Yakin Beli Mobil? Ini Dia Alasan Dan Persiapannya

November 30, 2021

"Mobilnya Mbak S baru. Yakin mau beli juga?"
"Uang pajaknya lumayan buat beli emas."

Begitu sekilas obrolan singkat saya dengan Mbak perihal Tetangga yang baru membeli mobil dan mau bancakan. Kalau saya tipe tetangga yang panas, pasti auto ribut karena Tetangga Samping Rumah juga beberapa bulan lalu beli mobil. Memang seberapa penting punya kendaraan roda empat ini? Apa alasan dan persiapannya?

alasan dan persiapan beli mobil

Musim Pandemi dan memakai kendaraan umum untuk bepergian memang jadi cerita yang lumayan menantang. Jika jarak yang ditempuh bisa pakai motor, ya oke. Adakalanya kita mau sekalian pergi bersama keluarga sehingga harus memakai kendaraan roda empat. Sebenarnya sekarang banyak rental mobil yang bisa kita gunakan. Namun lebih menyenangkan jika itu milik pribadi.

Ada 2 alasan kenapa saya nanti membeli mobil, yaitu:
  1. Punya uang. Jika punya uang, maunya beli ini itu termasuk mobil. Duit mau dibuat apalagi selain dibelikan barang? Yang tidak punya pun rela kredit. Uang bukan masalah. Alasan kedua yang paling utama
  2. Urgensi. Apakah saya butuh mobil? Apakah ini hal yang benar-benar mendesak? Jika memang iya dan punya uang, saya mungkin akan memutuskan membeli kendaraan roda empat

Saya tipe yang mengutamakan kebutuhan daripada keinginan. Kalau hanya gara-gara hareudang sama Tetangga yang punya kendaraan baru, alasan ini sih enggak banget. Bahkan banyak Tetangga yang punya mobil hanya untuk punya. Pakainya sesekali bahkan ada juga yang cuma diam di rumah orang tuanya. Menurut saya, ini termasuk merugikan.

Berkaca dari hal tersebut, ini dia persiapan sebelum membeli mobil:


persiapan beli mobil

  • Keuangan dan Anggaran
Ini jadi persiapan yang wajib saat membeli apa pun. Jangan sampai karena beli mobil, kita tidak punya uang untuk makan. Penuhi dulu kebutuhan pokok sandang, pangan dan papan baru ke lainnya. Jika pun memilih kredit, maka pilih yang uang muka rendah dan suku bunga ringan.

  • Garasi
Menurut saya, ketika membangun rumah itu wajib ada garasi entah nanti punya kendaraan atau tidak. Di mana-mana itu, bangun tempat dulu baru diisi. Jangan sampai parkir sembarangan bahkan di rumah tetangga. Itu namanya tidak tahu diri. Ini bisa merugikan orang lain bahkan diri sendiri karena akan rawan terjadi hal yang tidak diinginkan.

  • SIM
Seperti garasi, sebelum punya kendaraan ada baiknya kita membuat SIM terlebih dahulu. Biasanya ada kursus mengemudi. Selain diajar oleh profesional, kita juga lebih mudah mendapatkan SIM.

  • Car Seat
Untuk yang punya anak kecil, budget untuk Car Seat juga wajib disiapkan. Ini demi kenyamanan dan keamanan buah hati.


  • Mobil Bekas
Saat pertama kali punya kendaraan, maka mobil bekas adalah pilihan saya. Alasan pertama pasti harga. Lalu alasan lain adalah misalnya latihan dan amit-amit penyok, kitanya enggak nangis tersedu untuk perbaikan.

  • Survei Mobil, Kondisi, Perbandingan Harga, dan Surat-surat
Sebelum membeli, kita wajib cek mobil. Mulai dari kondisi, fitur keamanan, keselamatan & kenyamanan bagaimana. Bahan bakarnya irit atau tidak, dan juga Test drive.

Kita juga cari perbandingan harga dengan fitur-fiturnya apa sesuai atau tidak. Yang tak kalah penting adalah perihal surat-suratnya. Kalau bisa pilih yang masih satu Provinsi agar mudah dapat pengurusan balik nama dan lainnya.

