Umroh Backpacker

June 02, 2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Pernah enggak sih kepikiran buat Umroh Backpacker? Bagaimana dengan waktunya? Memilih Umroh Oktober, bisa kah? 

Kata saya sih bisa banget! Zaman sekarang bepergian ala backpacker memang sangat digandrungi. Tapi kalau pergi umroh sendiri, siapa yang mau coba hayo?

Saya sering berpikiran untuk ibadah ke tanah suci sendiri, backpackeran gitu. Alasannya sih karena saya dulu pernah ikut latihan manasik haji saat sekolah. Dibanding haji, umroh itu lebih simpel. Apa saja sih perbedaannya?


  • Haji itu wajib bagi yang mampu sementara umroh itu sunah.
  • Haji itu waktunya ditentukan dan lebih lama sementara umroh itu bebas kapan saja.
  • Rangkaian haji itu ada mabit di Arafah, Muzdalifah dan Mina sementara umroh ibadahnya diseputaran Masjidil Haram saja.

Kalau dari perbedaannya sudah kelihatan kan melaksanakan umroh itu simpel dan gampang. Kita tinggal niat dan berihram dari miqat, tawaf di mengelilingi Ka’bah, lalu sa'i tujuh kali antara Shafwa dan Marwah dan terkahir ber-tahallul atau mencukur rambut. So easy secara teknis. Prakteknya? Tidak semudah itu, Jendral!

Kita kan di negara orang, kebudayaan dan cuaca jelas berbeda. Makanya nih kalau bisa milih ya umroh di bulan Oktober saja karena suhu di Arab Saudi lebih aman untuk orang tropis seperti kita.

Kalau mau Umroh Backpacker, apa sih yang sebaiknya kita siapkan?

  1. Tabungan. Ini hal wajib ya karena kita itu mandiri, jadi kudu ada persiapan keuangan. Backpacker pun kalau untuk ibadah jangan sampai mbonek dan gembel
  2. Mengurus Paspor dan Visa
  3. Latihan dan kuasai tata cara umroh
  4. Cek kesehatan dan suntik vaksin
  5. Berburu tiket pesawat murah
  6. Mencari akomodasi baik hotel dan kendaraan selama umroh
  7. Cari teman, jangan sendirian. Ini jadi catatan penting apalagi perempuan. Kudu ada mahromnya

Pertanyaannya nih, sanggup tidak kita melewati tahapan sebelum memilih Umroh Backpacker?

Sibuk ini itu, ngurus paspor atau visa saja tidak sempat apalagi berburu tiket pesawat murah? Kalau belum berpengalaman, duh lebih baik niat Umroh Backpacker ditunda dulu deh. Kan enggak lucu karena niat mau ngurangi biaya, eh karena enggak pengalaman jadi bengkak juga keuangannya.

Pamit Umroh, 6 Bulan Kemudian Baru Pulang

Ini kok kaya judul berita ya? Hehehe. Jadi ceritanya nih ada tetangga saya yang pamit pergi umroh. Setelah 6 bulan, dia baru pulang. Apa yang terjadi?

Dia sekalian haji, katanya. Hanya dia dan Tuhan yang tahu ya tentang kebenaran ini. Ceritanya setelah dia umroh tidak langsung pulang. Ibunya kerja di Arab sudah puluhan tahun. Numpang deh sama Ibunya dan mungkin sekalian kerja sambil menunggu saat pelaksanaan ibadah haji.

Kata saya sih dia itu beruntung bisa kaya gitu. Sekalian kan bepergiannya. Tapi saya pribadi lebih milih Umroh Backpacker daripada Haji Backpacker. Alasannya sih karena ibadah haji itu wajib, jadi persiapan hati, fisik dan biaya itu kudu matang. Alangkah nikmat kalau bisa menjalankan ibadah dengan santai tanpa berpikir hemat keuangan atau mau naik kendaraan apa saat pergi ibadah.


