Luka Operasi Caesar yang Perlu Dipahami Oleh Setiap Ibu

July 27, 2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu sedang hamil? Maunya nih lahiran normal atau caesar saja? Setiap kelahiran pasti ada cerita tersendiri!

Umumnya, proses persalinan dapat dilakukan melalui dua proses yakni antara proses secara normal maupun caesar. Bagi kamu yang ingin melakukan operasi caesar, ada beberapa hal seputar luka operasi caesar yang perlu kamu ketahui. Berikut ini beberapa di antaranya:
Pixabay

Penyembuhan luka pasca operasi caesar
Meskipun setelah melakukan operasi caesar akan timbul luka di area sekitar perut, namun bukan berarti luka tersebut tidak dapat disembuhkan sama sekali. Dengan melakukan perawatan yang tepat, luka bekas operasi caesar bisa disembuhkan dengan mudah.

Setelah luka tertutup dengan sempurna serta jahitan juga telah dilepas, berikan pijatan lembut di area sekitar bekas luka. Proses pemijatan berguna untuk memperlancar aliran darah agar tidak terasa mati rasa di area tersebut. Kamu juga bisa menggunakan krim khusus untuk menghilangkan bekas luka agar proses penyembuhan berjalan lebih optimal. Ketika bekas luka terasa gatal, jangan garuk dengan tangan karena bisa menimbulkan iritasi yang membuat luka tak kunjung sembuh.

Luka yang Perlu dibersihkan
Luka bekas operasi perlu diperhatikan betul kebersihannya. Sebab, agar luka tidak memberikan dampak yang semakin buruk, kebersihan jadi salah satu faktor yang perlu kamu perhatikan. Oleh karena itu, jangan biarkan ada kuman atau kotoran yang menempel pada area sekitar luka bekas operasi caesarmu.

Umumnya, kamu akan diperbolehkan untuk mandi 48 jam setelah proses persalinan berlangsung. Namun, saat mandi kamu juga perlu menjaga bekas luka dan jahitan agar tetap kering. Hindari penggunaan antiseptik saat membersihkan area sekitar luka. Ketika perban luka mulai terlihat kotor, lakukan penggantian perban secara berkala agar tetap higienis.

Itulah dua hal seputar perawatan luka operasi caesar yang perlu kamu ketahui. Setelah melakukan operasi, kamu perlu berhati-hati dan menjaga betul pola hidup sebaik mungkin. Sebab, hal tersebut akan sangat mempengaruhi proses penyembuhan luka pasca operasi apakah akan berjalan lebih cepat atau tidak. Kunjungi juga laman berikut https://www.guesehat.com/tips-untuk-kamu-yang-merawat-pasien-diabetes untuk mengetahui berbagai info seputar kesehatan dari Guesehat. Semoga bermanfaat.

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

0 komentar