4 Jenis Cat Tembok yang Paling Populer Untuk Rumah Mewah

March 21, 2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Rumah kalian punya masalah pada tembok? Catnya mengelupas? Bingung pilih cat mana yang awet?

Cat tembok menjadi salah satu hal penting yang harus mendapatkan perhatian khusus. Hal ini tidak lain karena pemilihan cat tembok yang tepat tentu akan membuat rumah kita memiliki tampilan yang bagus dan tidak membosankan. Nah, dalam memilih cat tembok tersebut, kita juga diwajibkan untuk berhati-hati karena jika tidak maka cat yang sudah melekat di dinding bisa mengelupas dengan mudah. 


Jenis cat tembok yang paling popular


Selain itu, kita juga harus memperhatikan apakah cat tersebut berkualitas atau kah tidak. Cat dinding yang berkualitas tentu memiliki daya serap yang cukup bagus dibandingkan dengan yang tidak berkualitas. Tak hanya itu saja, pastikan kita juga mengetahui bagaimana cara penggunaan dari cat dinding yang dibeli tersebut. Jangan sampai cat dinding tersebut memiliki cara A, kita justru memilih cara pengaplikasian dengan cara B.

Pixabay

Dalam pemilihan cat tembok, kita juga harus mengetahui beberapa jenis cat. Cat tembok ini sendiri biasanya dibedakan oleh bahan dasar yang digunakan hingga bagaimana sifat dari cat tersebut. Tentunya masing-masing jenis memiliki keunggulan dan kekurangan. Untuk lebih jelasnya, yuk simak 4 jenis cat tembok yang paling popular.

1. Cat dinding jenis matte
Jika ingin memiliki rumah dengan tampilan yang tidak mengkilap maka kita bisa mempertimbangkan untuk memilih jenis cat tembok matte. Cat tembok yang satu ini memang memiliki karakter unik di mana tingkat kilaunya sangat rendah. Tak heran jika cat jenis ini banyak dimanfaatkan untuk menyembunyikan plesteran dinding yang kurang rapi. 

Selain itu, cat jenis ini juga sangat cocok untuk diaplikasikan pada tembok yang memiliki tekstur karena warnanya akan semakin halus jika berada di tembok yang kasar. Tetapi kita juga perlu berhati-hati karena jenis cat yang satu ini sulit untuk dibersihkan. Oleh sebab itulah, kita harus menutup barang-barang di rumah apabila akan melakukan pengecatan. 

2. Cat dinding jenis satin
Apabila menginginkan rumah dengan tampilan yang mewah maka kita bisa mempertimbangkan untuk memilih jenis cat tembok satin. Cat tembok ini memiliki karakter di mana tidak glossy tetapi tidak terlalu melekat pada dinding. Apabila kita menyentuh dinding yang dilapisi dengan cat ini maka akan merasakan tekstur lembut di tangan. 

Jenis cat dinding yang satu ini sangat cocok diaplikasikan pada ruangan galeri atau pun restoran. Hal ini tidak lain karena jenis cat ini mampu menghadirkan kesan sejuk dan teduh tersendiri. Kelebihan yang dimiliki oleh cat ini adalah mudah untuk dibersihkan. 

3. Cat dinding jenis egg shell
Sesuai dengan nama jenis cat yang satu ini memiliki warna seperti kulit telur di mana akan menghadirkan permukaan yang bertekstur tetapi tetap halus ketika disentuhkan. Dibandingkan dengan jenis cat yang sebelumnya, jenis cat yang satu ini tidak bisa memantulkan sinar matahari dan proses membersihkan juga akan lebih cepat. 

4. Cat dinding tipe semi gloss
Jika ingin memiliki cat dinding yang menghadirkan kesan glossy maka kita bisa mempertimbangkan untuk memilih jenis cat yang satu ini. Selain itu, jenis cat ini juga memiliki warna yang lebih tajam dibandingkan dengan sebelumnya. Tetapi untuk pengaplikasiannya, kita juga harus berhati-hati karena jika tidak maka bagian cacat akan menyebabkan tonjolan. 

Itulah 4 jenis cat yang bisa kita gunakan untuk rumah. Jika kalian ingin mendapatkan cat tembok yang berkualitas maka kalian bisa mengandalkan asianpaints.co.id.

Ada yang sudah pakai juga? Share pendapat kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

18 komentar

  1. Wah ternyata ada banyak ya jenis cat tembok itu

    ReplyDelete
  2. Ini nih yang biasanya aku pakai Cat dinding jenis satin

    ReplyDelete
  3. Cat dinding jenis satin ini memang bagus banget ya

    ReplyDelete
  4. Wah bener banget tuh semua cat tembok pasti masing-masing jenis memiliki keunggulan dan kekurangan.

    ReplyDelete
  5. Hmm aku sih nggak terlalu mengerti kalau masalah cat :D

    ReplyDelete
  6. Banyak ya ternyata jenisnya. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Aku suka jenis cat yang matte. Lebih elegan dan sedap dipandang.

    ReplyDelete
  8. Aku tuh suka pusing kalau milih cat tembok, pada dasarnya aku ingin semua warna. Tapi akhirnya aku cuma pilih putih aja. Rumah pertama aku pakai yang egg shell buat di luarnya. Lucu gemesin gitu, ada teksturnya.

    ReplyDelete
  9. Rumah yang biasa aja begitunsitambahin cat langsung tampil awwsome. Apalagi pilihan warna cat zaman sekarang udah beragam banget. Jadi bisa menyesuaikan karakter pemilik rumah deh

    ReplyDelete
  10. kirain cuma lipstik aja yang pakai istilah matte, satin sama glossy hehehehe. Mungkin kalau niatnya buat poto poto mending pilih yang matte ya biar cahayanya ga memantul

    ReplyDelete
  11. Baru tau kalo ada yg matte, kaya make up ya. Aku pengalaman selama renov rumah belum pernah ketemu yang satin. Penasaran kaya gmn

    ReplyDelete
  12. Paling gak suka aku Jia...cat tembok yang mengkilap-kilap gitu..
    Rasanya jadi lebih jreenk warnanya.
    Aku seneng yang kalem ((kaya orang yang punya rumahnya, eaaa~ pencitraan))

    ReplyDelete
  13. Kalau untuk bagian tembok luar rumah , biasanya sih lebih memilih ke jenis cat yang anti jamur/lumut dan cepat kering, dan anti air..

    Sedangkan untuk tembok bagian dalam rumah, lebih memilih yang jenis memantulkan cahaya dengan warna yang sejuk di mata

    ReplyDelete
  14. Pengen ganti cat di rumah juga soalnya cat dinding sudah bernoda, baca artikel ini jadi tahu jenis-enis cat

    ReplyDelete
  15. Kalau saya sekarang malah mikirnya cat tembok 3 in 1 aja kalo ada, pelapis anti bocor, finishing, dan sekalius warna yang menarik.

    ReplyDelete
  16. Kebetulan rumah aku udah tuwir. Cat temboknya memang lagi mengelupas nih. Ternyata dalam memilih cat, harus sesuai dengan jenis temboknya yaa. Nanti deh aku cek lagi kondisi tembok di rumah. Thanks for 'ur info*

    ReplyDelete
  17. Kaaak, kalo rumahnya nggak mewah masih boleh nggak pake warna-warna cat tembok ini...

    ReplyDelete
  18. Wah, sekarang selain bermain di warna ternyata bisa juga pakai tekstur ya.
    Klo rumahku pakai cat bertekstur, bakal keliatan lebih mewah nggak ya? wkwkwkwkkw...

    ReplyDelete