  • Pertimbangkan Biaya Perawatan dan Biaya Pajak yang Harus Dikeluarkan
Ketika punya kendaraan, jangan hanya berpikir soal modelnya yang kekinian, tapi juga biaya perawatan dan pajaknya. Servis berkala itu wajib dan jangan lupa untuk cari yang mudah diperoleh spare parts-nya. Kalau bisa ya di bengkel resmi. Soal pajak penjualan atau pajak tahunan juga wajib ada budgetnya.

  • Asuransi
Sebenarnya ini tergantung kebutuhan apalagi jika mobilnya mahal. Ingat juga bahwa jenis asuransi mobil itu banyak. Jadi pilih yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Cari Mobil di Auto 2000 Digiroom


auto 2000 digiroom

Baru-baru ini saya iseng cek tentang mobil. Saya pun memilih Toyota karena melihat dari pasarannya dan dijual lagi pun gampang. Yang tak kalah penting adalah onderdil yang mudah dicari. Ketemu deh sama website Auto 2000 Digiroom.

Jadi Auto 2000 merupakan e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota. Bahkan melakukan perawatan paket servis Toyota juga mudah hanya dengan menggerakkan jari di smartphone.

Masih awam dan bingung sama harga mobil? Ada fitur yang bisa bandingin harga lho. Home service dan lacak pesanan kita juga bisa dilakukan tanpa jauh-jauh ke bengkel. Jadi semua tetap transparan. Yang paling saya suka itu ada layanan purna jual dan tukar tambah mobil. Lebih efisien dan hemat waktu.

tanya va paket servis Toyota

Menarik kan Auto 2000 Digiroom ini? Saya baru tanya-tanya nih sama Tasia Auto 2000 Virtual Assistant. Kalau cocok dan ada di provinsi kita tinggal, langsung cus ke CS atau test Drive dulu biar mantap. Ada yang mau coba juga?

Well, kurang lebih itu alasan dan persiapan membeli mobil dari saya. Ada yang mau menambahkan? Share di kolom komentar ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

Sumber gambar: Auto 2000 Digiroom

You Might Also Like

23 komentar

  1. Bermanfaat banget nih buat yang pengin banget beli mobil, terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  2. aku tuh kalau ngga punya mobil rada - rada bingung hahahaha... memang banyak keperluannya dan yang penting mobilnya sehat, nayamn, sesaui kebutuhan

    ReplyDelete
  3. Kendaraan saat ini sudah banyak jadi golongan kebutuhan primer ya, bukan sekunder apalagi tersier lagi macam saya dulu saat belajar di SD. Tapi karena beli kendaraan tidak seperti beli kerupuk maka pastilah banyak hal yang harus diperhatikan. Terimakasih ini Informasinya

    ReplyDelete
  4. Auto 2000 Digiroom menjadi andalan masyarakat membeli mobil :) Dengan pelayanan yang prima, kita ga was2 belanja mobil di sini :) Meamng mesti diperhatikan dulu rumah memiliki garasi atau ga. Kalaupun sewa, harus dipikirkan masak2. Kepengen beli mobil akuh nabung aja dulu aamiin.

    ReplyDelete
  5. Soal garasi ini emang penting banget mbak. Jangan sampai deh punya mobil terus parkirnya di pinggir jalan, menganggu orang yang mau lewat maupun tetangga.

    Urusan beli mobil, bisa langsung cek di Auto 2000 Digiroom ya mbak, sudah terpercaya

    ReplyDelete
  6. Nah iya, kalau mau beli mobil tuh juga harus mempertimbangkan garasi. Jangan ngambil jalan umum buat garasi. Bikin emosi jiwa aja dah. Ada tuh tetanggaku yg kayak gitu. duh maaf ya jadi curcol

    ReplyDelete
  7. setuju banget sih, sama kebutuhan untuk punya mobil baru di beli dan tentunya emang kudu punya uang, bukan kredit. Bukannya seneng malah spaneng nanti hahaha

    ReplyDelete
  8. Urgensi juga sih soalnya di rumah ngerawatbortubyang dua-duanya lansia, kalau kemana-mana dan bawa ke dokter kalau lagi sakit kasian kalau nunggu ojek online huhu

