Jiah My Id

Powered by Blogger.

Bagaimana Cara Pergi Ke Kendal Dari Jepara

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sebuah WA masuk tentang Event Festival Drumblek Pacific Paint Cup 1 Kampung Ragam Warna di mana saya sudah terdaftar sebagai peserta dan diminta untuk registrasi ulang pada tanggal 26 Oktober 2019. Langsung deh saya mikir, bagaimana cara pergi ke Kendal dari Jepara?

Namanya bepergian, pasti dong nyari rute bagaimana kita bisa sampai tempat tujuan. Dan saya juga cukup yakin bahwa saya berangkat sendiri dari Jepara. Kalau ketemu teman di jalan, ya alhamdulillah siapa tahu bisa pulang bareng, hahaha.

Pertama yang saya lakukan adalah lihat map Jepara Kendal itu bisa ditempuh berapa jam. Apakah harus menginap atau bagaimana agar tidak terlambat saat jam registrasi ulang. Saya memasukkan alamat Kampung Ragam Warna Mranggen, Nolokerto, Kec. Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51372. Dalam peta, dibutuhkan waktu ke sana itu 2,5 jam. Tapi jangan pernah percaya itu karena kenyataan di lapangan, untuk sampai Semarang saja butuh waktu 2-3 jam kalau macet dan lainnya. Mungkin waktu segitu terjadi bila pakai kendaraan pribadi atau sepeda motor. Masalahnya, saya menggunakan kendaraan umum ya!

Setelah memperkirakan waktu, saya juga cek adakah travel menuju ke Kendal. Alasannya sih buat jaga-jaga saja apabila malas naik turun bus atau dari sana pulang malam. Rencananya acara diadakan dari tanggal 26-27 Oktober 2019. Ternyata tidak ketemu. Saya cuma mencatat Kencana Travel dan Bejeu Travel dengan keberangkatan dari Semarang menuju Jepara. Tak lupa, saja juga cek harga tiket kereta api dari Semarang ke Kendal untuk prakiraan biaya yang harus saya siapkan.

Sepintar-pintarnya Peta dan Google, tetap GPS lah yang lebih utama. Gunakan Penduduk Sekitar, setuju kan?

Alhamdulillah ada Mbak Nyi yang bantu ngasih petunjuk. Menurut Mbak Nyi, Kampung Ragam Warna kalau dari Tawang atau Weleri itu malah jauh banget. Jadinya dia menyarankan saya untuk naik bus saja. Oke sip deh. Dan bagusnya saya enggak harus nginep dulu sebelum acara.

Tidak naik bus ini, hanya pemanis postingan

Sabtu, pukul 05.00 pagi saya memulai perjalanan. Saya minta diantar Kakak ke daerah Saripan untuk nunggu bus. Kenapa bukan terminal? Lebih cepat di sana sih sebenarnya kalau bus Semarang. Beda lagi kalau saya pakai Bus Indonesia buat ke Pati. Enak dari Garasi di Pengkol atau kalau telat ya ke terminal Jepara. Akhirnya pukul 05.15 bus datang.

Perjalanan cukup lambat. Ya karena bus umum dan nyari penumpang juga. Pukul 07.50 an, saya pun sampai di Terminal Penggaron. Manut instruksi Mbak Nyi, saya pun naik Bus Trans Semarang sampai daerah Mangkang. Yang pasti harus nanya dulu ya sama petugas, siapa tahu pakai transit segala. Sampai pukul 09.00 lebih, bus masih muter di daerah Semarang. Setelah berhenti, akhirnya saya naik bus kecil sampai Pasar Sore. Dari Pasar Sore ini, saya pesan Ojek Online guna mengantarkan sampai Kampung Ragam Warna. Setelah muter karena ada jalan yang ditutup, pukul 09.25 saya sampai lokasi dan langsung registrasi.