Yang pasti saat mau ibadah ke tanah suci harus banget niat secara tulus. Pantang lah pergi ke sana hanya untuk gaya-gayaan atau biar bisa dipanggil Haji. Manfatkan betul saat-saat ibadah di sana dan selalu berdoa agar diberi kesempatan untuk berkunjung lagi.

Jika mau ibadah ke tanah suci secara mandiri, yuk coba pikir lagi. Jika mampu sih tidak masalah. Tapi jika tidak, banyak lho agen Umroh murah terpercaya. Jangan lupa cek rekam jejaknya ya! Kalian ada yang berpengalaman atau kepikiran untuk Umroh Backpacker? Ceritain yuk! Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

42 komentar

  1. Alhamdulillah 5 tahun yang lalu berkesempatan umroh sama suami. Penasaran juga pengin umroh backpacker, kayak apa ya rasanya? Tapi masih pengin juga umroh sekeluarga sama anak2 sekalian. Duduududuu yang bingung itu duitnya ngga ada :D

    ReplyDelete
  2. Senang banget bisa umroh backpacker apalagi dengan orang-orang yang dikasihi. Semoga terwujud ya mbak umoroh dengan backpacker gini.

    ReplyDelete
  3. Belum terfikir mba, umroh yang rombogan aja aku belum pernah mba hiks, tapi sepertinya seru juga ya umroh backpacker gitu.. semoga aku bis segera ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah umroh dan haji ya mba.. aamiin

    ReplyDelete
  4. Whuoh umroh backpacker, baru pernah denger istilahnya. Keren ini jadi kaya semacam traveling tapi spiritual. Ya allah semoga suatu saat bisa sama mamaah :')

    ReplyDelete
  5. Wah semakin termotivasi bisa segera umroh nih. Semoga ada rezeki dan kesempatannya. Amin. Saya belum tahu banyak dengan umroh bekpeker ini. Jadi makin antusias gitu...

    ReplyDelete
  6. boleh juga nih mbak dicoba, namanya tuh jalan-jalan tapi ibadah. Tapi kayaknya kalau belu paham alurnya gimana agak ngeri juga :D

    ReplyDelete
  7. Aku kemarin umroh mandiri sih sebutannya, lumayan bisa memangkas banyak cost dibanding dengan umroh reguler tanpa mengurangi kehusukan dan kenikmatan beribadah. Pengen balik lagi euy, rasanya tertarik dengan cara backpacker supaya budgetnya gak terlalu besar. Btw bedanya apa ya umroh backpacker dengan yang reguler atau mandiri?

    ReplyDelete
  8. Tetanggaku juga gitu, Jia..
    Umroh dan Haji backpacker.

    Tujuannya kan...ingin berlama-lama di Mekah dengan biaya minimum.
    Tapi kenyataannya, kalau ketahuan sama Pemerintah setempat, bakalan di deportasi looh..
    bahaya juga.

    Jadi,
    Penting memilih travel yang amanah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Jia...
      Jangan sampai, cuma karena ingin dipanggil Ibu atau Bapak Haji, jadi ibadahnya ga bener.
      Yang terpenting, menjadi umroh atau haji yang mabrur, in syaa Allah.

      Delete
  9. Aku pernah mencari tahu untuk umroh backpacker, tapi kenyataannya memang ga semudah traveling backpacker ya. Tetep aja ngurus visanya harus lewat travel tertentu.

    ReplyDelete
  10. Aku belum sempet umroh nih mba.. hopefully soon. Penasaran juga kayak apa umroh backaperan

    ReplyDelete
  11. Umroh backpaker ini kesannya lebih light ya mbak, mksdnya lebih simple juga tp kayaknya kalau berkeluarga kurang pas...btw smoga terwujud ya mbak bisa umroh backpacker ☺

    ReplyDelete
  12. Mungkin, suatu saat di masa depan, akan berfikir untuk backpare_an, tapi kalo sekarang mah yang normal aja dulu.

