk memudahkan transaksi. SPOTS juga bagian dari grup perusahaan GOJEK. Saat ini, SPOTS sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia.

Para UMKM kini mulai menggunakan SPOTS


Jadi kemarin waktu keponakan saya liburan di Jepara, ramai kan tuh di rumah. Meski sudah belajar masak, tetap saja namanya anak-anak ya tertarik buat jajan. Pas mendung dang dingin-dingin, jadilah saya pilih beli Martabak yang ada di dekat jalan raya. Namanya Martabak Arya dan dari Tegal. Saya sudah beberapa kali beli di sini dan ya, lumayanlah rasanya. Ada Martabak dan Kue Bandung dengan berbagai varian rasa. Ketika menunggu pesanan, mata saya yang jelalatan ini melihat ada yang berbeda. Seperti Mesin EDC Gopay gitu. Dan ternyata itu SPOTS. Langsung deh tanya-tanya sama Masnya.

Beliau cerita kalau sudah pakai SPOTS kira-kira setengah tahun lalu dan sangat terbantu dengan adanya mesin kasir ini. Dari fiturnya, mereka bisa Mengatur Menu, Terima pesanan GoFood, Cetak resi instan, Mencatat ragam tipe pembayaran dan bisa dapat laporan harian. Waktu saya lagi asyik ngobrol, eh ojek online pada datang. Terus ya, Mesin EDC Gopay ini bisa juga lho menerima pembayaran dengan Kartu Debit. Saya tanya dong, Mesin EDC dengan Kartu Debit ini khusus bank tertentu atau bagaimana? Ternyata bisa pakai Bank BCA, BRI dan lainnya. Wah, mantap ini. Jadi kita bisa banget transaksi secara cashless.


Ketika saya lihat, mengoperasikan Mesin EDC Gopay juga sangat mudah. Masnya juga lihatin waktu menerima pesanan, sampai cetak resi buat Mas-Mas Ojek Online. Meski saya tidak butuh-butuh amat, saya ingin juga resi cetaknya. Ternyata, Masnya cuma ngatur SPOTS untuk pesanan online saja. Karena saya belinya offline, jadi deh tidak dapat. Sebenarnya bisa saja, cuma waktu itu belum diatur ulang. Harga Martabak dan Kue Bandung dengan beli online dan offline juga beda. Lewat daring, nanti banyak diskon. Begitu jelas Masnya.

Baiklah. Jadi meski penjualan secara offline belum tercatat, tapi Mesin EDC Gopay ini sudah mencatat pesanan yang dibeli secara online. Saya pikir Mas Pedagang ini jauh lebih baik karena sudah melek soal mengatur keuangan ini.


Oh iya, Harga SPOTS ini lumayan terjangkau untuk fitur yang integratif dan berkualitas yang membantu mencatat penjualan. Untuk pemeliharaan, perharinya sekitar 5 ribu. Saya tanya lagi dong, ngeluarin uang 5 ribu sehari, masih ada untungnya kan? Jelas masih. Namun kata Masnya, minta kompensasi kalau yang dagang libur supaya tidak bayar. Hahaha, lucu sekali Masnya ini.

Perlu diketahui lagi, EDC SPOTS selain pembayaran dengan Gopay dan kartu debit, beberapa bulan lagi bisa juga menggunakan kartu kredit. Mantap betullah karena SPOTS ini mesin EDC pertama yang punya opsi melakukan pembayaran 3 macam ini. Kalian juga bisa banget cek media sosial SPOTS di https://www.instagram.com/spots.id.


Harapannya ke depan, semoga makin banyak UMKM yang menggunakan Mesin EDC Gopay ini. Lumayan banget kan bisa bantu mengelola keuangan mereka. Jadi tidak lagi deh dagang lalu gulung tikar karena ketidakmampuan mencatat ini. Jika ada mesin tersistem yang membantu, kenapa kita harus susah coba? Mari manfaatkan teknologi yang ada.

Kalian sendiri ada yang sudah memanfaatkan Mesin EDC SPOTS untuk mengatur uang dagangan? Atau ada yang sudah pernah transaksi juga saat jajan? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

42 komentar

  1. Mesin EDC SPOTS ini memang sangat berguna bagi para UMKM ya, bagi pembeli juga tentunya akan memudahkan transaksi, praktis sekali.
    Wah itu mas penjual martabaknya sudah pakai mesin EDC SPOTS, keren deh, sudah melek teknologi dan mengerti kebutuhan jaman sekarang ya.
    Eh, mendadak pengin martabak haha *OOT dikit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, jadi praktis memang. Masnya juga bilang gitu. Gak perlu catet2 bikin nota

      Delete
  2. Wah keren, pedagang kaki lima pun sekarang menggunakan Spots. Gak bingung nyari uang kembalian karena bayarnya non tunai.

