Ini Dia Obat Alami untuk Mempercepat Penyembuhan Luka

March 27, 2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu punya bekas luka? Di mana? Bukan di hati kan?

Luka merupakan kondisi di mana permukaan lapisan kulit mengalami robek, yang biasanya dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Tidak hanya akibat jatuh, luka pun dapat disebabkan karena kondisi operasi organ tubuh dalam manusia.

Proses penyembuhan luka, biasanya ditandai dengan menutupnya bagian robekan pada lapisan kulit, hingga terbentuk lapisan baru di dalamnya. Proses penyembuhan luka ini sendiri biasanya akan melalui beberapa tahapan yang di antaranya adalah proses peradangan, proses pembentukan ikat, proses pematangan luka dan proses penutupan luka. Berbagai tahapan ini biasanya dapat terjadi dalam hitungan hari, minggu bahkan bulan tergantung dari seberapa berat luka yang dialami.

Untuk mempercepat proses penyembuhan luka, biasanya para ahli kesehatan akan banyak menyarankan penderita untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung banyak vitamin E alami di dalamnya. Vitamin E memang dikenal sangat efektif dalam menjaga kesehatan kulit manusia serta membentuk jaringan kulit baru pada sel kulit yang telah mati. Oleh karena itu sangatlah wajar jika vitamin E juga banyak disebut sebagai obat untuk mempercepat penyembuhan luka, yang dapat dikonsumsi tanpa meninggalkan efek samping di dalamnya.

Pixabay

Selain dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, berikut langkah perawatan luka yang harus diperhatikan, antara lain adalah:
  • Perhatikan dengan seksama agar kondisi luka tetap kering dan bersih.
  • Gantilah perban sesuai dengan aturan penggantian yang memang dianjurkan.
  • Hindari mengoleskan apa pun di atas luka, selain salep antibiotik dan obat yang dianjurkan oleh dokter.
  • Jika terjadi infeksi pada luka dengan ciri kulit sekitar luka kemerahan dan membengkak, maka segera konsultasikan dengan dokter yang menanganimu.

Vitamin E sebagai obat penyembuh luka biasanya dapat ditemukan dalam bentuk makanan yang berupa biji-bijian, kacang-kacangan serta sayuran hijau. Makanan dengan kandungan vitamin E yang tinggi juga disarankan untuk diberikan pada anak yang memiliki gangguan pencernaan yang disebabkan karena alergi protein pada susu sapi.

Makanan dalam klasifikasi biji-bijian dan kacang-kacangan tersebut dikenal mengandung banyak protein yang mampu menggantikan protein pada susu sapi. Berkonsultasilah dengan dokter ketika akan memberikan probiotik untuk anak diare dan intoleransi laktose, agar nantinya tidak menyebabkan gangguan pencernaan yang lebih parah.

Selamat mencoba ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

0 komentar