Ayam Bumbu Srepeh

February 02, 2018

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Selamat pagi dan selamat Februari!

Baru kemarin tahun baru, eh sekarang sudah masuk bulan kedua aja ya. Januari kemarin cukup manis karena ditutup dengan fenomena alam Super Blue Blood Moon. Saya enggak akan bahas itu karena sedikit kecewa, enggak lihat secara langsung akibat mendung dan hujan. It's okey, beruntung masih ada TV dan internet.

Buat hari ini saya awali postingan dengan resep Ayam Bumbu Srepeh. Apaan itu?

Jadi tanggal 18-19 November 2017 kemarin saya dan teman-teman ada acara di Lasem. Karena satu dan lain hal, saya belum bikin postingannya. Tunggu waktu yang tepat, hahaha. Nah namanya acara, ada dong yang namanya makan-makan. Pagi 19 November sebelum susur sungai, kami sarapan pakai Sate Srepeh, salah satu makanan khas Lasem, Rembang.

Jujur, ini adalah pertama kalinya makan sate jenis itu. Sate ayam, tapi bumbunya beda. Terakhir saya makan sate ayam waktu di Madura. Itu aja bumbunya em..., enggak kaya Sate Madura ala orang Jawa Tengah khususnya. Nah Sate Srepeh ini lumayan ngena di lidah. Padahal kata teman-teman yang asli Lasem, sate yang kami makan termasuk biasa.

Karena olahan ayam kecap sudah mainstream, saya akhirnya nyoba bikin Ayam Bumbu Srepeh. Ini terjadi karena saya malas bikin sate bakar. Jadi pakai resep di bumbunya aja.


Dengan modal mengingat rasanya dan juga googling, akhirnya jadi juga Ayam Bumbu Srepeh. Ini dia bahan dan cara masakanya:

Bahan:
  • Ayam secukupnya
  • Kemiri/Santan (Bisa pakai dua-duanya atau salah satu. Saya milih Kemiri karena orang rumah lagi puasa santan)
  • Bawang Merah
  • Bawang Putih
  • Cabai
  • Gula Merah
  • Garam
  • Asam Jawa
  • Jahe
  • Lengkuas (Gak pakai juga gak masalah)
  • Serai
  • Daun Jeruk
  • Air

Cara Masak:
  1. Bersihkan ayam
  2. Haluskan Kemiri, Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai, dan Jahe (Saya suka Jahe halus daripada cuma digeprek)
  3. Geprek Lengkuas dan Serai
  4. Taruh bumbu halus di wajan dan beri air. Kalau pakai santan, enggak usah pakai air. Masak sampai mendidih
  5. Masukkan ayam setelah bumbu mendidih
  6. Tambah Gula Merah, Garam, Daun Jeruk, Serai, Lengkuas, dan Asam Jawa
  7. Masak sampai ayam matang
  8. Ayam Bumbu Srepeh siap disajikan

Jika kamu mau buat Sate Srepeh, ayam mentah langsung ditusuk sate. Rebus ayam di bumbu. Setengah matang, tiriskan sebentar lalu bakar sate yang sudah berbumbu. Sate Srepeh yang udah dibakar lalu disiram dengan bumbu yang dibuat rebus. Jadi deh!

Ayam Bumbu Srepeh bisa jadi alternatif masak ayam jika bosan dengan ayam kecap atau ayam goreng sambal. Saya mau coba bikin ayam krispi atau ceker pedas. Tapi nanti kalau sudah ada mood, hahaha. Selamat mencoba resepnya ya!

Kalau kalian sukanya masak ayam apa? Sudah pernah buat atau makan Ayam Bumbu Srepeh atau Sate Srepeh? Share pengalaman kalian yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

31 komentar

  1. Sepertinya enak, meski belum pernah makan hehehe.

    ReplyDelete
  2. Belum pernah buat ayam bumbu srepeh sih Mbak :D Mungkin nanti kalau lagi senggang pingin nyoba resepnya Mbak ^^

    ReplyDelete
  3. Aku malah baru tahu nih Mbak tentang ayam bumbu srepeh, biasanya kalau masak ayam cuma digoreng atau dikecapin xD

    ReplyDelete
  4. Tempatku juga hujan deres, Jiaah. Ngga bisa lihat moment itu. Fufufu. Btw, baru tahu ada sate kek gitu. :D

    ReplyDelete
  5. Wah... Ini resep hasil jelong-jelong ke Lasem nih.
    Aku juga mau bikin ah.
    Buat kita orang Jepara, ayam bumbu srepeh ini tidak mainstream ya

    ReplyDelete
  6. Baru denger saya bumbu srepeh mba. Kalo keluarga saya favoritnya malbi ayam 😁

