Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Mesin EDC Untuk Mengatur Keuangan Pedagang

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Ada hal penting tapi sering terlupakan oleh pedagang. Apa itu?

Dari zaman dulu sampai sekarang, jadi pedagang, berwira usaha memang sangat digemari. Almarhum Mbah saya waktu masih muda itu jualan jarik di pasar. Tapi entah kenapa, saya masih belum tertarik buat berdagang.


Ada banyak alasan sebenarnya sampai saya menulis 8 Catatan untuk Mewujudkan Mimpi Membuka Usaha:


  • Tentukan Bisnis yang Akan Dibuka
  • Cari Tempat Usaha
  • Perlengkapan dan Bahan
  • Inovasi untuk Menarik Pelanggan
  • Sistem dan Konsep Penjualan
  • Asisten dan Pegawai
  • Promosi
  • Siapkan Mental

Meski terlihat sudah siap melakukan usaha, sebenarnya ada hal vital yang sering saya lupa yaitu keuangan dan managementnya. Yang namanya usaha itu butuh modal, dari kemauan juga modal uang. Sayangnya, banyak yang kesulitan soal mengaturnya.

Contohnya nih waktu dulu saya pernah kerja di Konter. Bekerja seperti ini sebenarnya gampang, tapi sangat butuh ketelitian. Mencatat setiap apa yang terjual jelas sudah saya lakukan. Lalu kemudian Pak Bos meminta saya menghitung barang yang ada di toko. Masalahnya nih, saya bisa teratur mencatat jika barang terjual, tapi Bos saya tidak. Akibatnya, jika saya libur atau tidak di toko, saya tidak tahu barang mana yang terjual karena seringnya Bos lupa. Ini kacau sekali! Mana kerjanya manual dan tidak ada mesin kasir. Ya mudah panas dong otak saya!

Waktu itu saya berharap banget Bos saya bisa beli Mesin kasir. Selain itu, beberapa bank juga datang mengajak kerja sama. Terus uang dagangan juga entah bagaimana beliau putar sampai mungkin saja tercampur dengan uang pribadi. Hampir tiap minggu selalu gali lubang dulu karena uang yang harusnya buat bayar malah dibuat modal lain. Saya tidak bisa bekerja model kaya gini.

Perkara keuangan, catat mencatat dalam perdagangan itu hal yang sangat penting. Tapi ya itu, karena lupa dan tidak mampu mengaturnya, jadilah banyak yang semangat di awal lalu akhirnya gulung tikar karena keuangan ini. Uang dagang eh dibuat kebutuhan pribadi, ya bubar!

Mengelola Keuangan Dengan Mesin EDC SPOTS


Ketika masih di konter, sebenarnya saya pernah menggunakan dan tahu Cara Menggunakan Mesin EDC salah satu bank. Tapi penggunaannya memang terbatas, hanya transfer, bayar listrik, dan sebagainya. Masalahnya, tiba-tiba jaringannya error dan nunggu lama sekali untuk dipebaiki. Selain itu, detail dari catatan transaksinya hanya uang keluar dan masuk saja.

Perlu diketahui, Mesin EDC sendiri adalah singkatan dari Electronic Data Capture, yaitu sebuah alat untuk menerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank, fungsinya untuk memindahkan dana secara realtime. Karena zaman semakin maju, ada lho Mesin EDC yang bisa membantu para pedagang untuk mengelola keuangan dengan lebih baik. Apa itu?


Ada SPOTS yang merupakan aplikasi kasir online (sistem Point of Sale) untuk ngelola pesanan. Produk ini ditujukin buat UMKM sampai pemilik franchise untuk memudahkan transaksi. SPOTS juga bagian dari grup perusahaan GOJEK. Saat ini, SPOTS sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia.