    ReplyDelete
  13. Sepertinya sih asyik banget ya umroh sambil backpakeran gitu.
    .
    Bener banget hal hal yang diperlukan tuh pertama kumpulin uang dulu yang banyak biar pas disana tidak kebingungan dan kita juga harus tau tata cara umroh yg baik dan benar biar tidak sia sia gitu kan

    ReplyDelete
  14. Ini salah satu bucket list Ujame juga sih bun, umroh backpackeran. Selain lebih irit lebih menantang juga. Tapi kayanya belum bisa dilakukan sekarang 😂 semoga next bisa ngerasain umroh backpackeran hihi thanks bun info nyaaa

    ReplyDelete
  15. Akutuh sering banget mimpi bisa umrah bawa keluarga besar. Ngumpulin dananya dulu, ya siapa tau Allah ngasih kemudahan ya kan. Noted aku travel umrahnya sesuai saran Jiah ah..thks ya Jiah muaach

    ReplyDelete
  16. Betul. Kita memang bisa haji lebih murah kalau sudah tinggal di Arab Saudi selama minimal 3 bulan, kalau tidak salah.

    ReplyDelete
  17. Duh duh jadi pengen Umroh Backpacker kalau dananya bisa ditekan jauh lebih murah.
    Sayangnya masih ngurus balita, semoga segera dipanggil Allah juga ke sana.

    ReplyDelete
  18. Iya mbak, saya setuju, ibadah haji persiapannya lebih berat dari ibadah umroh, kudu sehat fisik rohani. Pernah baca juga, ibadah haji ini setara dengan jihad fisabilillah karena beratnya tantangan dalam berhaji, saya belum mengalami, tapi semoga saya juga bisa pergi umroh dan haji dalam waktu dekat

    ReplyDelete
  19. Aku pun pengen banget umroh backpacker ..sdh ada rencana sih..sayang tabungannya dipakai dulu buat tiket anak yg mau plg liburan ke indonesia..mdh2an ada gantinya aja deh ..aamiin..

    ReplyDelete
  20. Wah umroh backpacker itu dreamgoal banget ya mba klo benar2 terwujud apalagi kalau bisa berlama lama melakukan ibadah umroh di sana, mudah2an saya ada langkah juga buat bisa umroh kesana suatu saat :)

    ReplyDelete
  21. Umroh backpacker sama sekali tidak terbayangkan oleh saya. Tiada pengalaman melanglang sendiri. Bagusnya ikut travel yang bisa dipercaya. Lebih tenang juga bisa beroleh silaturahim.
    Konsep umroh backpacker cuma bisa dilakukan mereka yang sangat berpengalaman soal keliling dunia. Soalnya menyangkut kebiasaan jadi sifat mandiri akan terpatri.
    Selamat umroh ya. Semoga ibadahnya mabrur. Aamiin.

    ReplyDelete
  22. Kenalanku kebetulan mengelola umrah backpacker jg. Seru emang ya. Tapi aku pengennya nanti kalau ada rezeki pakai travel umroh dulu. Baru pas kedua, kalau dikasi kesempatan umroh lagi, krn udah kenal medan sblmnya mau coba umroh backpacker. Moga ada jalannya aamiin

    ReplyDelete
  23. aku juga mupeng sama umroh backpacker sejak mak irul pulang umroh backpackaer, kayaknya seru banget dan ngga diburu-buru sama rombongan yang lain :)

    ReplyDelete
  24. Sampai saat ini belum pernah umroh huhu padahal pengen banget kesana. Btw emang ya kalau belum pengalaman backpaker jangan coba kesana dulu takut kenapa2 juga kan berabe.

    ReplyDelete
  25. Ya Allah pengen banget umroh apalagi bsia bawa keluarga. Kemaren temen Umroh hari ke 10 Ramadan dan lebaran di Mekkah. Sylenya backaperan gitu. Seruu dan berkesan banget. Semoga aku juga dikasih kesempatan buat Umroh. Aamiin.