BRT masih sepi

Alhamdulillah perjalanan ke Kendal lancar tanpa halangan yang berarti. Cerita selama saya di Kampung Ragam Warna akan saya bahas di postingan lain ya.

Cara Pulang Ke Jepara Dari Kendal dan Semarang

Setelah mengikuti rangkaian Event Festival Drumblek Pacific Paint Cup 1 Kampung Ragam Warna, siang hari tanggal 27 Oktober saya memutuskan pulang. Tadinya sih mau nginep di rumah Mbak Nyi dan pulang pagi tanggal 28 Oktober. Tapi batal, hahaha. Setelah hitung-hitungan jam, niatnya setelah makan siang dan solat, saya langsung pulang.

Rute yang mau saya lewati yaitu pesan Ojek Online dari Ragam Warna sampai Mangkang. Dari Mangkang menuju Semarang, Terboyo lalu ke Jepara. Menurut tetangga saya, di Terboyo masih ada bus yang nunggu penumpang. Alhamdulillahnya dapat tebengan mobilnya Om Yos dan diantar dari Kendal sampai Simpang 5 Semarang. Ya saya mampir di masjid dulu buat solat Dzuhur.

Sekitar pukul 14.00, saya memutuskan untuk pulang. Jika pakai Ojek Online sampai Terminal Penggaron atau Terboyo lebih cepat, tapi memang lumayan ongkosnya. Akhirnya saya milih naik BRT lagi karena waktunya memang masih cukup buat nunggu bus ke Jepara.

Setelah menuju halte, saya naik BRT ke Terboyo dengan lebih dulu transit di Balai Kota. Harus tanya-tanya Petugas biar enggak nyasar dan juga pasang telinga pastinya. Waktu transit, saya agak ngantuk dan sepertinya mulai error. Ketika Petugas teriak adanya BRT ke arah Genuk dan lainnya, saya ikut masuk. Bus muter saja sampai saya mikir, wah jangan-jangan salah naik nih, hahaha. Ngawur saja karena mikir toh waktu pergi juga lewat Genuk. Setelah satu jam setengah, meski bingung, saya turun di Pasar Genuk.

Lagi-lagi saya mengandalkan GPS, Gunakan Penduduk Sekitar. Saya nanya mushola sebenarnya, tapi pas di perjalanan, saya lihat bus. Akhirnya saya nyeberang dan ternyata itu Bus Demak. Saya tanya orang yang di situ, bus Jepara lewat juga kan? Iya, jawabnya. Alhamdulillah ternyata bisa juga nunggu di Genuk, tapi nyeberang dulu.

Pukul 15.50, Bus Jepara datang dan sudah ramai. Sudah siap-siap sebenarnya jika enggak dapat tempat duduk. Alhamdulillahnya setelah satu jam berdiri, akhirnya bisa duduk sampai pulang. Sempat ganti bus juga tapi untungnya sekali lagi itu bus milik orang yang masih satu desa. Jadi lumayanlah Kakak jemputnya enggak kejauhan. Pukul 18.00, saya sampai di garasi dan langsung solat di musola dekat situ.

Kesimpulannya, kalau naik kendaraan umum, pastikan bawa uang pecahan dan receh. Hindari uang nominal 50 atau 100 ribu biar enggak kena tengkik atau tipu-tipu. Jaga barang-barang pribadi, jangan sampai lengah. Jika pulang dari Semarang ke Jepara, kita bisa langsung dari Penggaron. Jika naik BRT, kita bisa naik dengan jurusan Terboyo atau Genuk. Jangan takut juga buat bertanya biar enggak tersesat di jalan. Kalau pun kesasar, ya sekalian jalan-jalan, hahaha. Dan kemarin Zain bilang kalau BRT Semarang Kendal akan segera diresmikan. Jadi makin mudah deh perjalanannya. Harus ingat juga bahwa bus dari Semarang ke Jepara itu hanya sampai sore saja kecuali bus malam tentunya. Makanya kudu tahu nomor travel tertentu jika tidak ingin menginap.