Para UMKM kini mulai menggunakan SPOTS


Jadi kemarin waktu keponakan saya liburan di Jepara, ramai kan tuh di rumah. Meski sudah belajar masak, tetap saja namanya anak-anak ya tertarik buat jajan. Pas mendung dang dingin-dingin, jadilah saya pilih beli Martabak yang ada di dekat jalan raya. Namanya Martabak Arya dan dari Tegal. Saya sudah beberapa kali beli di sini dan ya, lumayanlah rasanya. Ada Martabak dan Kue Bandung dengan berbagai varian rasa. Ketika menunggu pesanan, mata saya yang jelalatan ini melihat ada yang berbeda. Seperti Mesin EDC Gopay gitu. Dan ternyata itu SPOTS. Langsung deh tanya-tanya sama Masnya.

Beliau cerita kalau sudah pakai SPOTS kira-kira setengah tahun lalu dan sangat terbantu dengan adanya mesin kasir ini. Dari fiturnya, mereka bisa Mengatur Menu, Terima pesanan GoFood, Cetak resi instan, Mencatat ragam tipe pembayaran dan bisa dapat laporan harian. Waktu saya lagi asyik ngobrol, eh ojek online pada datang. Terus ya, Mesin EDC Gopay ini bisa juga lho menerima pembayaran dengan Kartu Debit. Saya tanya dong, Mesin EDC dengan Kartu Debit ini khusus bank tertentu atau bagaimana? Ternyata bisa pakai Bank BCA, BRI dan lainnya. Wah, mantap ini. Jadi kita bisa banget transaksi secara cashless.


Ketika saya lihat, mengoperasikan Mesin EDC Gopay juga sangat mudah. Masnya juga lihatin waktu menerima pesanan, sampai cetak resi buat Mas-Mas Ojek Online. Meski saya tidak butuh-butuh amat, saya ingin juga resi cetaknya. Ternyata, Masnya cuma ngatur SPOTS untuk pesanan online saja. Karena saya belinya offline, jadi deh tidak dapat. Sebenarnya bisa saja, cuma waktu itu belum diatur ulang. Harga Martabak dan Kue Bandung dengan beli online dan offline juga beda. Lewat daring, nanti banyak diskon. Begitu jelas Masnya.

Baiklah. Jadi meski penjualan secara offline belum tercatat, tapi Mesin EDC Gopay ini sudah mencatat pesanan yang dibeli secara online. Saya pikir Mas Pedagang ini jauh lebih baik karena sudah melek soal mengatur keuangan ini.


Oh iya, Harga SPOTS ini lumayan terjangkau untuk fitur yang integratif dan berkualitas yang membantu mencatat penjualan. Untuk pemeliharaan, perharinya sekitar 5 ribu. Saya tanya lagi dong, ngeluarin uang 5 ribu sehari, masih ada untungnya kan? Jelas masih. Namun kata Masnya, minta kompensasi kalau yang dagang libur supaya tidak bayar. Hahaha, lucu sekali Masnya ini.

Perlu diketahui lagi, EDC SPOTS selain pembayaran dengan Gopay dan kartu debit, beberapa bulan lagi bisa juga menggunakan kartu kredit. Mantap betullah karena SPOTS ini mesin EDC pertama yang punya opsi melakukan pembayaran 3 macam ini. Kalian juga bisa banget cek media sosial SPOTS di https://www.instagram.com/spots.id.


Harapannya ke depan, semoga makin banyak UMKM yang menggunakan Mesin EDC Gopay ini. Lumayan banget kan bisa bantu mengelola keuangan mereka. Jadi tidak lagi deh dagang lalu gulung tikar karena ketidakmampuan mencatat ini. Jika ada mesin tersistem yang membantu, kenapa kita harus susah coba? Mari manfaatkan teknologi yang ada.

Kalian sendiri ada yang sudah memanfaatkan Mesin EDC SPOTS untuk mengatur uang dagangan? Atau ada yang sudah pernah transaksi juga saat jajan? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

83 comments

lianny hendrawati said...

