Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Gara-Gara Car Seat

Beberapa hari ini ramai perbincangan soal Ragil yang mengingatkan Fuji soal Gala yang harusnya memakai Car Seat saat berkendara. Lucunya banyak yang kontra. Apa sih fungsinya? Apakah perlu untuk anak kita?

Ketika nonton video Ragil Mahardika di Tiktok, jujur saya setuju 100% dengan apa yang disampaikan. Saya sendiri juga memasukkan Car Seat dalam Persiapan Membeli Mobil. Lucunya, Media menggoreng sampai segitunya.

fungsi dan cara pasang car seat

For your information, Fuji merupakan adik ipar dari Vanessa Angel. Dia sedang naik daun dan dijodohkan dengan Thariq Halilintar. Saya tidak akan membahas kisah asmaranya apalagi soal Keluarga Kakak Iparnya.

Seperti yang kita tahu, Vanessa Angel dan suaminya Febri Ardiansyah mengalami kecelakaan di Jalan Tol Nganjuk - Surabaya ruas Jombang KM 672+400A November 2021 lalu. Mereka berdua meninggal dunia. Dalam peristiwa tersebut, 3 orang yang selamat yaitu Gala putra semata wayang mereka. Lalu Siska suster Gala dan Tubagus Jordy, supir yang mengendarai mobil tersebut.

Ketika melihat Tiktok Fuji bersama Gala di mobil, Ragil mengingatkan soal perlunya menggunakan Car Seat. Respon Fuji sendiri baik, tapi ada saja komen yang kontra. Ribetnya pakai Kursi Bayi dan anaknya nangis, inilah, itulah dan banyak lainnya.

Kursi Bayi di Mobil atau Car Seat berfungsi untuk melatih kemandirian anak sejak dini. Ini juga untuk menahan tubuh bayi dan balita dari terlempar saat terjadi benturan keras pada kecelakaan. Jadi bisa meminimalisir risiko bayi meninggal dalam kecelakaan tersebut. Manfaat lainnya yaitu agar Orangtua terhindar dari Kelelahan dan bisa fokus berkendara.

Cara memasang Car Seat:
  • Pilih sesuai usia dan berat badan
  • Pasang di kursi bagian tengah
  • Usia di bawah 2 tahun, hadapkan ke belakang. Di atas usia itu, bisa menghadap ke depan
  • Pasang sabuk pengaman dengan tepat dan erat

Cerita Tentang Mobil dan Car Seat


Gara-Gara Car Seat dan Nitizen yang kontra dengan video Ragil, saya jadi ingat akun Youtuber bernama Neo Japan. Ada banyak video tentang dia yang akhirnya membelikan mobil untuk istrinya dari hasil YouTube. Bukan hanya Cerita Tentang Mobil dan Car Seat, tapi juga segala ujian yang harus dilewati saat membeli kendaraan tersebut di Jepang.

Ternyata, membeli mobil di Jepang itu bukan hanya asal punya uang. Ada banyak sekali syarat yang harus dipenuhi. Iya, kebijakannya memang jauh berbeda dengan di Indonesia. Ini dia syaratnya:
  • Pembeli wajib punya SIM dan ujian membuat SIM di Jepang itu tidak mudah serta mahal. Ada sekolahnya dan biaya mencapai 40-an juta
  • Wajib punya tempat parkir. Bisa sewa dengan biaya yang lumayan menguras kantong. Jadi enggak boleh parkir sembarangan apalagi di depan rumah Tetangga. Bisa kena denda
  • Wajib punya asuransi
  • Car Seat adalah barang wajib untuk yang punya anak

Dan masih banyak lagi termasuk soal pajak dan kelayakan jalan. Betulan ribet sih kalau mau punya mobil. Itu Neo Japan saja sampai tes SIM 3 kali baru akhirnya lulus. Lalu, sebelumnya mobil disupiri siapa? Istrinyalah. Enggak mungkin dia (yang belum punya SIM) karena bakal ditangkap polisi. Orang asing mau macam-macam.

Ketika mobil sudah diantar, yang pertama dipasang adalah Car Seat sebab ada anak batita. Lalu mereka latihan naik mobil karena meski punya SIM, istrinya sudah lama tidak mengemudi. Anaknya saat di kursi Bayi pertama kali tuh nangis mulu. Memang belum terbiasa kan. Kalau sekarang sih sudah aman jaya.