    ReplyDelete
  7. Srepeh itu artinya apa ya. Kunyit itu yak. Boleh juga nih.. khas jawa ini mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg krg tahu artinya. Gugling gak nemu, hahaha

      Delete
  8. Ih, aku belum pernah lho mbak makan yang namanya srepeh ini. Unik namanya, kalau rasa sepertinya enak apalagi kalau siap dimakan alias ga perlu masak hehe

    ReplyDelete
  9. jadi penasaran ayam bumbu srepeh ini. asiiik info resepnya lengkap banget tinggal praktek aah kapan2

    ReplyDelete
  10. saya baru pertama kali dengar nama masakan ini mba Ayam Bumbu Srepeh.. Tapi kalau dilihat dari bahan resep dan hasil gambar, sepertinya saya sangat tergoda untuk mencobanya. Kapan-kapan istri saya suruh coba masak ini ah..

    ReplyDelete
  11. Nah .. nah ..ada resep baru. Saya belum pernah masak atau makan ayam bumbu srepeh ini. Kemarin anak-anak ngeluh, bosan dengan ayam goreng dan ayam kecap, kayaknya ayam srepeh bisa dijadikan alternatif masakan berikutnya, deh! Makasih Mbak Jiah ...

    ReplyDelete
  12. Namanya resep dan bumbunya unik, nih. Suka bosan memasak ayam tapi yah bahan makanan yang palin mudah ditemui ya daging ayam, kalau dimasak dengan resep ini mungkin rasanya beda ya

    ReplyDelete
  13. resepnya boleh dicoba nih
    secara biasanya masak ayam hanya untuk digoreng dan digulai
    sepertinya cocok untuk anak anak ya
    ga pedes
    soalnya anak sy suka sate jg sih

    ReplyDelete
  14. Keren nih kak Jiah nyoba resep yg sebelumnya pernah dipraktikin sm teman2. Kalau aku biasanya suka lupa kalau sdh praktik sendiri di rumah. Hehe

    ReplyDelete
  15. Aku gak pernah makan Ayam Srepeh. Bahan dan cara buatnya gak pake ribet ya. Next beli ayam, aku cobain ah...

    ReplyDelete
  16. Wah ini jadi alternatif buat mengolah ayam supaya ngga bosan. Pasti enak banget soalnya ada kemiri yang gurih plus gula merah yang legit lalu dibakar, pasti karamelisasinya bikin happy

    ReplyDelete
  17. mau donk, itu pasti gurih banget rasa nya,
    *bisa gagal p-rogram diet saya wkwkw

    ReplyDelete
  18. Srepeh itu artinya apa Jiah. Karena pakai serai kah? Bumbu dapurnya lengkap banget yak. Kalau dikasih Santanjadi mirip gulai

    ReplyDelete
  19. wah kayaknya enak banget itu, mau cobain ahhh. Besok kalau pas banyak yang pada kumpul mau buat ah biar ada yang makan asyekkkkk

    ReplyDelete
  20. yeay ada resep baru. catat ah. belum. pernah soalnya.makasih ya

    ReplyDelete
  21. ini aku ngiler lihatnya mba, baru tau juga ada yang namanya sate srepeh dan bisa dimasak jadi ayam bumbu srepeh juga biar gak ribet nyate hehe.. kapan-akapan mau cobain ah

    ReplyDelete
  22. Makasih banyak untuk resepnya, sepertinya resep ini layak dicoba hihihihi meski baru tau ayam srepeh tapi ini jadi ide baru untuk mengolah ayam ke dalam citarasa yang lain.

    ReplyDelete
  23. Enak banget ya kayanya ini pake sereeeh wangiihh, gurih lezat gituuu yaa... Aku nanti bikin deh kalau lagi ada niat wkwkw

    ReplyDelete
  24. belum pernah mencoba ayam srepeh kaya gimana sih? tapi, kayanya ayam ini dibuat dengan aneka rempah rempah ya ayamnya pasti empuk deh ketika di mmakan. Aroma masakannya pun pasti wangi ya mba. Jadi penasaran dan ingin buat dirumah deh mba

    ReplyDelete
  25. Lebih enak lagi kalau ikan kakap yang disrepeh ahhahahah

    ReplyDelete
  26. Pernah denger sih tp gatau juga ya, apa saya yg salah denger haha, tp sepertinya boleh nih jd alternative masak ayam hehe, makasih ya sharing nya

    ReplyDelete
  27. Biasanya dimasakin mama Ayam ini
    Baru tau kalo namanya ayam bumbu srepeh wkwk
    Duh jadi kangen mama :')

    ReplyDelete

IBX58325B871BB98