Mesin EDC SPOTS ini memang sangat berguna bagi para UMKM ya, bagi pembeli juga tentunya akan memudahkan transaksi, praktis sekali.
Wah itu mas penjual martabaknya sudah pakai mesin EDC SPOTS, keren deh, sudah melek teknologi dan mengerti kebutuhan jaman sekarang ya.
Eh, mendadak pengin martabak haha *OOT dikit :D

Jiah Al Jafara said...

Yap, jadi praktis memang. Masnya juga bilang gitu. Gak perlu catet2 bikin nota

Brillianty said...

Wah keren, pedagang kaki lima pun sekarang menggunakan Spots. Gak bingung nyari uang kembalian karena bayarnya non tunai.

Reyne Raea said...

Ih keren banget ya, saya bahagia banget nih, sering terjadi saya kesulitan beli makanan di kaki lima, gara-gara malas antri ambil uang di ATM, kalau ada mesin EDC gini kan, bisa cashless banget :)

Salut dah sama EDC gopay yang mengangkat UMKM menuju cashless juga :)

YSalma said...

Bikin laporan penjual manual itu memang lumayan bikin kepala keriting ya mba.
Untung sekarang ada mesin EDC Gopay Spots yang bisa digunakan oleh UMKM.
Pedagang dimudahkan utk laporan, konsumen punya beragam pilihan pembayaran.

Keke Naima said...

Praktis banget. Pdegang kaki lima pun jadi bisa pakai mesin ini. Pencatatan pun langsung rapi

Bety Kristianto said...

Sekarang makin banyak loh mba pengusaha UMKM yang pake mesin EDC ini. Emang praktis, murah biaya pemeliharaannya dan buat konsumen juga praktis. Gak usah bawa-bawa cash banyak-banyak.

ginanelwan said...

Kalau melihat dan bertransaksi langsung pke mesin edc spots sih blm, tp banyak informasi mengenai kemudahan mesin tsb

Rini Novitasari said...

asik ya kak skrg uk pun bisa pake mesin edc ini,, makin praktis dehh,,lgsg bisa nyatat trasaksi juga

Shyntako said...

Ini kalo dari sisi pelanggan sangat bikin nyaman dan memudahkan untuk memilih jenis pembayaran loh mba. Paling bete kalo di outlet terus kita pake mesin edc yang khusus bank tertentu, kan pasti kita kena charge biaya admin. Nah, bocor alus kaya gini nih yang big no untuk financial planning. Beda banget sama mesin EDC Spots ini pastinya membantu banget ya bagi para pelaku UKM mba dan pelanggan pun happy menentukan mau bayar pake apa.

ida tahmidah said...

Wah sports.i.i.sdh ada dimana mana mana bahkan di penjual gerobak aja ada yg sdh pake nih..


Linimasaade said...

Mesin EDC membantu banget nih buat para UKM jadi ngatur keuangan juga mudah.

Nia K. Haryanto said...

Wah, makin keren ya teknologi. Gak hanya pengusaha-pengusaha besar saja yang bisa mengelola uang secara terpadu dan cashless, tetapi para UKM juga. Semoga semakin banyak yang merasakan manfaat teknologi ini.

Lusi said...

Astaga, si adik cuci muka pakai duit, aku pengij mandi pakai duit 😆😂. Berarti ini bisa buat penginapanku ya? Sekarang sih pakai cash atau transfer. Tapi kalau pakai edc mestinya lebih mudah lagi karena tamu nggak perlu cari2 atm kalau kehabisan cash.

Indah Nuria Savitri said...

Aku liat sekarang banyak memang UNKM ya g pakai mesin ini ya mba.. dan asli praktis dan cepat

Uniek Kaswarganti said...

Keren juga ya para pedagang yang pake gerobak pun udah pake mesin EDC. Biaya penggunaannya ekonomis banget sih ya, jadi tidak memberatkan. Bagus juga untuk kontrol transaksi, semua sudah tercatat lengkap tinggal diprint aja.