    ReplyDelete
  26. Bener banget Jiah, umroh itu bisa dilakukan dengan backpacker. kalo haji susah bisa kena ciduk kalo ketahuan karena enggak resmi kan biasanya. Aku pun rencananya pilih umroh backpacker untuk berangkat bareng anak-anak, biar ngirit sih karena harus berempat. Yuk saling mendoakan bisa umroh yaa

    ReplyDelete
  27. Aku belom pernah umroh, tapi baca ini jadi banyak tau, makin rajin doa supaya bisa umroh segerA

    ReplyDelete
  28. Aku tertarik juga nih umroh backpacker tapi siapkan fisik dulu karena bakal banyak jalan. Harga murah biasanya lokasi hotel agak jauh dari masjid

    ReplyDelete
  29. Aku dah lama pengen umroh bacpaker, tapi milih ngerem dulu sampai daftar haji. Kalo belum daftar haji enggak berani umroh. 😂

    ReplyDelete
  30. Wah, pengen juga kayak temennya Mbak Jiah. Bisa sekalian naik haji juga.
    Memang paling asyik bisa manfaatin paket umroh yang murah ya, seperti akhir tahun nanti.

    ReplyDelete
  31. Umrah backpackeran itu kayanya seru. Di FB ada grupnya dan bnyak yg nyoba ngrlakuinnya. Pengen ngiler nyoba juga. Hemat budget sih kayanya jika dibanding dg ikut travel umrah.

    ReplyDelete
  32. Umrah backpackeran itu kayanya seru. Di FB ada grupnya dan bnyak yg nyoba ngrlakuinnya. Pengen ngiler nyoba juga. Hemat budget sih kayanya jika dibanding dg ikut travel umrah.

    ReplyDelete
  33. Baru kali ini mendengar istilah umrah backpacker. hahaha. apakah sudah ada pernah yang melakukannya? berhasil apa enggak? seru juga kalo bisa ala-ala backpacker yak.

    ReplyDelete
  34. Niat pengen umroh dan berdoa semoga dimampukan oleh Allah Ta'ala. Beberapa kali rasan-rasan sama Suami tentang umroh backpacker. Katanya kalau umroh backpacker, ngurus Visanya gak bisa diurus sendiri tapi nitip ke biro.

    ReplyDelete
  35. Suami pernah ngajak umroh backpacker, dulu belum kepikiran, moga ada rezeki nih bisa umroh backpacker sama suami, dan bisa nitip anak-anak ke ibu

    ReplyDelete
  36. hebat dong ya kak. soalnya setahu ku untuk haji harus sesuai kuota negara dan ada perijinan yang harus diurus, belum lagi persyaratannya banyak banget sih ya termasuk skreening kesehatan dan sebagainya

    ReplyDelete
  37. Subhananlloh umroh backpacker, seru ya kayaknya. Kemarin ada juga temen yg umroh dan bilangnya sih bacpacker, aku gak tau sih teknisnya gimana, tapi alhamdulillah dia udh kembali ke indonesia dgn selamat.

    ReplyDelete
  38. Insya allah, aku punya niat bisa umroh tahun depan dulu deh dibanding daftar haji yang antriannya masih panjang. Seru juga sih kalau memang bisa umroh ala backpacker seperti ini*

    ReplyDelete
  39. Umroh backpacker, sendirian pula, duh, tak terbayangkan olehku. Aku gak beraniii... hihihi. Kalo aku mending ikut agen umroh terpercaya aja. Trus pengennya bareng suami dan anak-anak. Huwaaa.. semogs biss terwujud suatu saat nanti :)

    ReplyDelete
  40. Seru ya kayaknya kalau umroh backpacker. Semua dilakukan secara mandiri. Ketemu banyak orang dan jadi saudara :) Siapa tahu juga ketemu jodoh #ehhhh

    ReplyDelete
  41. asik ya umroh backpacker iniii
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete