Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Ketahui Penyebab Karat pada Mobil dan Cara Menghilangkannya

Harga mobil baru yang tinggi membuat banyak orang tertarik untuk membeli mobil bekas. Namun terkadang ada masalah yang terdapat pada mobil bekas, yaitu adanya karat pada bagian mobil. Jika begini, adakah solusinya?

Sebelum mencari tahu solusinya, ada baiknya jika kita mengetahui dulu penyebab karat pada mobil. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut:

penyebab karat mobil


Mobil kotor tidak langsung dibersihkan
Karat tak akan terjadi jika kita rajin membersihkan mobil dengan benar dan berkala. Misalnya saat selesai hujan, mobil enggak langsung dicuci. Atau kotoran yang terciprat ke mobil dari genangan air becek jika tidak langsung dibersihkan, akan menimbulkan kerak dan berubah menjadi karat.

Air asin yang menempel
Faktor lain juga bisa datang dari luar, seperti air asin yang menempel. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang tinggal di daerah pantai. Karena kelembaban cuaca yang tinggi pada area pantai dan kandungan garam pada air membuat risiko karat semakin tinggi. Maka mobil harus sering dicuci dengan air bersih agar air asin yang menempel tidak berubah menjadi karat.

Bekas tabrakan
Selain itu, faktor bekas tabrakan juga jadi penyumbang terjadinya karat pada mobil. Bekas tabrakan bisa berupa baret atau bahkan ringsek. Jika tidak segera diperbaiki, air dan kotoran akan masuk ke sela “luka” tersebut dan lambat laun akan terjadi karat.

Nah, sudah paham kan apa saja penyebabnya dari karat pada mobil? Lalu bagaimanakah solusinya? Langsung saja simak ulasan di bawah ini:

Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil


cara menghilangkan karat mobil

Gunakan cuka
Jika terlihat tanda-tanda adanya karat, hilangkan dengan cuka. Cuka mengandung asam tinggi yang dapat menghentikan penyebaran karat sekaligus menghilangkannya. Jika memungkinkan, kita bisa membongkar bagian yang terkena karat, lalu rendam dengan cuka selama 2 hari atau hingga karatnya hilang. Gunakan juga sikat agar hasilnya lebih optimal. Selain untuk mobil, cara ini juga berguna untuk membersihkan peralatan rumah tangga seperti obeng, panci, dan lainnya yang berkarat.

Rust remover
Sesuai namanya, cairan ini mampu menghilangkan karat dengan mudah. Cara penggunaannya sama seperti cuka, yaitu direndam sampai noda karat luruh. Setelah itu sikat dengan sikat besi.

Mengamplas mobil
Jika bagian yang terkena karat adalah pintu atau bodi mobil, kita bisa mengamplasnya sampai karat hilang. Amplas bisa dengan cara manual jika permukaannya kecil, atau grinder jika permukaan cukup luas. Setelah itu cat agar bagus seperti sedia kala.

Dempul
Jika karat sudah dalam hingga melubangi bagian mobil, maka amplas dengan menggunakan grinder. Setelah itu, tutup dengan dempul dan amplas hingga mulus. Baru setelahnya kita cat dengan warna mobil agar hasilnya tidak terlihat.

Jika karat benar-benar tidak bisa hilang dan kita menyerah ingin membeli mobil baru, kunjungilah website SEVA. SEVA menawarkan fitur kalkulator pembiayaan yang dapat mensimulasikan pembelian kendaraan sebagai bahan pertimbangan kita di masa depan. Tak hanya itu, SEVA juga punya Fitur Instant Approval yang dapat membantu calon pembeli untuk memeriksa kondisi finansial sebelum memilih mobil sesuai dengan kemampuan.

beli mobil baru di seva

Selain itu, SEVA menawarkan berbagai keuntungan yang menarik. Seperti pilihan bunga 0% atau DP 15% untuk pembelian beberapa mobil Toyota, cashback Rp1 juta untuk pembelian mobil dengan pembiayaan kredit, dan gratis asuransi Garda Health Tech hingga Rp3,2 juta. Tak hanya itu, SEVA juga siap melindungi dengan asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga senilai 10 juta dan diskon spesial lainnya. Jadi jika mau beli mobil yang terbaik, cek saja di SEVA.

Semoga tips ini bisa bermanfaat ya. Sampai jumpa. Happy blogging! 

No comments