Siti Hairul Dayah/ catatansiemak said...

Teman-teman UMKM pasti terbantu banget nih ya dengan SPOTS ini. Mudah juga pengoperasian nya.

Monica Anggen said...

wah keren euy babang martabaknya udah pakai mesin EDC. Bakal lebih praktis nih kalau jajan di sana, bisa bayar pakai aplikasi atau malah pakai kartu debit ya. Semoga makin banyak penjual makanan memanfaatkan teknologi begini biar yang suka cashless seperti saya terakomodasi dan tak ribet lagi sediain uang cash

Nyi Penengah said...

Sekarang udah banyak yang menggunakan ini Jiah
aku sering liat dan memudahkan banget para pelaku pengusaha untuk mengatur keuangannya
jadi bocor-bocornya aman.

Efi Fitriyyah said...

Aku pernah jajan bakso di pinggir jalan dan bisa bayar pake Gopay. Seneeeeng deh. Ya cashless ya ada cashbacknya hahaha. Jadi mesin EDC Gopay ini emang sangat bermanfaat buat siapa aja ya

Dian Restu Agustina said...

Ku sudah pernah pakai mbak. Di beberapa gerai makan di sekitar rumah ada yang sudah punya mesin edc gopay ini. Memang bakal memudahkan pembeli dan pemilik usaha ya. Keren nih inovasi Gopay dengan Spots nya! Dan saya ngiler dengan martabak dan kue Bandungnya haha

Nanik Nara said...

Mesin EDC SPOTS ini membantu banget ya bagi UMKM untuk pencatatan keuangan, pads akhirnya bisa ketahuan seberapa besar keuntungannya.

Yeni Sovia said...

Spots ini menurunkan sebuah teknologi yang memudahkan kita semua ya mba. Baik dari segi pembeli yang nggak perlu repot;repot bawa uang cash dan kita bisa bayar pakai gopay atau kartu kredit dan bagi penjual ini lebih banyak lagi keuntungannya karena pembukuan dan transaksi jual beli jadi lebih teratur, jelas, dan cepat ya. Aku jadi penasaran Siapakah penemu aplikasi dari mesin spots ini hihihi

Armita said...

Keren banget ini terobososannya, bergadang jadi lebih mudah dan tercatat dengan baik

Mutia Erlisa Karamoy said...

Aku udah nyobain nih bayar pakai SPOTS, Mesin EDC GoPay dan ternyata bisa pakai kartu Debit ya mbak meskipun masih terbatas pada kartu debit BCA. Asyiknya pas transaksi ngak ada minimal belanja, jadi belanja 20 ribu bisa gesek atau scan barcode...mudah banget. Tapi sayangnya belum semua merchant familiar dengan kartu debit, next mungkin perlu di sosialisasikan lagi.

Nurul Fitri Fatkhani said...

Dengan mesin EDC, jalannya bisnis para pelaku usaha seperti UKM bisa semakin lancar ya..
Pencatatan transaksi dan keuangannya bisa lebih rapi.
Pelanggan pun bisa lebih mudah untuk berbelanja, bisa online dan tanpa perlu bawa uang cash

Keke Naima said...

Saya pernah nih beberapa kali lihat mesin ini saat mana di resto. Suka juga lihat tampilannya. Terutama di bagian layarnya

Lidya Fitrian said...

Padhal menurut pakar keuanga uang bisnis gak boleh dicampur dengan uang pribadi ya jadinya pembukuannya gak bingung. Dengan adanya mesin EDC seperti ini membantu banget para UKM mengatur keuangan apalagi buat yang gak disimplin mencatat penjualan

Ria Rochma said...

pemikiran sederhana seorang pedagang ya mbak, minta kompensasi waktu libur. kalau dipikir-pikir, ada benernya, wkwkw...
aku udah sering transaksi di pedagang yang pakai SPOTS ini. praktis memang, tinggal scan ajah, udah selesai transaksinya.

Uniek Kaswarganti said...

