Katakan Tidak untuk Mual Saat Jalan

November 29, 2017

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Siapa sih yang sekarang ini tidak suka jalan-jalan dan piknik? Sepertinya zaman now, traveling itu sudah jadi gaya hidup. Ya ribetnya dunia kerja ini sejenak bisa terobati dengan piknik, yey!

Piknik oke dan tentunya kita butuh persiapan baik uang saku, bekal, penginapan, transportasi dan juga obat pribadi. Obat ini yang kebanyakan orang lupain. Kan enggak enak banget kalau mau jalan eh tiba-tiba badan enggak fit. Masa iya jauh-jauh ke luar kota dan di sana hanya tidur?


Saya sih tidak punya penyakit serius yang harus bawa berbagai macam obat. Cuma satu saja masalah yang kadang bikin cape, MUAL Muntah. Muntah itu nguras energi dan juga bikin orang risih. Saya pernah tuh sekali jalan dan muntah berkali-kali. Lemes, lapar tapi akhirnya ditahan sampai enggak makan karena bakal muntah. Lalu dipikir, kenapa enggak sekalian puasa? Terus makanan yang sudah dibayar sepaket akhirnya harus diikhlaskan.

Berkaca dari itu akhirnya saya beli obat anti mual di Apotek ketika akan melakukan perjalanan jauh dan pakai kendaraan selain motor. Biasanya sih beli obat sakit kepala atau Antimo yang ternyata kadang enggak ngefek. Tapi kali ini saya bilang obat anti mual yang bagus. Mahal dikit enggak masalah yang penting perjalanan saya jauh dari muntah.

Akhirnya si Mbaknya ngasih saya Dimenhydrinate 50 mg. Obat ini golongan Antihistamin yang membantu mencegah mual dan bisa juga untuk Vertigo dan Meniere (Gangguan telinga bagian dalam yang menyebabkan sejumlah serangan Vertigo).


Saya minum sebelum perjalanan. Awalnya biasa saja kemudian ada rasa panas dari dalam tubuh yang biasanya menjadi mual dan ingin muntah. Tapi saya hanya merasa panas tanpa ingin muntah. Kadang sejam kemudian jadi mengantuk dan bikin kita tahan tidur. Tapi kadang juga malah bikin melek. Tergantung kondisi badan. Dan mulai aman. Katakan Tidak untuk Mual Saat Jalan!

Saya hanya minum Dimenhydrinate saat mau jalan atau pas pulang. Jika kalian punya penyakit tertentu atau hamil, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter masing-masing ya. Dan jika kalian minum obat apa pun yang punya efek mengantuk, jangan sekali-kali berkendara sendiri.

Kalau kalian mual saat jalan, biasanya diapain? Minum obat juga kah? Share yuk!

Update:

Saya enggak punya stok di rumah. Pas mau pergi-pergi aja baru beli di apotek. Gambarnya kaya di bawah ini.

Sumber
Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

20 komentar

  1. Dimenhydrinate 50 mg ini aman ga obatnya? Soalnya istri saya kalau terlalu lama di mobil saat perjalanan sering mual, jadi pingin coba tawarin ke istri kalau pergi jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beberapa kali pakai sih aman2 aja. Tapi kalau hamil atau punya penyakit tertentu, konsultasi dulu

      Delete
  2. Aku bangett ini yang gampang mual padahal suka banget kemana-mana :( biasanya juga antimontapi ga mempan, pernah dikasih obat sama guru smp dan itu mempan cuma gatau namanya, mungkin ini yah mba. Terima kasih, semoga nggak jadi traveler yang gampang mual lagi hihi

    ReplyDelete
  3. Aku baru denger soal obat ini. Nanti mau nyimpen ah buat nyetok kalo jalan.aku soalnya vertigo juga. Biasanya aku kalo pusing,ya mual. Sesekali bisa di tahan, kadang ga tahan ya muntah.hehehe

