Untuk Jiah di Tahun 2030

October 09, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Hai, Jiah. Apa kabar? Masih ingat saya, Jiah 2020?

Pertama, saya berdoa semoga kamu masih diberikan umur panjang, kesehatan dan kebahagiaan sehingga bisa membaca surat ini. Kedua, saya tidak tahu harus memulai dari mana. Saya menulis ini karena sedang mengikuti OWOP dan mendapatkan tema: Surat Untuk Diri Sendiri 10 Tahun Lagi.


Saya tidak akan membayangkan Jiah 2030 akan seperti apa dalam segi fisik. Namun, saya hanya ingin bertanya, apakah kamu masih menulis? Apakah blogmu masih aktif? Apakah kamu sudah menguasai Google Analytics atau Search Console? Sudah nyairin Adsense sebulan sekali? Sudah berapa tulisan yang masuk page one?

Saya tidak akan menanyakan hal personal entah pernikahan, anak atau lainnya. Saya ingin tahu apakah kamu masih tetap menulis atau tidak karena menulis sudah jadi bagian besar hidupmu sejak lama. Ingat kah kamu bahwa blog ini dibuat tahun 2010 meski kamu baru benar-benar mengisinya di tahun 2011? Jiah 2030, berarti itu sudah 20 tahun kan? Bukan kah luar biasa?

Di tahun 2011 kamu begitu semangat menulis banyak hal. Rumah Maya seperti layaknya diary yang bebas dibaca siapa saja. Setelahnya kamu lebih banyak memilah, mana yang bisa kamu ceritakan pada khalayak, mana yang akhirnya kamu simpan sendiri.

Saya tahu, untuk menulis bukan perkara mudah. Saya tidak tahu bagaimana kehidupanmu di 2030. Tapi saya berharap, kamu tetap menulis. Doa saya, semoga kamu bertemu pasangan yang mau menerimamu apa adanya termasuk soal dirimu yang Blogger, menuliskan apa saja.

Saya tidak ingin kamu menyerah meski nanti kehidupan akan ada naik turunnya. Jangan sampai kamu menghapus blogmu karena itu adalah catatan kehidupanmu. Kamu menulis kisahmu sebagai sebuah kenangan. Kamu menulis untuk mengingat jika mungkin kamu melupakan banyak hal. Kamu menulis karena itu jadi terapi jiwamu. Jadi jangan tinggalkan itu.

Saya berharap siapa pun yang menjadi pasanganmu, dia akan mendukungmu dalam dunia tulis menulis. Kamu lebih dulu menulis, baru bertemu dengannya. Jadi dia harus menerima dirimu yang memang seperti itu adanya.

Mungkin hanya seperti ini saja apa yang saya tulis untuk Jiah 2030. Saya juga akan menulis ini di e-mail dan mengirimkannya tepat 10 tahun lagi agar kamu tidak lupa. Tetaplah sehat fisik dan mental. Berbahagialah. Tapi jika kamu sedih, itu juga tak apa-apa. Hidup kan memang seperti itu.

Sampai jumpa!

You Might Also Like

26 komentar

  1. Hai Jiah 2030, bagaimana harga perpanjangan domain?
    masih sama 10 dolar kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya 10 tahun lagi yaaaa. Semoga gak naik hahaha #Ngarep

      Delete
  2. hmmmm, abis baca ini jadi terinsipirasi bikin postingan buat masa depan juga nih.. berasa naro kapsul waktu di blog yaaaa.. nanti mau bikin juga aaahhh.. hihi

    ReplyDelete
  3. Semangaaattt selalu Jiah.
    Semogaaa kita selalu dalam lindungan Allah ta'ala.
    Senantiasa jadi orang baik.
    aamiiiin

    ReplyDelete
  4. Aku doakan Jiah tetap menulis di tahun 2030 mudah-mudahan aku juga ya ampun udah tua berarti aku :-D
    Postingan dramanya di lanjut yaaa

    ReplyDelete
  5. Hai Jiah Doakan juga tahun ini ( nggak usah nunggu nanti. ahahha ), aku bisa mencairkan gugel adsense tiap bulan. Aaamiin.. Semangat ya mbak, semangat untuk saya juga :)

    ReplyDelete
  6. Idenya boleh juga nih. Iya ya, sepuluh tahun lagi kira-kira gimana ya refleksi diri kita. Apakah kita masih rajin menulis? Masih rajin baca dan nonton film? Semoga aja masih ya Jiah.

    ReplyDelete
  7. Semoga semakin sukses ya Jiah di tahun 2030...
    Sampai jumpa di 1 dekade mendatang

    ReplyDelete
  8. aku pun juga selalu berusaha nih minimal satu minggu satu blogpost. kok aku jadi pengen juga bikin tulisan 10 tahun mendatang, aku hanya ingin sehat dan selalu bahagia.