Nah, itu dia Ji, masalah pembukuan yang kadang bikin morat-marit itungan ya. Kalau mas penjualnya udah pake SPOTS, enak tinggal print aja jadi tau udah ada transaksi apa aja.

Rachmanita AdindaRara said...

Aku seneng banget kalau ada mesin edc pembayarannya pakai gopay gini karena jadi lebih memudahkan kita buat berbelanja ya mbak

Ria Fasha said...

widih kece nih penjual martabaknya sudah mengguankan mesin EDC Gopay,
memang membantu banget mengelola pesanan juga dalam hal transaksi karena dia all in one

TIAN LUSTIANA said...

Kemajuan teknologi ini bikin seneng yah, para UMKM yang tadinya ga paham pembukuan jadi paham deh sekarang soalnya ada yang bantu nih aplikasi kece, seneng juga mesin EDC ini andalannya para cashless macam saya.

Lina W. Sasmita said...

Wah sudah sampai di pedagang-pedagang jajanan malah ya mesin SPOTS ini. Keren. Banyak masyarakat yang diuntungkan dengan adanya mesin ini.

Mega Rachma said...

Wow spots mesin edc andalan ya, cukup bayar pemeliharaan 5000 udah dapat segala banyak fitur terutama untuk mempermudah mengelola keuangan bagi para pedagang. Bisa nih aku rekomendasikan pada ibuku

Utie Adnu said...

Memakai medin EDC Gopay ini jd ngebantu bngt ya mba kekitanya praktis terus pemilikny juga jadi mudah mnghitung transaksi

Larasatinesa said...

Alhamdulillah ya mba, udah banyak pedagang / UMKM yang pakai SPOTS. Aku sebagai pembeli juga sukanya bayar pakai gopay, males bawa cash banyak-banyak soalnya. Hehe.

Nia K. Haryanto said...

Aku lihat, di sini pun udah banyak lho yang pake mesin EDC Gopay kayak gini. Toko-toko kecil padahal.

lendyagasshi said...

Harga sewanya yang sangat terjangkau ini memungkinkan semua pelaku usaha yang masih awal pun bisa menggunakannya yaa, Jia...
Sangat membantu sekali...EDC Gopay, SPOTS.

Damar Aisyah said...

Tetanggaku jual capcay juga pakek SPOTS mbak. Ya emang sih dia gabung Gojek juga, jadi memang memudahkan costumernya terutama pembeli yang memanfaatkan gopay.

Luluk RA said...

Bener banget, pencatatan keuangan buat pedagang itu penting. Adik saya bangkrut gaa-gara uang pribadi dan uang usaha dicampur.

Dzulkhulaifah said...

Mesin EDC SPOTS ini bisa untuk jualan selain makanan kan ya, Mbak? Jadi tetangga saya kan jualan kosmetik keliling gitu. Dia pakai catatan di buku. Bukunya ada banyak banget sampai kadang dia sendiri lupa pendapatan hari itu ada berapa. Mau saya rekomendasikan SPOTS ini biar dia makin gampang kelola uang dan ada laporan jelasnya.

Artha Amalia said...

jd bisa bayar pakai kartu debit jg ya. mana bs banyak pilihan kartu debit, lagi. asyik banget beli makanan pakai cashless, gak ribut itung kembalian

diane said...

Harga layanan SPOTS yang terjangkau bikin semua kalangan pebisnis bisa memakainya ya..keren...Pengusaha makanan skala kecil pun terbantu dengan SPOTS ini..

Marfa Umi said...

Hei si adek lagi bongkar celengan yaaa? XD he eh nih kak spots ngebantu banget karena dengan mesin sekecil itu bisa membantu percepatan petumbuhan bisnis untuk usaha kecil dan menengah ya. all in one device pula :D

Ruli retno said...

