Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Cara Mencari Bakat Anak Sejak Dini Ala Ibu Cerdas

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Orangtua pasti akan merasa bangga jikalau si kecil sudah menunjukkan perkembangannya seperti bisa berjalan, berbicara, dan perkembangan lainnya. Memang sih saya belum punya anak, tapi keponakan saya banyak dan saya juga melihat tumbuh kembang mereka.

Namun untuk melihat perkembangan minat bakat anak memang sulit karena tidak terlihat seperti perkembangan lainnya. Setiap anak yang dilahirkan punya kekurangan dan kelebihan yang berbeda-beda. Sehingga tidak semua anak bisa menunjukkan bakatnya secara langsung.

Ada beberapa anak yang yang bisa menunjukan bakatnya dibidang akademik atau diluar akademik. Ada juga yang sebenarnya mempunyai bakat tapi tak ia tunjukkan. Alhasil banyak orang tua yang harus memancing atau mengasah anak agar tahu bakat yang dimilikinya.

Meskipun diasah namun para oranguta tidak mampu menilai intelegensi anak maka hasilnya akan sia-sia. Tidak perlu khawatir karena kita masih bisa melihat tanda-tanda yang mungkin saja muncul pada anak. Tak perlu menyewa seorang professional karena dengan langkah ini kita bisa cari tahu minat dan bakat anak.


  • 1. Melalui Motorik Anak

Salah satu cara untuk mencari bakat anak adalah melalui kemampuan motoriknya seperti cepat merangkak, berjalan, dan cepat bicara. Jika motorik anak lebih cepat diawal (biasanya dari bayi) maka diyakini ia unggul di masa depannya kelak.

  • 2. Lihat Cara Berkomunikasinya

Kedua kita bisa melihat dari keterampilan bahasa. Anak yang punya minat dan bakat biasanya cenderung berbicara lebih cepat. Anak akan cepat untuk membaca, memahami gambar dari usia 6 bulan. Anak yang pertumbuhannya normal akan mampu berbicara saat usianya sudah mencapai 14 bulan dan bisa mengulang perkataan atau ucapan orang lain saat mereka sudah berusia 18 tahun.

  • 3. Punya Fokus Yang Baik

Anak cenderung akan menurut minatnya untuk mendengarkan cerita atau membaca cerita dengan cepat. Tapi anak yang punya intelegensi tinggi akan fokus mendengarkan seluruh cerita hingga selesai. Setelah cerita, si kecil akan mengerjakan kegiatan lainnya

  • 4. Dari Emosionalnya

Anak yang punya bakat akan cenderung memiliki emosi yang kompleks. Contoh nyatanya seperti si anak mampu memberitahu teman seumurnya untuk berempati dengan orang lain. Namun anak yang memiliki emosial yang sensitifnya kurang pasti empatinya juga kurang terhadap orang lain sehingga bisa dilihat kalau si anak mempunyai kemampuan yang standar.

  • 5. Punya Imajinasi yang Tinggi

Selain itu kita juga bisa melihat melalui imajinasi anak. Si kecil yang mempunyai minat dan bakat terpendam biasanya akan memiliki imajinasi atau khayalan yang luar biasa bahkan terlalu canggih. Jangan membatasi imajinasinya biarkan anak mampu mengembangkan imajinasinya dengan baik.

  • 6. Punya Rasa Ingin Tahu Yang Tinggi

Si kecil yang memiliki kemampuan intelegensi yang baik mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Hal ini menjadi pertanda bahwa anak sebenarnya punya bakat terpendam. Anak akan senang mencari tahu informasi yang ingin ia tahu sampai ia benar-benar paham.

Untuk itu pastikan kita menyiapkan fasilitas untuk mendukung rasa keingintahuan anak dengan membelikannya sebuah laptop. Dengan begitu sangat anak akan mudah mencari informasi dan juga mengajarkan kepada anak tentang teknologi masa kini tapi jangan lupa untuk selalu mendampingi ya.

Untuk kamu yang belum punya laptop sebagai media belajar anak, tenang saja karena kita bisa mencicil laptop di MatahariMall. Toko Online ini menyediakan cicilan murah laptop Acer yang pas untuk kebutuhan anak kita. MatahariMall.com memang selalu mengerti kebutuhan keluarga.

Jadi, bagaimana perkembangan anak kalian? Ah atau jangan-jangan malah laptopnya buat Ibunya sendiri, hahaha. Share yuk Cara Mencari Bakat Anak Sejak Dini Ala Ibu Cerdas.

Sampai jumpa. Happy Blogging!

18 comments

Indah Nuria Savitri said...

Memang harus dicek dan diamati sejak awal yaaa bunda

rita asmaraningsih said...

Penting banget ya Mba mengetahui bakat si kecil sejak dini.. agar kita para orangtua cepat mengakomodir bakatnya dan menjadikan si anak berkembang dengan talentanya..

Mbak Avy said...

sbg orang tua mmg hrs bijak unt melihat hobi serta bakat dari anak
tapi kadang kita mmg suka maksa
yg penting anaknya enjoy ya mbak

Keke Naima said...

entar kalau udah punya laptop harus sering diawasi hihihi

Nurul Fitri Fatkhani said...

Iya, laptopnya lebih sering dibuat dipakai ibunya he he he
Kalo anaknya mau main game, baru deh, rebutan. ^_^

April Hamsa said...

Soal kemampuan emosi anak ini masih pe er banget buat aku...

Hidayah Sulistyowati said...

Setuju ama mba Myra, harus kepo terus. Untung aja emaknya pinter sosmed, gak gampang dibohongi, hahaha

Evrinasp said...

Oh begitu ya nak, kayanya my bocah ada ciri2 tersebut, terutama motorik dan keingin tahuannya

Ratna Dewi said...

Terkadang masih ada kalangan orangtua yang justru merasa terganggu karena imajinasi anak terlalu tinggi, padahal bisa aja memang kreatifitasnya tinggi. Semoga aku kalo udah punya anak nanti bisa jadi orang tua yang jeli dan mampu menghargai dan menilai intelegensi anak.

Titis Ayuningsih said...

Setuju mbak, bakat emang harus "diketahui" sejak dini ya soalnya mengenai kecerdasan anak itu sendiri ya :)

Rach Alida Bahaweres said...

Stimulasi untuk perkembangan anak memang sangat diperlukan ya mba. Untung ada banyak kemudahan termasuk fasilitas laptop

Ira duniabiza said...

Wah iya. Setuju banget sama Mba Jiah. Penting banget ya bagi kita mengenal sedini mungkin bakat si kecil biar pemberian stimulusnya tepat. Tapi menurut saya mengenalka berbagai macam hal di luar bakat dia juga perlu ya biar mereka kenal luasnya dunia. :-)

Lingga permesti said...

Setuju sama mba ira. Laptop penting jg sih..tp anakku kadang kebablasan nongkrong depan lepi hehe

Mugniar said...

Hm... tanda2 siap jadi ibu nih.
Tinggal tunggu dilamar.
Keren :)

Kinzihana said...

Jiahhh emang top.. belom jadi ibu aja udah kerennnnn

Susindra said...

Alhamdulillah sudah punya laptop. Butuh motor kedua nih... ada saran? ;)

Anonymous said...

wah makasih sharingnya. Info bermanfaat sekali nih

Anisa AE - Wisata Malang said...

Wah, cocok banget buat dipraktikkan untuk ibu seperti aku