Ramadhan Semakin Dekat, Sudah Siap Mudik Belum?

March 19, 2018

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Sudah masuk bulan hijriyah Rajab! Itu artinya puasa 2 bulan lagi, lalu lebaran. Hayo, sudah pada selesaiin hutang puasa ramadhan tahun kemarin? Lebaran nanti ada yang berencana buat mudik?

Pixabay

Hitungan kasarannya 2,5 bulan menuju lebaran karena biasanya 1-2 minggu sebelum Idul Fitri sudah pada libur lalu masuk kerja biasanya H+7. Jadi, sudah pada siapin budget buat puasa dan lebaran? Atau masih pada heboh dengan cicilan? 

Untuk puasa Ramadhan, tidak banyak yang saya persiapkan. Maunya lebih banyak ibadahnya. Untuk urusan konsumsi, saya bukan tipe orang yang ribet soal makan. Jadi makan apa saja ya oke. Beberapa hal yang perlu diatur sebelum Ramadhan: 
  • Bayar hutang puasa. Alhamdulillah hutang saya sudah lunas beberapa bulan lalu. Tinggal latihan dengan puasa sunah kaya puasa bulan Rajab ini.
  • Tetap jaga kesehatan. Puasa termasuk rukun Islam nomor 3. Hukumnya wajib bagi yang beriman, yang sudah akil baligh. Kalau bisa ya tetap puasa karena itu menyehatkan.
  • Beli perbekalan seperti bahan makanan pokok. Saya belum berumahtangga sih, tapi saya ikut arisan sembako yang akan dibagikan sebelum puasa. Lumayan bisa dapat beras, gula, minyak dan lainnya. 

Urusan puasa Ramadhan Insya Allah beres. Saya pun percaya bahwa akan banyak orang yang suka berbagi. Jadi jangan pernah takut kelaparan saat Ramadhan. 

Jika perkara bekal puasa kelar, kini saatnya kita nyari tips mempersiapkan dana untuk mudik lebaran 2018. Waktu 2,5 bulan lumayan cukup lah buat kita nabung dan nimbun perbekalan. Apa saja sih yang sebaiknya kita lakukan? 

  • Cek pengeluaran bulanan. Kita hitung mana yang jadi prioritas seperti bayar listrik, air, pulsa, kebutuhan harian dan kebutuhan makan. 
  • Kurangi cicilan yang tidak penting. Kredit memang enak, tapi kadang kita suka tidak sadar dan tahu-tahu numpuk. Mau beli baju atau tas, tahan dulu ya! Apa kita butuh atau hanya ingin saja. 
  • Beli tiket untuk pulang kampung. Ini berlaku jika kamu pakai transportasi umum. Baiknya berburu diskonan biar lebih hemat. 
  • Jika pakai motor atau mobil pribadi, jangan lupa cek kondisinya. Kalau perlu diservis dulu biar tahu layak jalan atau tidak. 
  • Cek kebutuhan, tiket, servis aman, yuk sisa uangnya ditabung buat bekal mudik. 
  • Jangan lupa simpan sebagian buat sedekah pada sanak saudara atau orang sepuh sekitar rumah. 

Duh, kebutuhan tiba-tiba banyak, apalagi Ramadhan dan Lebaran bersamaan dengan tahun ajaran baru. Apa masih bisa mudik dengan dana yang pas-pasan? Apalagi yang masih ada tanggungan sekolah? Adakah pinjaman uang tanpa jaminan?

Oh tenang! Don't worry be happy. THR keluarnya mepet sementara kita harus bayar pendaftaran sekolah sebelum mudik? Bisa banget pakai pinjaman online Tunaiku tanpa jaminan apa pun hanya bermodalkan KTP. Tunaiku juga terdaftar dan diawasi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.


Syarat pengajuannya pun mudah, asal kamu WNI, cukup umur, punya pekerjaan, punya rekening dan tinggal atau bekerja di area layanan yaitu Jabodetabek, Sidoarjo, Surabaya dan Gresik, semuanya aman jaya. 

Ajuin aja lewat aplikasi atau website Tunaiku dengan pinjaman mulai dari 2 sampai 20 juta dengan periode 6 sampai 20 bulan. Untuk persetujuan kurang dari 24 jam dan dalam 3 hari bisa cair. Mudah kan?! 

Tunaiku bisa bantu kita jika uang THR telat keluarnya. Habis lebaran kita bisa balikin, syukur-syukur habis pulang kampung ada tambahan perbekalan dan dana, hehehe. 

Ramadhan Semakin Dekat, Sudah Siap Mudik Belum? Sudah pada punya perbekalan buat keduanya? Share tips mudik dan hemat di saat Ramadhan ala kalian yuk! Jangan lupa siapin hati buat ibadah juga ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

7 komentar

  1. Saya kalau mudik sih gak jauh-jauh wkwkwk. Palingan ke rumah mertua di desa XD.

    ReplyDelete
  2. Wah iya nih, gak kerasa udah waktunya mudik lagi. Tapi belum ada planning nih :D.

    ReplyDelete
  3. Hahaha, kalau habis pulang kampung sih bukan anmbah dana nih, tambah keluar dana. XD

    ReplyDelete
  4. Dulu, saya kalo mudik sering pake motor, tapi akhir-akhir ini lebih milih kereta api, karena ga perlu desak-desakan seperti dulu. Makasih, Mbak, membaca tulisan ini saya jadi ingat kalo belum siap-siap...

    ReplyDelete
  5. jiaaah, lebaran dulu dong, fokus hahaha

    ReplyDelete
  6. saya tidak mudik mbak soalnya ngk merantau. :)

    bagi yg mudik hati2 dng isi dompet yach... :)

    ReplyDelete
  7. Perjalanan waktu kayaknya cepat banget, beberapa bulan lagi sudah ramadhan lagi. Itu berarti harus siapkan banyak hal

    ReplyDelete