Keren banget sih yg menciptakan alat sekecil ini. You know kan mesin kasir segede gaban dan harganya jutaan

Nining said...

di Malang kan banyak ya foodcourt di pinggir jalan gitu, dan kulihat kalo pas lagi bayar itu udah banyak medagang yang menggunakan mesin EDC model begini.

Apalagi ngeliat fitur menunya imut banget, baru tau kalo ini ternyata dari GoJek.

Peri Hardiansyah said...

Jadi lebih modern dan cepat ya, lebih rapi juga. Memang sudah saatnya UMKM jadi lebih maju.

Khoirur Rohmah said...

Aku juga banyak nemuin mesin EDC SPOTS ini di kafe kekinian yg ada di Jember mbak. Lumayan membantu banget buat para pemilik umkm nih hehhee 😍

Nurul Fitri Fatkhani said...

Selain pelaku usaha yang terbantu dengan adanya mesin EDC, pelanggan juga bisa dapat banyak diskon kalau beli secara online ya...

Jiah Al Jafara said...

Sekarang banyak yang pakai Mbak. Jadi memang bantu sekali

Jiah Al Jafara said...

Iyap, kalau beli online ada macem-macem diskonan. Ini yang bikin mupeng

nurul rahma said...

Kolaborasi GoPay dan UMKM ini kerennyaaaa pake banget yaa
Pokoke MAJU TERUS UMKM Indonesiaaaa

Tukang Jalan Jajan said...

Mesin EDC sudah sepatutnya dimiliki oleh semua toko deh... atau semua layanan. pengalaman saya di India, naek bis butut aja udah ada mesih EDC nya yang diiket dipinggang kondektur. Agak kaget awalnya tapi jauh lebih memudahkan emang sih

Mugniar said...

Semoga semakin banyak UMKM di seluruh Indonesia yang menggunakan mesin EDC Go SPOTS ini

lendyagasshi said...

Bahagia nya para pelaku bisnis dengan segala kemudahan yang ditawarkan EDC Gopay SPOTS.
Dari mulai mengklasifikasikan menu, pencetakan resi hingga laporan keuangan harian. Semua beresss...

April Hamsa said...

Zaman now makin banyak gerai yang pakai EDC Spots ini keknya ya mbak. Sering nemu soalnya di gerai2 makanan yang kujumpai :D
Enak sih mempermudah kalau mau beli2 gtu :D

Farhandika Mursyid said...

Sebenarnya tidak hanya di gerai makanan tok yang pake sistem mesin EDC kayak gitu (sumpah, aku baru tahu mesin itu namanya EDC, selama ini aku pikir mesin kasir online), waktu aku ngantar laundry juga mereka pakai itu. Sepertinya, memang keren. Jadinya, sudah termonitor itu pemasukan sama pengeluaran. Semoga semakin banyak UMKM yang menerapkan ini. Amin.

Riska Ngilan said...

Semoga mesin EDC SPOTS bisa segera dipakai oleh semua pelaku UMKM di Indonesia. Membantu banget dalam pembayaran dengan metode cashless apalagi jajan martabak di abang pinggir jalan.

Susi Susindra said...

Aku belum pernah pakai EDC gini. Payah banget, ya. Mana lama ga pernah jajan di resto/warung kekinian, pula. Yuk, jalan-jalan lalu share cost seperti biasa. Kangen aku.

Tetty Hermawati said...

iya bener lebih praktis,dan enaknya catatan keuangan jdi keliatan tanpa repot nyatet2 lagi jadinya

Sugi Siswiyanti said...

Gopay inovatif banget ya,Ji, terpikir bikin teknologi SPOTs di mesin EDC. Ngomong - ngomong, aku selalu suka dan tenang kalo lihat ada mesin EDC di kasir. Pertanda ada pilihan pembayaran selain tunai. huehehe...

Nchie Hanie said...

Di tukang Martabak langganan aku gaya banget juga nih udah pake mesin EDC, katanya biar kekinian Bu, eaaaa...
emang praktis, simple,..

Anisa Deasty Malela said...

