Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Benarkah Suka Dandan Pasti Melahirkan Bayi Perempuan? Ini Dia Fakta Seputar Kehamilan

Siapa nih yang saat hamil suka dandan? Benarkah akhirnya lahir bayi perempuan?

Banyak sekali mitos dan fakta yang beredar di masyarakat seputar kehamilan. Saya tidak tahu dari mana, tapi kata orang jika ada perempuan hamil dan suka 'macak' maka bayinya akan lahir perempuan. Namun kenyataannya, ini hanya mitos. Jenis kelamin bayi itu hubungannya dengan kromosom yang kita bawa. Kalau XX ketemu, ya jadinya perempuan, tapi jika XY, maka lahir laki-laki. Begitu sih dasarnya saat dulu belajar Genetika. Mau dandan itu kembali ke kebiasaan si Ibu hamil.

fakta seputar kehamilan

Daripada berkutat dengan mitos-mitos yang beredar, lebih baik kita ketahui beberapa fakta seputar kehamilan. Ini sudah pasti karena ada penelitiannya. Jadi akan sangat bermanfaat untuk kita yang sedang merencanakan untuk mempunyai bayi. Ini dia:

  1. Berat badan berpengaruh pada kesuburan. Dari hasil study, berat badan sangat memengaruhi tingkat kesuburan perempuan karena lemak di sana berperan dalam memproduksi dan menyimpan hormon reproduksi. Kelebihan atau kekurangan BB, bisa membutuhkan waktu yang agak lama untuk hamil. Makanya dari Bidan, ada yang meminta diet, atau menaikkan berat badan.
  2. Minum Kopi dan Teh bisa memicu Anemia ini benar adanya. Anemia itu kondisi di mana hemoglobin (hb) kita rendah karena kekurangan salah satu dari zat besi, protein, asam folat, vitamin B12 dan vitamin A. Nah, di dalam kopi dan teh itu ada senyawa fenol yang bikin tubuh kesulitan menyerap zat besi. Boleh saja minum, tapi harus secukupnya. Kita bisa memakan Buah Naga jika mengalami Anemia karena mengandung banyak nutrisi seperti zat besi, vitamin C, protein serat dan lainnya.
  3. Makan Es Krim bisa membuat janin berukuran besar itu fakta. Sebenarnya bukan esnya, tapi kandungan gula dan kalori yang banyak di dalam es krim. Sama seperti Kopi dan Teh, makan es krim dan minuman manis kudu diatur, jangan berlebihan.
  4. Ukuran panggul perempuan memengaruhi proses persalinan. FYI, panggul itu jalan lahir janin untuk keluar dari vagina. Jika ukurannya kecil, ini bisa menyebabkan kepala bayi tersangkut di sana apalagi jika kepalanya besar. Kalau dipaksa, malah akan sangat berisiko untuk Ibu dan bayi. Biasanya sih direkomendasikan untuk operasi caesar. Meski begitu, Ibu hamil dengan panggul sempit masih berpeluang untuk melahirkan secara normal. Tentu tetap dengan konsultasi dokter dan bidan.

produk sensatia botanicals untuk ibu hamil dan menyusui

Itu dia beberapa fakta seputar kehamilan yang harus kita tahu. Untuk berdandan dan pakai skincare, ini tetap bisa dilakukan ya. Hanya saja, kita harus memilih kandungan yang aman untuk Ibu Hamil dan Bayi. Seperti Asam hidroksi alfa (AHA), Hyaluronic acid, Niacinamide, Vitamin C dan lainnya. Makanya lebih baik memilih perawatan kecantikan yang berbahan alami. Yang terbaru itu ada produk Sensatia Botanicals yang dikhususkan untuk Bumil dan Busui.

FYI, Sensatia Botanicals itu merek perawatan kecantikan dari Bali yang menawarkan produk dengan bahan alami seperti Kakadu Plum, Sea Buckthorn Oil, Aloe Vera, Tea Tree Oil, Centella Asiatica, Minyak Lemon, Chamomile, Giant Sea Kelp, Ekstrak Kayu Cendana dan lainnya. Karena semuanya alami, makanya aman untuk digunakan oleh siapa saja. Jadi Ibu Hamil dan Menyusui tak perlu risau lagi. Tetap bisa glowing, cantik dan tentunya aman untuk bayi.

Nah, kalian sendiri tim mana nih? Masih suka percaya mitos? Mending cari faktanya saja ya supaya kita bebas drama dan tetap nyaman selama masa kehamilan. Sampai jumpa. Happy blogging!

24 comments

Ria Tumimomor said...

Oh, jadi produk2nya Sensatia Botanicals ada yang dikhususkan untuk bumil dan ibu menyusui ya? Bagusnya, para ibu yang tetap ingin melakukan perawatan jadi tidak perlu risau lagi ya.

Farida Pane said...

Cocokologi aja kayanya ya kalau suka dandan ntar bayinya perempuan. Yang penting pilih skincare yang aman

Lisdha www.daily-wife.com said...

Sekarang makin banyak ya produk skincare yang dinyatakan aman untuk bumil dan busui. Jadi keduanya punya banyak alternatif pilihan skinker..kalau aku sendiri mmg ga hobi macak, termausk ketika hamil. Kalau kemudian kedua anakku cowok, kurasa ga da hubungannya sih sama itu hehehe

Nurul Sufitri said...

Baru tahu aku sama produk Sensatia Botanicals ini ternyata dari Bali ya. Jadi aman digunakan oleh bumil dan busui. Untuk urusan percaya mitos atau fakta, yang penting faktanya dulu. Mitos ini yaa buat seru2an jadi jangan terlalu dipikirkan hehehe. Cukup menjadi pengalaman atau pembelajaran dari orang lain saja.

