Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Bukan Blogger Semusim

Musim telah berganti, tapi hatiku tetap disini. Aku tidak pernah bercita-cita menjadi seorang penulis. Bagiku, menulis adalah sebuah wadah untukku meluapkan rasa yang ada dihati. Kenapa seperti itu? Yah karena aku memang sedikit sulit mengungkapkan rasa dengan berbicara.

Entah sejak kapan aku mulai mencoretkan tinta-tinta dibuku kecilku, aku sedikit lupa. Tapi setelah kelas tiga Mts, aku mulai sadar bahwa menulis itu mengasyikkan. Aku menulis apa-apa yang sedang kurasakan. Aku belajar merangkai kata demi kata dari setiap peristiwa yang ada.

Musim telah berlalu dan aku mulai masuk fase yang berbeda. Menulis tidak hanya di buku diary, tapi lebih. Dimana saat 2010 aku menemukan sesuatu yang sangat hebat. Yah, sebuah tempat dimana aku bisa menulis dan dibaca banyak orang. Menulis bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain. Menjadi blogger bagiku adalah sebuah anugrah. Aku tidak pernah tahu sebelumnya karena aku memang jarang bergaul dengan dunia maya.

Lalu kemana tulisanku ditahun 2010? Apakah aku hanya seorang blogger semusim? Bukan, aku bukan blogger semusim. Aku masih kaku saat itu, aku copas sana sini dan menggabungkannya menjadi satu. Sepi melanda, tulisan itu tak terjamah. Aku sadar, ini adalah kesalahan karena itu bukan tulisanku.

Aku belajar lagi ditahun 2011. Aku menuliskan kata dengan caraku. Meskipun sama, tak lupa aku mencantumkan link penulisnya. Saat itu rasanya lebih lega, jauh seperti yang dulu. Aku menulis dengan gayaku, dengan bahasaku sendiri.

Masihkah menjadi blogger semusim? Tentu saja tidak. Aku akan berusaha mengatakan bahwa aku bukan blogger semusim. Aku bukan blogger yang hanya ikut-ikutan agar terlihat keren. Aku bukan blogger yang hanya menulis saat ada tugas dari blogger lain. Aku blogger yang menulis karena aku memang ingin menulis. Aku bukan blogger semusim yang tumbuh subur saat hujan tiba. 

Belajarlah ikut menulis ketika kontes tiba. Dari situ kita akan banyak belajar dan bisa bergaul dengan blogger lain. Bukan sebuah kemenangan yang kita inginkan, tapi hal yang paling membanggakan adalah proses dimana kita belajar menjadi penulis yang baik.

Menulislah, karena menulis itu indah. Dengan menulis, kita akan mendapat nilai yang lebih. Kita akan tahu catatan kita dimasa lalu. Tulislah itu diblogmu, bukan untuk dirimu sendiri, tapi juga untuk orang lain. Menulislah dengan caramu, meskipun catatanmu kurang bagus. Tapi ingatlah setelah waktu berjalan, aku yakin tulisanmu akan lebih bernyawa karena kita telah terbiasa dan kita bukan blogger semusim.

Artikel ini diikutsertakan pada Kontes Tiga Kata Bukan Blogger Semusim di BlogCamp

16 comments

Pakde Cholik said...

Saya telah membaca dengan seksama artikel sahabat.
Akan segera didaftar.
Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam KOTAK.
Salam hangat dari Surabaya

NF said...

Hooh, kemenangan kontes hanya bonus tapi lebih ke otak disuruh berpikir cepat untuk menuliskan suatu tema yang sudah diatur oleh orang lain, itu jauh lebih menantang, salam

Si Belo said...

menulislah karna menulis itu indah <--like this yooo :D

Anak Rantau said...

Hehe...
Kapan yah blogku brani unjuk gigi (taring) 8-D
sukses lah jiah kontesnya..

Orin said...

Yup, sepakat Jiah, menulis itu indah ;)

Artineke A. Muhir said...

Sip dek, semoga menang yaaa...

Niar Ningrum said...

heheheheh....kata2 na tulisan mu akanlebih bernyawa, seru :D

Tabah said...

moga menang yak . .. semangat ngeblog dan ngeblog. . . yang penting jangan blog barat dan blog timur. . . dan jangan juga nonblog hehehehee

Asop said...

Nah, kamu blogger angkatan 2010 ya? :)

Mari, ngeblog terus hingga internet hilang dari muka bumi. ^^

Kang Sofyan said...

Sudah lama ngeblog saya malah malah baru kenal hehe, teruslah menulis Jiah,

Sukses untuk GA nya

Srulz said...

yang penting tetap semangat, nd berusaha.. :D

semoga menang.. :D

Tabah said...

jjjuuuuuuungggggg kunjung...... :p

dwi save arema said...

klo ane hati senang lakuin aja gan :d

ale kaleng said...

blogger kopas tuh yang biasanya musiman :D setelah capek kopas artikel orang,, bosen dah hehe

R10 said...

nah betul tuh.. blogger copas yg jadi blogger musiman :D

Unknown said...

aktifnyaaaa. . .MasyaAllah
sukses ya