Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Yakin Mau Punya Rambut Panjang? Ribet lho!

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Yakin Mau Punya Rambut Panjang? Ribet lho! Ini yang saya alami bertahun-tahun yang lalu bahkan sampai sekarang. Kita tentu tahu bahwa mahkota wanita terletak pada rambutnya. Mahkota sendiri banyak bentuknya. Ada yang nyaman dengan gaya rambut pendek, ada juga yang betah dengan rambut panjang dan saya salah satunya.

Saya memanjangkan rambut dari usia sekitar 7 tahun. Bapak suka sekali rambut panjang, jadi anak-anak perempuannya jarang potong rambut. Pernah sih pengen gaya rambut ala Dora. Tapi waktu bilang itu sama Bu e, katanya gak usah potong, lipet aja rambutnya ke dalam.

Sumber
Kenapa waktu kecil saya tidak kepikiran buat mbolang ya?!
Pada suatu hari, salah satu saudara mau nih rapiin rambut. Udah seneng kan itu rambut mau dipotong Dora. Kres-kres gunting sana sini. Pas selesai dan pulang buat ngaca, gila! Rambut dipotong pendek kaya laki dan saya nyesel setengah mati. Setelah itu, tiap kali ada yang mau gunting rambut ya buru-buru lari.

Ji, setelah bertahun-tahun punya rambut panjang, enggak bosen kah?

Bosen sih, apalagi ngurusinnya. Dari mulai keramas, ngeringin, nyisir, nguncir, atau ngasih nutrisi buat rambut. Ini aja rambut yang bersih dan tidak ada kutu. Saya pernah lho biarin rambut gak sisiran seminggu lebih. Enggak keramas? Keramas tapi gak sisiran. Ya wis rambutnya gimbal gitu dan bikin saya setres sendiri.

Ini yang biasa saya lakukan saat rambut mulai gimbal:

  • Gimbal biasa
Maksudnya ini masih bisa diatasi dengan sisiran. Pertama saya keramas pakai sampo dan conditioner. Tuntasin rambut dan langsung sisir.

  • Gimbal parah
  1. Pakai pelumas, bisa minyak rambut atau minyak kelapa. Oleskan sedikit demi sedikit ke rambut sambil disisir dengan jari. Dalam hal ini kita kudu sabar karena akan memakan waktu yang sangat lama.
  2. Keramas dan jangan lupa pakai conditioner.
  3. Sisir lagi setelah selesai keramas.
  4. Bila lelah dengan tips ini, potong saja rambutnya.
  5. Jika ada uang, salon juga bisa jadi solusinya, hehehe.

Foto kiriman Jiah Al Jafara (@jiahjava) pada

Walau ribet, sekarang ini saya belum kepikiran lagi buat potong rambut apalagi panjangnya sudah separuh tubuh. Paling potong ujungnya lima sentian gitu deh. Untuk nguncir, saya sama sekali enggak berbakat. Saya cuma bisa ngepang biasa sama gelung dan mengandalkan jepit serta karet rambut.

Yakin Mau Punya Rambut Panjang? Ribet lho! Biar begitu asal mau sisiran dan ngasih nutrisi, rambut panjang itu nyenengin kok. Gimana dengan rambutmu? Mau model baru di tahun baru?! Share yuk!

Sampai jumpa. Happy blogging!

19 comments

Saribainbridge.com said...

Nice share mba Ji, rambut bondol saya pernah, panjang pernah.. sekarang lagi gondrong dan mau lebih panjang.. lagi tapi kadang rontoknya itu loh kalo panjang.. tapi saya minumin biotin lumayan ampuh 😊😊 salam kenal ya. Sari 😉

Prananingrum said...

anak saya yg kedua sudah mulai pingin banget punya rambut panjang kayak temennya..padahal sisiran aja susahnya bukan main tfs ya mbak

Tarry KittyHolic said...

Rambut panjang itu nyesek kalau liat gumpalan rambut rontok. Makanya sekarang agak pendek biar ga terlalu banyak yang rontok :)

Tian Lustiana said...

Saya kmrn baru potong rambut haha, abis gerah dan males rontoknya itu loh

Irawati Hamid said...

rambutku pernah sampe sepinggang loh, tapi saat iru belum pake jilbab, setelah pake jilbab rambutku paling sepunggung doang, gak tahan euy, gerah! :)

Riska Ngilan Haryono said...

Rambutku panjang sepinggul mbak, suka ketindihan kalau pas tidur. :D

Arinta Adiningtyas said...

Aku pernah punya rambut panjang. Manjanginnya setelah pake jilbab, 2004, sampe setelah menikah 2009. Alasan manjanginnya karena bingung mau potong rambut dimana. Mesti ke salon muslimah kan yaa, dan itu masih jarang.

Setelah nikah, rambut aku potong. Setelah punya anak rambutku jd pendek melulu. Soalnya boro-boro mau ngurusin rambut panjang, rontok cyiiiin.. Sisiran aja kadang ngga sempat. :D

Arinta Adiningtyas said...

Sebelum hamil, potong aja Mbaaa.. Wkwkwkwkwk...

Kurnia amelia said...

Huhu aku belum pernah rambut panjang dari kecil, paling panjang itu sebahu haha soale ribett cinn *saya orang males 😂😂.

Dewi Nielsen said...

Rambutku dari dulu suka rontok..mau panjang pendek nggak ngaruh kayaknya..apalagi sejak tinggal diluar, kering banget..

Fanny f nila said...

Sebenernya aku memang ga suka rambut panjang mbak. Tapiiiii aku ga cocok samasekali rambut pendek, jadinya mau ga mau memang hrs agak dipanjangin :p. Tp maksimal cm sampe bawah bahu dikit lah.. Lwt dr itu aku potong :D

masichang said...

sumpeh saya ga mau punya rambut panjang, ntar malah cantik... hehehe

Anggarani Ahliah Citra said...

Dulu gadis pernah lah yah, sepinggang. Tapi skr dah emak2 males bgt. Pendek ajalah biar simpel

Nur Rochma said...

Saya nggak mau rambut panjang. Asli ribet!

Rambut panjang dikit saja, rasanya sudah panas, lengket. Nggak tahan deh.

sari widiarti said...

pernah panjang sepantat, dan bikin satu kos takut, dikira kunti :))))

Anonymous said...

Ibuku dulu ga tau gimana, kayaknya bisa murka kalo aku potong rambut. Apalagi kalo model shaggy

Diah said...

Ji, rambutku itu rontok. Jadi deh saya paling malas pake sisir, lah gak nyisir aja rambutnya udh banyak gtu berceceran di ubin apalagi nyisir. Jadi deh bisa diitung jari tuh saya nyisir dlm seminggu bahkan sebulan #ehh

Yg penting mah rajin keramas. Lagian rambutnya jg ketutup jilbab kan jadi gak klihatanlah klo acak adut gak sisiran :D

Jalan-Jalan KeNai said...

sampe SMP rambut saya gak pernah pendek karena papah saya melarang anaknya ini berambut pendek. PAs SMA mulai ngebandel. Sekarang saya terserahin anak saya aja gimana dia nyamannya :)

Ilham said...

pingin juga punya rambut panjang, tapi nanti dibilang cantik :)