Keke Naima said...

Saya termasuk yang gak percaya segala mitos. Pokoknya ikutin aja deh apa kata dokter. Sampe dulu terkadang suka bikin mamah saya gregetan hehehe

Suciati Cristina said...

Kalau flashback pas hamil kayaknya butek banget wajah aku 😆 kecuali pas kondangan karena makeup. Nah pas natural itu terasa bluwek. Ini sekarang ada banyak pilihan skincare aman buat bumil ya..
Iyes fakta pas mau naikkin bb bayi, disuruh minum es krim sama dokter

Hanifa said...

Aku pake beberapa produk Sensatia Botanicals dan jatuh cinta banget sama lotionnya Mak. Enak banget di kulitku yang sensitif dan cenderung kering. Cocok juga buat para bumil biar kulitnya tetep lembap selama masa kehamilan.

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Tapi dulu aku waktu lahiran rajin banget skincare dan make up juga. Mungkin karena kerja juga deh, hehehehee... Waktu hamil langsung auto ganti skincare pakai yang ramah untuk ibu hamil.

HM Zwan said...

Kalau hamil dulu pas tau hamil langsung stop skincare,kalo sekarang Alhamdulillah sudah banyak solusi salah satu produk yg khusus bumil dan menyusui

Yurmawita said...

Aku tim percaya apa kata dokter aja deh, sudah membuktikan pas kehamilan anak pertama, makan es krim memang dianjurkan karena bb baby lagi kurang saat diperiksa, nah pas lahir gede padahal jaraknya cuma 2 minggu aja dr hasil pemeriksaan itu

Diah Kusumastuti said...

Aku termasuk yang gak percaya mitos kalau suka dandan bayinya cewek.. soalnya aku 5x hamil kayaknya gak pernah suka dandan semua deh (emang gak suka dandan, haha..), dan lahirnya ya ada bayi cewek ada bayi cowok juga. Nah nah.. :D

Naqiyyah Syam said...

aku enggak percaya mitos, cuma emang orang dulu kan menilai dari bentuk dan kebiasaan aja belum ada survei pasti, jadi aku hargai aja pendapat orang

Helena said...

aku dua kali hamil ga suka dandan, tapi emang sebelumnya juga ga suka, heheh.
banyak deh mitos seputar kehamilan, membuat ibu hamil jadi gundah udah benar apa belum, khawatir anaknya kenapa-kenapa nanti. Kalau ragu, aku tanya aja ke obgyn karena beliau yang paham ilmunya.

Mpo Ratne said...

Jangan terlalu was was yang penting cari tahu kebenaranya bisa lewat dokter kandungan ataupun berita online hingga website terpercaya.

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist said...

Aku ga suka dandan tapi anak pertama dan kedua keluarnya perempuan. Mulai rutin pakai skincare eh malah anak ketiga muncul laki laki. Semua unpredictable banget.

Dee_Arif said...

Mitosnya sih emang gitu
Tapi aku yang dua kali melahirkan bayi perempuan, pas hamil nggak pernah suka dandan juga

Susi Susindra said...

Pas hasilnya Gi, suka dandan. Suka aja. Keterusan sampai Sekarang. Tapi lahirnya cowok juga. Wkwkwk.
Ga ngaruh, memang.

lendyagassi said...

Mitos yang paling melekat di otakku adalah kalo pengen bayi laki, baca surat Yusuf yang banyak.. Kalau pengen bayi perempuan, baca surat Maryam.
Hihii~

Alhamdulillah,
Kini ibu hamil dan menyusui tetap bisa tampil cantik dan slay karena ada produk dari Sensatia Botanicals. Yeay~

Witri Prasetyo Aji said...

Panggul sempit ini ngaruh hlo, aku sendiri mengalami. Pas lahiran anak pertama juga SC.

Hikmah Khaerunnisa said...

Mitos sepertinya ya mba, pernah dengat dokter boyke kalau mau punya anak dengan jenis kelamin tertentu bisa diatur di pola makan yaa, yang banyak sayur anak perempuan, yang banyak daging anak laki-laki.

Nah aku kalau lagi hamil bener2 gak pakai makeup mba karena ya khawatir menggangu janin. Sekarang sudah gak khawatir yaa karena Sensatia produknya aman untuk bumil dan busui

tantiamelia.com said...

Waktu hamil sih aku ikutan yang "mitos terstruktur" dalam arti : kalau ngga minum susu nanti anaknya gini - gitu

kalau ngga rapi nanti akan berantakan *yakaliii bisa rapi sendiri qiqiqii

Nunung Yuni Anggraeni said...

Aku sebagian percaya mitos sebagian nggak. Hihi. Tapi kalau masalah minum kopi hamil pertama dan kedua aku ngejaga banget. Pas hamil anak ketiga santai aja minum tiap hari. Alhamdulilah sehat sehat aja asal gak kebanyakan

Dewi Rieka said...

Iya kalau suka dandan bayinya cewek itu mitos ya karena aku dua kali hamil dan anaknya cewe cowo tetap suka dandan dan skinkeran gigi tentunya pilih yang aman ya buat bumil dan janin

www.grandysofia.com said...

ahaha iya ini aku dulu suka bertanya ke mamah, mamah sih jawab ini ilmu cocoklogi dan sampai usiaku sekarang masih terus beredar ya info kalau yg suka dandan anaknya nanti cewek hehe