Begitulah catatan perjalanan saya dari Jepara ke Kendal khusus naik kendaraan umum ya. Yang jelas ini jadi pengalaman baru buat saya dan cukup banyak cerita. Sampai jumpa. Happy blogging!

16 comments

Jalan-Jalan KeNai said...

Pengalaman yang berkesan, ya. Kalau saya kayaknya gak akan berani solo traveling hihihi

tantiamelia.com said...

Ngebayangin solo traveling itu menyenangkan tapi ngeri ngeri sedap sih kalo aku secara aku penakut

Gita Siwi said...

Iya ya, uang pas atau receh kudu prepare emang, nggak ribet juga buka buka dompet bahaya mata juga kan yg liat. Enjoy mba e

sarrahgita said...

Saya jadi salfok sama istilah GPS alias Gunakan Penduduk Sekitar, haha iya juga sih, soalnya sekarang gps suka 'error', ga bisa diandalkan 100%. saya pernah ngalamin nyasar gara2 ngandelin gps soalnya wkwkwk

Krisna HF said...

Jadi pengen Explore Kendal mba,
Ternyata murahh

Akarui Cha said...

Kebayang pas muternya itu sih Ji. Tapi keren bisa jalan jauh (buat aku karena anak kereta, naik bus berasa jauh hihihi) sendiri. Bahas Mba Nyi jadi inget sama sepupunya yang jadi langganan aku beli aksesoris deh.

Arief Rizky said...

Seru ih bacanya :D btw ka tempat wisata di Kendal dan Jepara aja?

Endah Kurnia Wirawati said...

GPS, Gunakan Penduduk Sekitar.... akhirnya ada juga yg tahu plesetan GPS ini.. hehehe.. Ke area Semarang dan sekitarnya akan lebih mudah nih kalau BRT udh punya rute panjang dan jauh seperti Jepara, Kudus dan Pati.
Sebagai warga Pati, saya juga menanti-nanti rute BRT itu lho... Semoga bisa secepatnya ada ya

Jalan-Jalan KeNai said...

Noted! Harus sedia uang receh juga, nih. Lagian biar gak ribet juga ngitung kembaliannya. Kalau naik transportasi umum waktunya memang harus lebih diperhitungkan ya ^_^

Antung apriana said...

jadi ingat dulu pas ke surabaya pernah nyoba sendirian naik angkot di sana. lumayan uji nyali sih rasanya soalnya beneran nanya sana sini rutenya. mana bahasanya juga bahasa jawa kan ya? heu

lendyagassi said...

Asik banget solo travelling dan mengandalkan GPS warga asli ketimbang GPS digital. Rasanya lebih thrilling, eh adventurer deenk.. Emang genre drama apaaa... heheh~

Matius Teguh Nugroho said...

Puji Tuhan tahun 2018 kemarin berkunjung ke Kampung Ragam Warna, kalau nggak salah saat diresmikan. Seneng sampai sekarang inisiatif ini masih bertahan dan bahkan semakin semarak.

Maya Siswadi said...

Ya ampun, aku ngakak loh sama istilah GPS-nya. Emang udah paling bener nanya GPS 🤣🤣. Gpp bolak balik nanya, daripada nyasar. Aku selalu gitu, mbah google kadang bisa menyesatkan, tapi GPS lebih akurat 😂

Helenamantra said...

Berhasil! walau pakai muter-muter dulu dan combining beberapa alat transportasi. GPS tradisional memang paling OK yaa selama masih ada orang mah nanya aja, heheh

Han said...

GPS emang ngga ada lawan sih menurut saya hahaah soalnya pernah disasarin sama GPS versi bot nya google wkwkw untung ngga bablas dan percaya gitu aja

Jejak Panorama said...

Belum pernah eksplore Jepara sma semarang nih,, semoga next.. terima kasih pengalamannya mbak, tips bawa uang recehan juga perlu banget diterapkan nih