Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Sahur Yang Benar Di Bulan Ramadan

Siapa yang suka malas-malasan saat bangun sahur? Coba ngaku saja!

Halo, apa kabar? Bagaimana puasa hari ini? Masih aman dan lancar kan? Atau lemas gara-gara telat bahkan lupa sahur? Tak apa. Besok semangat lagi dan mulai Sahur Yang Benar Di Bulan Ramadan ini.

Ketika menginjak dewasa, saya termasuk seseorang yang agak malas untuk bangun sahur. Jika mau puasa bayar utang atau puasa sunah saat Bulan Rajab dan lainnya, saya memilih makan malam atau hanya bangun untuk minum, lalu kembali tidur sampai bangun solat subuh. Saya bisa niat bangun bahkan masak jika Keponakan minta ditemani puasa.

sahur di puasa ramadan

Namun berbeda kasus di saat bulan suci. Saya berusaha untuk Sahur Yang Benar Di Bulan Ramadan. Sahur menjadi salah satu sunah yang sangat dianjurkan. Lagian semua anggota keluarga juga bangun dan tentunya ajakan sahur terus terdengar lewat pelantang dan tongtek. Mau enggak mau ya melek juga mata ini meski baru tidur satu jam.

Lalu, Sahur Yang Benar Di Bulan Ramadan versi saya itu seperti apa?

Sahur Dengan 4 Sehat 5 Sempurna


Sebenarnya sahur itu sama saja dengan sarapan. Bedanya waktunya pagi buta sekitar setengah 4 sebelum subuh (Ini berdasarkan waktu Jepara, Jawa Tengah karena tiap daerah jadwal imsakiyah akan berbeda). Jadi untuk makanan yang dimakan sebaiknya tetap mengandung gizi yang seimbang mulai dari makanan pokok, lauk pauk, sayur, buah, dan susu sebagai pelengkap. Itu versi saya ya. Ini bersifat opsional karena ada orang yang nyaman sarapan dengan roti atau buah saja.

Saya sendiri bukan orang yang ribet. Bisa makan sederhana dan seadanya. Karena masih serumah dengan orang tua, Ibu saya yang biasa memasak. Sahur pun sering penuh dengan kehangatan alias makanan sisa berbuka yang dihangatkan. Jika habis, baru deh masak makanan baru yang simpel seperti goreng telur, tahu, tempe dan tumis sayur. Lanjut buah jika ada serta susu dan minuman hangat lainnya.

Di tahun ini, saya mulai agak sadar bahwa orang tua saya itu sudah sepuh. Tahun-tahun sebelumnya sahur pakai susu biasa. Kali ini saya memilih susu khusus usia lanjut yang bisa menjaga kesehatannya seperti Susu Ensure.

ensure susu untuk massa otot usia lanjut

Susu ini bisa menjaga massa otot dengan Triple Protein, kombinasi unik protein Whey, Kasein dan Soya. Formula ini mudah dicerna, diserap, dan bertahan di tubuh lebih lama sehingga bisa jadi kekuatan sepanjang hari. Terus tinggi Kalsium dan Vitamin D buat daya tahan tubuh. Selain itu, Susu Ensure ini mengandung sumber serat pangan yang tinggi serta rendah laktosa sehingga aman dan sehat untuk pencernaan. Tak lupa Vitamin dan mineral lain juga ada di dalamnya.

Jadi alangkah lebih baik jika punya orang tua sepuh atau anggota keluarga lanjut usia, kita berikan susu yang tepat untuk mereka. Puasa lancar, aktivitas bisa kuat bahkan sepanjang hari.

For your information, jika tidak sahur di puasa Ramadan, ini tetap sah asal kita sudah niat di malam hari. Puasa wajib, jadi aturan niatnya berbeda dari puasa sunah. Namun tetap, sahur sangat dianjurkan untuk bekal kita beraktivitas sepanjang hari. Atur alarm dan pilih waktu yang mendekati subuh. Jadi habis makan, jeda sebentar lalu sekalian subuhan.

Jadi Kalian sudah Sahur Yang Benar Di Bulan Ramadan ini? Punya tips agar makan sahur bisa lebih semangat? Coba share di kolom komentar ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

24 comments

  1. Haha, sering banget sudah hidupin alarm tapi pas bunyi males bangun, milih tidur lagi setelah matiin. Abis itu kebablasan ga sahur deh, kebiasaan, kalau gak gitu abis sahur langsung tidur. Memang sahur ini jam-jamnya tidur nyenyak :)

    ReplyDelete
  2. saat sahur memang gak selera untuk makan ya mba, gak usah anak kecil, orang dewasa aja males makan, tapi wajib sahur sebelum puasa dan sahurnya harus dengan makanan bernutrisi supaya tubuh tetap fit

    ReplyDelete
  3. Aseliik mba, sahur tuh godaan terberatnya maless bin ngantuk.
    bawaan pengin balik kasur lagi dah
    tapi namanya juga ibadah dan cari berkah, teteuupp kudu semangat sahur dong yaaa

    ReplyDelete
  4. Kadang aku juga males makan berat di sahur sih, paling hanya minum dan ngemil2 aja

    Tapi suami dan anak2 mah tetep makan seperti biasa, enaknya kalo sahur yang kuah2 sih biar gampang makannya yaah hehe

    ReplyDelete
  5. hahaha... saya pun begitu mbak, makan sahur dengan kehangatan, alias makanan sisa berbuka yang dihangatkan menjelang waktu makan sahur.