Di Indonesia, Car Seat memang bukan hal wajib. Namun menurut saya, tak ada salahnya punya. Malah harus agar anak juga nyaman serta aman. Memang di awal akan drama, tapi ya balik ke kebiasaan orangtuanya.

Begitulah cerita Gara-Gara Car Seat. Kalian sendiri tim mana? Setuju pakai Kursi Bayi atau tidak? Coba share di kolom komentar ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

27 comments

  1. Kalau belajar dari kecelakaan itu sih, car seat memang penting banget untuk keamanan si kecil. Xixi gemas sama kisah mereka, salut sama Fuji yang ngerawat Gala dengan baik.

    ReplyDelete
  2. Di beberapa negara memang mewajibkan anak duduk di carseat nih gak boleh dipangku karena untuk keselamatan. Cuma kalau di sini masih pro kontra ya.
    Nah enak tuh ketentuan di Jepang wajib punya tenpat parkir, kalau di sini kan kadang ada yg ga ngerti menghalangi jalan :)

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya perlu banget sih ada car seat buat bayi maupun balita di mobil. Terkadang si kecil lebih suka dipangku atau digendong disayang2 sih. Tapi ada baiknya sedia car seat jadi berkendara hati tenang dan aman. Di Jepang memang ketat banget segala peraturannya tapi bagus demi keselamatan bersama.

    ReplyDelete
  4. Menurut saya kalau membawa bayi dan yang punya mobil mampu, memang lebih baik mendudukkan mereka atau bayi tersebut maksudnya di car seat khusus. Itu jauh lebih aman daripada digendong. Karena saat terjadi benturan gendongan akan lepas tapi kalau seat belt insyaallah tidak

    ReplyDelete
  5. Waktu Mba Ade ke Singapur juga, kalau naik Grab - waktu itu anak kedua masih balita - ini harus pilih Grab yg punya car seat. Dan saya pun pernah baca, di KL pun wajib pakai car seat. Jadi mau anak ngamuk2 kek, ya udah biar aja, daripada kena tilang. Tapi yg terpenting memang, biar anak aman ya.

    ReplyDelete
  6. Saya tim Car Seat dong
    Saya pindahan ke Amerika saat si bungsu umur 2 bulan. Dan di sana beli mobil plus car seatnya karena ada aturannya. Mulai yang buat bayi, batita, balita...
    Jadi aman. Semua penumpang juga pakai seatbelt .
    Jadi sekarang serumah di Jakarta terbiasa di mobil pakai seatbelt semua. Dan sering dilihat aneh sama yang lain kwkwkw

    ReplyDelete
  7. Saiyaa team pengguna carseat sejak anak2 bayi maak. Karena hidup tanpa ART bosen dirumah saya ajak anak2 jalan keliling komplek atau blanja di supermarker dekat rumah makanya carseat sangat bermanfaat buat saya dengan 2 anak selisih 2,5 th waktu itu.

    ReplyDelete
  8. Dulu saat anak-anak saya masih baby belum sampai 1 tahun saya masih memangku anak di mobil.Memang berasa ya pegalnya.Kalau zaman bisa dimundurkan tentunya aku lebih memilih memakai Car Seat karena ini lebih safety ya

    ReplyDelete
  9. Iya, emang sangat penting pakai car seat saat bawa bayi dalam mobil
    Semua buat keamanan
    Ah, namanya netizen sering gitu ya mbak
    Hal yg benar kadang dipermasalahkan

    ReplyDelete
  10. Menurutku sih penting banget car seat ini,safety buat anak2 dan bisa menjaga hal2 yang ga diinginkan. Udah banyak ko yang pake circle aku,yang punya anak2 kecil jadinya emaknya anteng nyetir anaknya duduk maniss jugaa.

    ReplyDelete
  11. Aku setuju sih, menurutku emang lebih enak pakai car seat. Orang tua juga nggak cape harus pangku anak. Btw baru tau deh negara pembuat mobil nerapin aturan seketat itu buat warganya yang mau punya mobil. Coba Indonesia bisa gitu ya

    ReplyDelete
  12. kalau di luar negeri car seat ini memang wajib banget ya disediakan kalau kita mau bawa bayi atau anak-anak. sedangkan kalau di Indonesia kayaknya masih perlu sosialisasi lagi.