    ReplyDelete
  9. Wah menginspirasi deh...aku jadi pingin bikin untuk diri sendiri...Sementara ini bikin email ke email anak pas ulang tahunnya, pengennya pas dia gede baca hehehe

    ReplyDelete
  10. Ya ampun Ji, aku jadi inget pernah niat mau kirim imel gitu ke akun anakku tiap berapa tahun terus nanti akunnya dikasih kalo dia udah umur sekian.

    Untuk Jiah di tahun 2030, semoga sehat-sehat selalu, yaa. Dan teruslah menulis.

    ReplyDelete
  11. Bagus juga nih ide postingannya.
    Wait, tahun 2030 berarti 10 tahun lagi yaa. Hmm..apa yaa harapan saya di usia 39 tahun nanti. Ya ampun, udah tua bener~

    ReplyDelete
  12. Terus aku jadi ikutan mikir, 10 tahun lagi apakah masih tetap nulis misalkan usia masih di badan? Nah loh, usiaku udah tua dong ya, dan siapa yang tahu udah ada cucu yang manggil eyang putri, hihihiii

    Semoga Jiah pun tetap berkarya, menulis drakor di blog ini yaa

    ReplyDelete
  13. Yess tetep semangattt ..kita gak pernah tahu ya 2030 nanti kondisi kita dan lingkungan seprti apa...tapi semoga baik,indah,nyaman,aman,tentram,bahagia...dan masih kuat menulis...

    ReplyDelete
  14. wah asyik juga ini tantangannya, menulis surat untuk diri sendiri 10 tahun ke depan.

    Semoga 10 tahun lagi tetap bisa baca tulisan-tulisan Jiah

    ReplyDelete
  15. Hai Jiah tahun 2030. Semoga saat Jiah dalam kondisi baik dan selalu semangat nulis. Semoga juga saat itu saya masih bisa baca tulisan-tulisannya Jiah.

    ReplyDelete
  16. Wah, tulisan untuk kak Jiah 10 tahun ke depan yaa, moga tetap semangat menulis ya kak dan tentu saja blognya tambah keren dengan tulisan yang menginpirasi

    ReplyDelete
  17. Halooo Jiah!
    semoga terus menulis yaa. Akupun nih, mau ada job atau tidak, menulis sudah ku mulai dari dulu sebelum kenal cuan, hahah. Sooo keep writing!
    eh kalo hapus tulisan nanti broken link dong. Di-edit aja kali yaa

    ReplyDelete
  18. Halo Ji... Semoga tahun 2030 masih terus menulis ya. Tetap berbagi hal hal positif. Kira kira 2030 masih nulis drama korea nggak yaaa xixi

    ReplyDelete
  19. Waah Jiah berhasil memenuhi tantangan OWOP kali ini. Saya udah tumbeng duluan, karena bingung mau nulis apa wkwkwk.
    Baca surat Jiah ini, sebenarnya jadi ada ide untuk menuliskannya, tapi waktunya udah kadaluarsa kayaknya, minggu ini udah ada tema lain hihihi

    ReplyDelete
  20. mengingatkan aku sama resolusi yang aku tulis di tahun 2015 dan alhamdulillah terwujud gak sampai 5 tahun. memang memotivasi banget sih bikin tulisan seperti ini

    ReplyDelete
  21. Udah lama aku ga nulis untuk diriku sendiri deh. Sepertinya ide menarik ini untuk bisa dibaca oleh kita dimasa yang akan datang. Makasih inspirasinya Jiah. Tetap semangat ya...

    ReplyDelete
  22. Apakah komenku ini juga akan dibaca oleh Jiah 2030? Kalau iya, aku doain semoga Jiah 2030 yg lagi baca dalam keadaan sehat dan bahagia... seru ya nulis buat diri sendiri di masa depan gini.

    ReplyDelete
  23. Wah seru nih, aku tau ini collabs dr grup apa hehe :D
    Semoga 10 tahun lagi kita semua masih diberi kesehatan dan rezeki usia panjang supaya bisa tetap menulis dan menghasilkan karya yang bermanfaat buat org lain ya :D
    Aamiin didoain ketemu soulmate yg dukung ngeblog :D

    ReplyDelete
  24. Halo Jiah 2030?
    Masih ingatkah dengan ku yang entah uda berusia berapa...
    Uhuhuu~
    Semoga kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik, bermanfaat dan mature.
    Oh ya, jangan lupa untuk selalu bersyukur yaa...

    ReplyDelete
  25. Hai Jiah 2030, Apakah kita masih satu grup atau sudah lupa semoga masih ingat sama aku ya hahah

    ReplyDelete