    ReplyDelete
  4. Kebetulan saya dari kecil udah terbiasa naik bis kalau sekolah jadi gak gampang mual dan muntah mba.. bahkan dulu pernah naik mobil dari Jogja ke Medan selama 4 hari 3 malam juga aman² aja mba.. mungkin mba jiah perlu sedia minuman air kelapa klo perjalanan jauh

    ReplyDelete
  5. Aku dulu pemabuk berat, biasanya kalau mabuk membding dibuat makan. Kalau emang gak ada snack atau apa aku milih tidur aja. Obat biasanya lebih ke obat asam lambung biar lebih stabil

    ReplyDelete
  6. obat mual dulu saya kalo mual pake jamu gitu mba. Dan kalo boleh tau obatnya bentuknya kaya gimana ya? soalnya ga ada gambarnya. takutnya kan salah beli gitu di apotek.

    ReplyDelete
  7. aku dulu ya mbak sewaktu kecil pemabuk perjalanan tingkat akut, kalau naik mobil itu tuh baru berapa km saja sudah muntah-muntah, biasanya minum obat sih tapi ga mempan hehehhehee

    kalau Dimenhydrinate belum pernah coba tapi

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah saya gak pernah merasa mual kalau dalam perjalanan. Begitu juga dengan keluarga inti saya.
    Lain lagi dengan keluarga kakak, anak-anaknya suka muntah, kalau melakukan perjalanan jauh. Ibunya prepare obat anti mual seperti anti**. Dan mereka cocok dengan obat itu.

    ReplyDelete
  9. Saya gak pernah mual saat di jalan sih mbak, tapi ibuku begitu tu, apalagi kalau naik mobil kena AC mobil huhuhu, akhirnya slalu sedia obat anti mual jg

    ReplyDelete
  10. wah baru tau obatnya, makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  11. Aku sebenernya juga suka traveling, tapi ya gitu, kalo naik mobil atau bus biasanya muntah. Hehe. Jadi penasaran sama obat ini. Di aku ampuh gak ya?

    ReplyDelete
  12. Kirain lagunya Afgan ada katakan tidaknya hehe.. buat yang sering mual mungkin perlu banget. Aku sendiri jarang banget. kalau mual biasanya karena masuk angin dan belum makan sdh dibawa jalan2.

    ReplyDelete
  13. ahaha, kukira ini tadi awalnya sponsor apa gitu ya, narkoba apa, hahaha. tapi ini obat juga ya, katakan no pada obat eh, mual kalo udah diobatin

    ReplyDelete
  14. waktu kecil kalo pergi-pergi jauh aku sering banget mabuk darat mba, rasanya mual banget. . eh alhamdulillah pas udah dewasa malah jarang mual hehe, tapi ga ada salahnya juga ya mba persediaan obat anti mual untuk jaga-jaga

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah aku gak pernah mual Ji,..jadi aman deh jalan jauh. Paling bawa minyak kayu phtih atau minya oles kalau ada bau yanv menganggu

    ReplyDelete
  16. Kl mual, langsung siap2 cari kantong, takutnya muntah haha.

    Tp emang bener sih, kl jalan harus selalu sedia obat, termasuk obat diare hehe.

    ReplyDelete
  17. Karena kalau mual saat perjalanan itu menulaarrr...
    Aku bukan tipe yang gampang mual dalam perjalanan, tapi kalau ada yang mual...trus mereka pakai minyak angin yang begitu kuat baunya...jadi ikutan eneg.

    Coba kalau pada tahu dramamin 50 mg yaa...

    ReplyDelete
  18. Aku baru tahu tentang obat ini. Aman kah mbak? Soalnya kadang di perjalanan suka mual juga sih. Obat anti mual tuh penting banget sih pas jalan-jalan. Soalnya kemarin pas liburan, teman ada yang mual dan akhirnya harus menepi dulu buat muntah, dan itu lumayan keganggu sih pas perjalanan :(

    ReplyDelete
  19. Saya pribadi sih nggak gampang mual dlm perjalanan. Tapi perlu lah disiapin kalau2 ada anggota keluarga yg gak beres dlm perjalanan.

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98