    ReplyDelete
  9. Iya, klo mw beli mobil harus dipertimbangkan secara matang ya mbak
    Klo emang butuh dan punya kemampuan, ya ayuk beli mobil
    Belinya bisa di auto 2000 ini

    ReplyDelete
  10. Setuju nih, persiapannya mesti ada sebelum beli mobil. Seperti ada tempat parkirnya. Jangan ga punya parkiran eh mobil dua seperti tetangga saya...hiks. Dan syukurnya kini dah ada Auto 2000 e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota juga perawatan paket servis Toyota juga mudah hanya dengan menggerakkan jari saja. No riber-riber beli mobil jadinya

    ReplyDelete
  11. Lagi nabung nih buat bel mobil lagi, pengennya baru dan cash, gak mau kredit, hehehe. Udah lama juga ngosong gak ada mobil tapi anak2 asi2 aja, belum ada nanggis bombay, hehehe. impiannya ya tetep merek toyotalah, doainlah moga banyak job bisa nabung beli mobil lagi

    ReplyDelete
  12. Setuju banget nih, dalam beli mobil, ada banyak yang mesti disiapkan ya. Gak asal beli. Biar nanti pas punya gak kaget dan gak ada masalah. Banyak nih yang gak punya persiapan dulu.

    ReplyDelete
  13. Auto 2000 terpercaya ya jadi mencari kendaraan bekas pun nggak ragu di sana, iya punya mobil tergantung kebutuhan karena biaya perawatan dan pajaknya pu nggak murah ya

    ReplyDelete
  14. Membeli kendaraan pertimbangannya sama panjangnya dengan beli rumah ya mb. Karena harganya kan lumayan ya. Makasih mb untuk informasinya ini

    ReplyDelete
  15. Aku setuju banget sama poin poinnya
    kadang orang punya mobil tapi SIM nya nembak - which is membahayakan diri sendiri dan ga punya garasi (pastinya menyusahkan sekelurahan_) dan jelas..... tiap tahun kudu bayar STNK

    ah banyak emang pertimbangannya selain kemudahan bawa keluarga ke mana mana! Tapi perlu buatku yang rumahnya di ujung berung dan jauh dair mana mana, ga bisa bawa motor pula!

    ReplyDelete
  16. Sebelum gegayaan, baiknya memang dipersiapkan dulu segala sesuatunya sebelum punya mobil yah. Soon aku pun ingin beli mobil terus jalan-jalan keliling Bandung. Hehe.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah,
    Meski mobil gak pernah dipake, perawatan rutin itu kudu banget dilakukan. Belum bisa ke bengkel, alhamdulillah adalah layananan dari Auto2000 dibantu oleh kaka Tasia yang ramah.

    ReplyDelete
  18. Bener banget kalo mo beli mobil sesuai dengan kebutuhan. Tapi jaman now emang butuh juga buat transportasi agar mudah kmana mana bareng keluarga.

    ReplyDelete
  19. setuju selain uang namun garasi juga wajb saya pernah menuliskan kekesalan saya karena parkir memakan jalan umum ga tau diri memang wkwkk

    ReplyDelete
  20. Bakalan langsung share ke adik yang katanya mau beli mobil awal tahun depan
    Semoga bermanfaat untuknya info Auto2000 Digiroom ini

    ReplyDelete
  21. kalau mau beli mobil itu memang banyak yang nyaranin beli yang second aja ya soalnya lebih murah dan bisa cash belinya. tapi tentunya kalau mau beli mobil ini harus banyak yang disiapkan juga termasuk memahami seluk beluk mobil biar nggak bingung nanti

    ReplyDelete
  22. Beli mobil memang harus disesuaikan banget dengan kebutuhan dan budget-nya. Jadi perlu pertimbangan dan lainnya. website Auto 2000 Digiroom ini cukup membantu kita untu memilih mobil yang pas dengan kebutuhan dan keuangan kita. Selain itu, pilihan mobil Toyota karena memang harga purna jualnya tidak anjlok banget. Dan kualitasnya, sudah tidak diragukan lagi.

    ReplyDelete
  23. Saat emmutuskan beli mobil memang banyak yang perlu dipertimbangkan ya mbak, saya dulu juga gitu cuma urusan car seat yang gak sempat terpikirkan karena anak-anak sudah gede

    ReplyDelete