    ReplyDelete
  13. Iya bener banget mbak, saya juga pernah merasakan tinggal di jepang dan cara seat memang wajib ada di mobil yang punya balita. Sayangnya di Indonesia engga ketat ya, jadi makanya ada pro kontra itu

    ReplyDelete
  14. Aku pribadi pas anak-anak masih bayi gak ada yang pake car seat.
    Yah, salah banget memang.
    Apalah aku yang nyetir mobil sambil momong kaka dan mangku adik yang masih menyusui.

    Biasanya andalan...emm, bawa asisten sekalian.
    Kalo kefefet, anaknya diajakin ngobrol tapi dipakein seat bealt.

    Kudunya, harusnya dan sebaiknya memang menggunakan car seat.

    ReplyDelete
  15. Iya car seat untuk anak penting banget, tinggal ortu saja yang membiasakan anak ya agar terbiasa duduk di sana. Ala bisa karena biasa kok..

    ReplyDelete
  16. aku selalu pakai car seat mba.. apalagi kalau sedang ngga di Indonesia kita memang wajib gunakan ini untuk anak - anak, termasuk booster untuk anak - anak yang mulai besar. untuk keamanan kita semua jugaa

    ReplyDelete
  17. Wah susah ya syarat untuk bisa memiliki mobil di jepang. harus punya SIM dulu, hihi... kalau di sini nggak punya SIM pun bisa punya mobil, ngurus SIM kalau sudah punya mobil.

    Hmm... terus saya kepikiran, apa karena ini mobil Jepang membanjiri negara kita ya.

    ReplyDelete
  18. Jujur, pas anak2 masih balita, aku bukan pengguna car seat (pengakuan dosa) :D.
    Masih tipikal orang kebanyakan yang banyak alasan :D (tidak patut ditiru). Salah satu alasannya pas anak masih bayi kan mereka ASI. Jadi, seringnya di perjalanan sambil meng-ASI-hi. Sekarang anak-anak sudah mulai besar, dan jadinya perlu effort utk membiasakan mereka pakai seat belt saat di belakang.

    Apa harus semua kursi ada sensor bunyi ya (jangan hanya seat depan saja). Jadi yang di kursi belakang pun akan pakai seatbelt karena diingetin alarm.

    ReplyDelete
  19. Iya nih di sini gak ada aturan tegas soal penggunaan car seat ya, suka gemes kalau ada anak kecil bayi, berdiri2 di mobil bagian depan. Kadang driver juga mangku sambil nyetir kan serem dan bahaya huhu. Karakter2 gini perlu diubah yaaa entah kapan bisa terealissi nih ke 100% penduduk huhu

    ReplyDelete
  20. bagus juga sih mba pakai car seat dari segi keamanan lebih memproteksi selama berkendara. tapi ... yang gede aja belum pakai seat belt. Kudu ditegaskan lagi kali yaa supaya lebih disiplin selamat berkendara.

    ReplyDelete
  21. Batita memang lagi lincah-lincahnya ya. Aku tim yang cari aman saja. Kalau ada yang lebih aman, harusnya kita upayakan dengan baik. Seminimal mungkin membawa bayi atau batita di kendaraan juga lebih baik. Jadi ketika urgen saja. Safety first.

    ReplyDelete
  22. Penting banget deh pake car seat ini. Mau itu perjalanan dekat atau jauh, di pinggir atau di tengah, harus selalu pakai car seat. Biar tenang dan aman tentu saja :)

    ReplyDelete
  23. aku team yang setuju meski anak udah gak butuh itu lagi, tapi demi kenyamanan semua termasuk utamain si anak, yah wajib dong pakai car seat ini

    ReplyDelete
  24. Memang penting banget ya car seat buat anak bayi. Ya setuju banget lah buat pasang car seat, biar aman dan ortu juga tenang. Memang ada aja komentar netizen :)

    ReplyDelete
  25. Aku pernah baca hasil penelitian bahwa lebih banyak bayi yang selamat selama mereka di dalam car seatnya ketimbang tidak menggunakan car seat. Makanya di luar kan wajib pake car seat.

    ReplyDelete
  26. Aku nonton video Fuji dan Ragil, terus cara Ragil memperingatkan itu sopan banget pakai Mohon maaf, ya pakai car seat emang ribet sih tapi kan buat keamanan.
    Kzl nya lagi, Fuji dan Ragil sempat trending tapi bukan karena car seat aja, apalagi masalah pribadi Ragil dikorek...

    ReplyDelete