    ReplyDelete
  3. Ih keren banget ya, saya bahagia banget nih, sering terjadi saya kesulitan beli makanan di kaki lima, gara-gara malas antri ambil uang di ATM, kalau ada mesin EDC gini kan, bisa cashless banget :)

    Salut dah sama EDC gopay yang mengangkat UMKM menuju cashless juga :)

    ReplyDelete
  4. Bikin laporan penjual manual itu memang lumayan bikin kepala keriting ya mba.
    Untung sekarang ada mesin EDC Gopay Spots yang bisa digunakan oleh UMKM.
    Pedagang dimudahkan utk laporan, konsumen punya beragam pilihan pembayaran.

    ReplyDelete
  5. Praktis banget. Pdegang kaki lima pun jadi bisa pakai mesin ini. Pencatatan pun langsung rapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah nih beberapa kali lihat mesin ini saat mana di resto. Suka juga lihat tampilannya. Terutama di bagian layarnya

      Delete
  6. Sekarang makin banyak loh mba pengusaha UMKM yang pake mesin EDC ini. Emang praktis, murah biaya pemeliharaannya dan buat konsumen juga praktis. Gak usah bawa-bawa cash banyak-banyak.

    ReplyDelete
  7. Kalau melihat dan bertransaksi langsung pke mesin edc spots sih blm, tp banyak informasi mengenai kemudahan mesin tsb

    ReplyDelete
  8. asik ya kak skrg uk pun bisa pake mesin edc ini,, makin praktis dehh,,lgsg bisa nyatat trasaksi juga

    ReplyDelete
  9. Ini kalo dari sisi pelanggan sangat bikin nyaman dan memudahkan untuk memilih jenis pembayaran loh mba. Paling bete kalo di outlet terus kita pake mesin edc yang khusus bank tertentu, kan pasti kita kena charge biaya admin. Nah, bocor alus kaya gini nih yang big no untuk financial planning. Beda banget sama mesin EDC Spots ini pastinya membantu banget ya bagi para pelaku UKM mba dan pelanggan pun happy menentukan mau bayar pake apa.

    ReplyDelete
  10. Wah sports.i.i.sdh ada dimana mana mana bahkan di penjual gerobak aja ada yg sdh pake nih..


    ReplyDelete
  11. Mesin EDC membantu banget nih buat para UKM jadi ngatur keuangan juga mudah.

    ReplyDelete
  12. Wah, makin keren ya teknologi. Gak hanya pengusaha-pengusaha besar saja yang bisa mengelola uang secara terpadu dan cashless, tetapi para UKM juga. Semoga semakin banyak yang merasakan manfaat teknologi ini.

    ReplyDelete
  13. Astaga, si adik cuci muka pakai duit, aku pengij mandi pakai duit 😆😂. Berarti ini bisa buat penginapanku ya? Sekarang sih pakai cash atau transfer. Tapi kalau pakai edc mestinya lebih mudah lagi karena tamu nggak perlu cari2 atm kalau kehabisan cash.

    ReplyDelete
  14. Aku liat sekarang banyak memang UNKM ya g pakai mesin ini ya mba.. dan asli praktis dan cepat

    ReplyDelete
  15. Keren juga ya para pedagang yang pake gerobak pun udah pake mesin EDC. Biaya penggunaannya ekonomis banget sih ya, jadi tidak memberatkan. Bagus juga untuk kontrol transaksi, semua sudah tercatat lengkap tinggal diprint aja.

    ReplyDelete
  16. Teman-teman UMKM pasti terbantu banget nih ya dengan SPOTS ini. Mudah juga pengoperasian nya.

    ReplyDelete
  17. wah keren euy babang martabaknya udah pakai mesin EDC. Bakal lebih praktis nih kalau jajan di sana, bisa bayar pakai aplikasi atau malah pakai kartu debit ya. Semoga makin banyak penjual makanan memanfaatkan teknologi begini biar yang suka cashless seperti saya terakomodasi dan tak ribet lagi sediain uang cash

    ReplyDelete
  18. Sekarang udah banyak yang menggunakan ini Jiah
    aku sering liat dan memudahkan banget para pelaku pengusaha untuk mengatur keuangannya
    jadi bocor-bocornya aman.

    ReplyDelete
  19. Aku pernah jajan bakso di pinggir jalan dan bisa bayar pake Gopay. Seneeeeng deh. Ya cashless ya ada cashbacknya hahaha. Jadi mesin EDC Gopay ini emang sangat bermanfaat buat siapa aja ya

    ReplyDelete
  20. Ku sudah pernah pakai mbak. Di beberapa gerai makan di sekitar rumah ada yang sudah punya mesin edc gopay ini. Memang bakal memudahkan pembeli dan pemilik usaha ya. Keren nih inovasi Gopay dengan Spots nya! Dan saya ngiler dengan martabak dan kue Bandungnya haha

    ReplyDelete
  21. Mesin EDC SPOTS ini membantu banget ya bagi UMKM untuk pencatatan keuangan, pads akhirnya bisa ketahuan seberapa besar keuntungannya.