    Alhamdulillah nggak pernah telat bangun, soalnya pembangunnya berlapis. Alarm, TOA musholla dan ada rombongan remaja yang keliling bangunin sahur

    ReplyDelete
  6. Saya kalau sahur biasanya masak fresh sayurnya, biar anak semangat makannya hehe. Kalau saya biasanya makan sahur hanya kurma dan air putih.

    ReplyDelete
  7. Huhu, sahur di rumah masih belom 4 sehat 5 sempurna. Terutama anak-anak. Abisnya masih pada susah makan sayur. Jadinya harus selalu daging. Kalo susu Alhamdulillah tiap sahur minum. Jadinya pada gak lemes saat siang.

    ReplyDelete
  8. Tadi pagi aku hampir nggak sahur gara-gara pasang alarm aku matikan ahahaha. Untungnya ketiduran bentar langsung sadar dan buru buru sahur deh. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  9. AKu dan anak2 paling sering sahur dengan menu telur hahaha praktis soalnya. Kalau papanya sahur di hari pertama dan kedua aja. Kenyang menu buka katanya wkwkwkkw. Makan 4 sehat 5 sempurna dengan menu gizi piring seimbang sih idealnya ya. TFS.

    ReplyDelete
  10. Nah iya makan sahur yang tepat itu pukul 3.30 karena abis itu ngopi dan beraktifitas - lalu sempat minum lagi jelang subuh

    ReplyDelete
  11. Sahur memang harus diniatin.Terkadang lupa sahur,tetap puasa,terkadang jadi lemas ya tidak ada nutrisi yang dimakan.Mantap nih sahur 4 Sehat + 5 Sempurna walau kadang lupa minum susunya

    ReplyDelete
  12. jujurly aku tuh paling susah buat sahur, klo puasa sunnah aku bahkan ga pernah sahur. Nah hanya saja sejak punya anak2 aku gak bisa lagi kayak gitu karena harus support anak2 utk sahur, walopun aku pribadi sahurnya hanya buah dan minum air putih. gak bisa sahur yg berat juga kecuali kondisi tertentu kayak paginya harus pergi dinas atau ada kerjaan berat. Belum ketemu sih ini ritme dan pola sahur yang pas-nya

    ReplyDelete
  13. Biar semangat sahur, saya pilih menyajikan masakan yang fresh. jadi tiap sahur masak dadakan. Yang simpel saja gitu menunya, tapi makanan baru bukan yang kemarin buat buka puasa. Biar semangat makan sahurnya.

    ReplyDelete
  14. Biar puasa lancar memang harus sahur yang baik ya mbak
    Mengosumsi makanan dengan gizi seimbang, bakal bikin ibadah puasa lancar seharian

    ReplyDelete
  15. Sahur nih kalau aku wajib banyak sayur, dan jangan lupa proteinnya juga. Tapi kadang aku masih bandel suka diselingin minum kopi juga wakakakakaa...

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah sampai hari ini utk Ramadan kali ini sahurku insyaAllah bener dan n=bangganya kami blm pernah kesiangan hehehe
    Soalnya anak2 pd puasa jg jd kalau sampai kesiangan kasian mereka gk sahur, trus diusahain menunya walau sambil ngantuk2 jg ada sayur dan lauk lengkap :D

    ReplyDelete
  17. Terima kasih artikelnya, sus ensure ini bisa menambah gizi untuk tubuh kita juga meningkatkan energi kita untuk kuat menjalani puasa ramadan yaa..

    ReplyDelete
  18. Sahur itu suunah..karena banyak keberkahan didalamnya, tidak perlu makan banyak yang penting nutrisi cukup dan cukup minum air..

    ReplyDelete
  19. makasih sudah diingatkan sahur dengan minum susu ya Mbk, aku udah beli susu malah sering banget lupa bikin dan minumnya hiks.

    ReplyDelete
  20. duh aku seringnya telor mak telor dadar paling cepet pakai kecap apa keju apa mayonais anak2 suka
    jadi inget kudu gizi sehat seimbang menu isi piringnya

    ReplyDelete
  21. Anakku juga susah makan sayur . Jadi menunya belum 4 sehat 5 sempurna . Huhuhu.

    ReplyDelete
  22. Sahur dengan menu sehat isi piringku, sekarang Jia..
    Melihat pentingnya asupan menu sahur yang gak boleh banget sembarangan agar tubuh tetap kuat hadapi aktivitas seharian.

    ReplyDelete
  23. Iya mbak, sahur akan membuat badan bertahan selama puasa di siang hari ya. Jadi asupan nutrisnya juga harus cukup agar memenuhi asupan nutrisi harian.

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah setelah menikah saya sangat rutin makan sahur meskipun kadang cuma buah dan minum. Alarm tubuh udah gak bisa dibohongi, selama Ramadan itu jam 2 pagi udah gak bisa tidur. Jadi lgs aja melakukan ritual pagi termasuk menyiapkan sahur. Ramadan kali ini pun, suami dan anak-anak terbebas dari kesiangan karena Ibunya selalu siaga bangunin mereka.

    ReplyDelete