Kalau memiliki mesin EDC ini para pedagang pasti lebih dipermudah ya, selain dalam transaksi, juga dalam pencatatan ya Kak

Herva Yulyanti said...

Waktu aku beli soto di tempat langgananku aku kaget ada mesinedc spots ini hahaha keren ya sekarang mba semakin mudah untuk transaksi

Linimasaade said...

Aamiin mbak saya juga ingin berkata demikian.

Mpo Ratne said...

Benar mba kalau saja tidak main campur uang pribadi dan bisnis, mungkin usaha si boss berjalan sampai sekarang.

Mesin EDC membantu karyawan untuk melakukan kesalahan perhitungan sehingga tidak rugi

Lidya Fitrian said...

aku juga mupeng apalagi kalau di traktir Jiah :) Gak usah bawa uang cash ya nanti pakai EDC aja bayarnya

Dewa Ayu Inda said...

saya sebagai konsumen lebih seneng malah kalau bayar pake debt, karena kalau pake debt gt kan ada catatan transaksinya di rekening koran jadi ketauan duitnya kemana aja, semoga makin banyak pelaku usaha menyediakan mesin edc, cocok bgt buat yang suka males ke atm hehe

Siti Hairul Dayah/ catatansiemak said...

Sekarang memang eranya belanja ga perlu bawa duit cash lagi ya mbak. Dimudahkan sama teknologi

Ida Raihan said...

Mesin EDC Sport ya. Noted. Siapa tau rencana buka toko bisa segera terealisasi ke depannya bisa buka usaha lagi bisa nyoba pake ini. Makasih infonya Kak.

Jeanette Agatha said...

Mesin EDC SPOT ini sangat bermanfaat utk UMKM dan pembeli juga. Karena skrg zamannya cashless jadi ketolongan banget kalau smua pedagang uda pakai mesin EDC kaya gini 😊

Arda Sitepu said...

Mesin EDC ini memudahkan pedagang banget ya mbak. Apalagi dengan spots sangat membantu pembukuan pedagang.

Desy Oktafia said...

Ammiin
Semoga harapannya terkabul.

Saya juga senang menggunakan gopay.
Praktis !

Ida said...

Iya ini keren ya mamang2 yg pke gerobak jg skrg lebih profesional ya..

Siska Dwyta said...

Makin canggih aja ya teknologi , dengan hadirnya Mesin Kasir EDC Spots ini. Transaksi pembayaran juga jadi lebih praktis dan memang cocok banget nih digunakan oleh para UMKM.

Yoanna Fayza said...

Di sekitar saya udah banyak banget UKM kuliner yang pakai spots, senang liatnya, banyak yang makin melek teknologi

Silviana said...

Sekarang emang lagi gencar-gencarnya cashless ya. Simpel dan cepat lagi. Udah gak bingung cari kembalian. Saya sendiri juga suka pakai cashless aja.

Nyi Penengah said...

Barokallah sangat membantu sekali i ni ya Jiah jadinya
pelaku usaha jadi nggak ribet ngurusin itungan duit, bisa langsung make EDC

Noorma Fitriana M. Zain said...

Memudahkan sekali yaaa.. kudu bisa ikut berkembang sekarang ini ya

Uniek Kaswarganti said...

Udah cucok lah kalau pedagang pakai SPOTS ini. Jadi ga perlu puyeng lagi mikirin bikin laporan keuangan. Tinggal cetak aja melalui aplikasinya, beres.

Rini Novitasari said...

Keren euyyy. Gak terbatas kelas usaha.. Bahkan bakul martabak aja skg bisa cashless. Lebih aman. Lebih praktis... ..i love tekno.. Hahahah

Eka Rahmawati said...

Saya baru tahu nih soal Mesin EDC. Belum pernah dengar hehehe. Tapi dari penjelasan Mba Jiah mesin ini sangat membantu sekali untuk mengatur keuangan yaa. Terima kasih sharingnya ya