    ReplyDelete
  22. Spots ini menurunkan sebuah teknologi yang memudahkan kita semua ya mba. Baik dari segi pembeli yang nggak perlu repot;repot bawa uang cash dan kita bisa bayar pakai gopay atau kartu kredit dan bagi penjual ini lebih banyak lagi keuntungannya karena pembukuan dan transaksi jual beli jadi lebih teratur, jelas, dan cepat ya. Aku jadi penasaran Siapakah penemu aplikasi dari mesin spots ini hihihi

    ReplyDelete
  23. Keren banget ini terobososannya, bergadang jadi lebih mudah dan tercatat dengan baik

    ReplyDelete
  24. Aku udah nyobain nih bayar pakai SPOTS, Mesin EDC GoPay dan ternyata bisa pakai kartu Debit ya mbak meskipun masih terbatas pada kartu debit BCA. Asyiknya pas transaksi ngak ada minimal belanja, jadi belanja 20 ribu bisa gesek atau scan barcode...mudah banget. Tapi sayangnya belum semua merchant familiar dengan kartu debit, next mungkin perlu di sosialisasikan lagi.

    ReplyDelete
  25. Dengan mesin EDC, jalannya bisnis para pelaku usaha seperti UKM bisa semakin lancar ya..
    Pencatatan transaksi dan keuangannya bisa lebih rapi.
    Pelanggan pun bisa lebih mudah untuk berbelanja, bisa online dan tanpa perlu bawa uang cash

    ReplyDelete
  26. Padhal menurut pakar keuanga uang bisnis gak boleh dicampur dengan uang pribadi ya jadinya pembukuannya gak bingung. Dengan adanya mesin EDC seperti ini membantu banget para UKM mengatur keuangan apalagi buat yang gak disimplin mencatat penjualan

    ReplyDelete
  27. pemikiran sederhana seorang pedagang ya mbak, minta kompensasi waktu libur. kalau dipikir-pikir, ada benernya, wkwkw...
    aku udah sering transaksi di pedagang yang pakai SPOTS ini. praktis memang, tinggal scan ajah, udah selesai transaksinya.

    ReplyDelete
  28. Nah, itu dia Ji, masalah pembukuan yang kadang bikin morat-marit itungan ya. Kalau mas penjualnya udah pake SPOTS, enak tinggal print aja jadi tau udah ada transaksi apa aja.

    ReplyDelete
  29. Aku seneng banget kalau ada mesin edc pembayarannya pakai gopay gini karena jadi lebih memudahkan kita buat berbelanja ya mbak

    ReplyDelete
  30. widih kece nih penjual martabaknya sudah mengguankan mesin EDC Gopay,
    memang membantu banget mengelola pesanan juga dalam hal transaksi karena dia all in one

    ReplyDelete
  31. Kemajuan teknologi ini bikin seneng yah, para UMKM yang tadinya ga paham pembukuan jadi paham deh sekarang soalnya ada yang bantu nih aplikasi kece, seneng juga mesin EDC ini andalannya para cashless macam saya.

    ReplyDelete
  32. Wah sudah sampai di pedagang-pedagang jajanan malah ya mesin SPOTS ini. Keren. Banyak masyarakat yang diuntungkan dengan adanya mesin ini.

    ReplyDelete
  33. Wow spots mesin edc andalan ya, cukup bayar pemeliharaan 5000 udah dapat segala banyak fitur terutama untuk mempermudah mengelola keuangan bagi para pedagang. Bisa nih aku rekomendasikan pada ibuku

    ReplyDelete
  34. Memakai medin EDC Gopay ini jd ngebantu bngt ya mba kekitanya praktis terus pemilikny juga jadi mudah mnghitung transaksi

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah ya mba, udah banyak pedagang / UMKM yang pakai SPOTS. Aku sebagai pembeli juga sukanya bayar pakai gopay, males bawa cash banyak-banyak soalnya. Hehe.

    ReplyDelete
  36. Aku lihat, di sini pun udah banyak lho yang pake mesin EDC Gopay kayak gini. Toko-toko kecil padahal.

    ReplyDelete
  37. Harga sewanya yang sangat terjangkau ini memungkinkan semua pelaku usaha yang masih awal pun bisa menggunakannya yaa, Jia...
    Sangat membantu sekali...EDC Gopay, SPOTS.

    ReplyDelete
  38. Tetanggaku jual capcay juga pakek SPOTS mbak. Ya emang sih dia gabung Gojek juga, jadi memang memudahkan costumernya terutama pembeli yang memanfaatkan gopay.

    ReplyDelete
  39. Bener banget, pencatatan keuangan buat pedagang itu penting. Adik saya bangkrut gaa-gara uang pribadi dan uang usaha dicampur.

    ReplyDelete
  40. Mesin EDC SPOTS ini bisa untuk jualan selain makanan kan ya, Mbak? Jadi tetangga saya kan jualan kosmetik keliling gitu. Dia pakai catatan di buku. Bukunya ada banyak banget sampai kadang dia sendiri lupa pendapatan hari itu ada berapa. Mau saya rekomendasikan SPOTS ini biar dia makin gampang kelola uang dan ada laporan jelasnya.

    ReplyDelete