Lapar di Pagi Hari Tapi Mual Saat Makan? Coba Konsumsi Ini

December 02, 2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Pernah tidak kamu lapar di pagi hari dan ketika makan malah mual?

Kalau perempuan yang mengalami, pasti dugaan pertama adalah hamil. Padahal tidak semua mual itu berhubungan dengan kehamilan. Masa saya yang gadis tiba-tiba hamil? Saya kan bukan Siti Maryam ibu Nabi Isa AS!

Sejak saya masih sekolah, kadang kala suatu pagi, saya mengalami rasa lapar. Kalau bulan Ramadan, ada sahur dan bisa makan. Tapi waktu itu bulan lain dan saya tinggal di rumah orang yang mana pagi buta tentu jarang ada makanan. Kalaupun di rumah, saat makan, akhirnya malah mual dan muntah. Kesalnya, yang keluar itu asam lambung dan pahit banget. Sudah cape di perut, eh pahit di lidah. Lalu, apa sih penyebab mual di pagi hari?

Mual di pagi hari bisa disebabkan oleh:
  • Sakit Kepala
  • Gangguan Hormon
  • Gangguan Pencernaan
  • Efek Samping Kemoterapi
  • Gangguan Ginjal
  • Meningitis
  • Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau Penyakit Asam Lambung
  • Gastroparesis atau Gangguan Pada Otot Lambung 
  • Serangan Jantung
  • Intoleransi Laktosa

Dari beberapa penyebab di atas, dugaannya sih saya terkena sakit kepala, gangguan pencernaan, dan juga masalah lambung yang mengakibatkan mual saat makan. Jelas ini sangat tidak nyaman apalagi di pagi hari. Kita tentu tahu dong bahwa sarapan itu baik buat tubuh kita. Lalu, apa yang saya lakukan jika mual pagi menyerang?

Konsumsi Ini Saat Lapar untuk Hindari Mual di Pagi Hari

Freepik

  1. Minum Air Putih Hangat. Saya biasa minum saat bangun tidur. Jadi jika lapar tapi mual, minum air putih hangat cukup membantu
  2. Minum Jahe Hangat. Kalau mau ribet sedikit, Jahe Hangat juga enak banget dikonsumsi saat pagi. Jika tak mau repot, sekarang ini banyak serbuk Sari Jahe yang tersedia di pasaran
  3. Buah. Jika sudah minum yang hangat-hangat, makanlah buah seperti Pisang. Tapi kadang saya pilih Apel karena sudah mengandung air. Yang penting hindari buah yang terlalu masam 
  4. Makan Biskuit. Ini yang paling saya suka karena praktis. Saya pilih biskuit yang tidak terlalu manis dan original bukan yang ada coklat atau gulanya

Selain menghindari mual pagi hari, makan biskuit juga jadi teman saya saat melakukan perjalanan. Saya adalah orang yang sedikit menghindari makan ketika dalam perjalanan karena gampang muntah. Dengan bantuan biskuit, perut jadi lebih nyaman apalagi seringnya perjalan saya mulai di pagi buta.

Kunci dari menghindari mual di pagi hari adalah bikin nyaman sistem pencernaan kita dulu dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang saya sebut di atas. Jangan memaksakan diri untuk langsung makan makanan berat seperti nasi. Di waktu normal, konsumsi buah dan sayur serta minum air putih yang cukup. Jangan sampai telat makan dan konsumsilah makanan yang bikin lambung kita aman. Jika tidak kuat dengan rasa pedas atau asam, baiknya dihindari. Jangan lupa istirahat secukupnya.

Freepik

Saya memang tidak setiap waktu sedia biskuit. Paling saat tertentu dan pastinya ketika Ramadan dan Idul Fitri. Itu stok bisa melimpah. Bagi yang beragama lain, jelang natal seperti ini, pasti banyak kue kering juga biskuit. Coba juga popular danish biscuits disediain di rumah. Biskuit kalengan ini cukup hits dan memang rasanya enak. Jika kamu pandai membuat sendiri, jangan lupa bagi resepnya ya!

Kalian sendiri ada cerita mual di pagi hari juga? Biasanya dikasih apa tuh biar enggak mual? Makan sejenis mint juga bantu lho! Share cerita kalian ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

26 komentar

  1. Wah bermanfaat banget nih Mbak tentang makanan apa saja yang bisa dikonsumsi saat pagi hari

    ReplyDelete
  2. Memang banyak sekali ya makanan yang bisa kita konsumsi saat pagi hari. Misalkan saja biskuit ini

    ReplyDelete
  3. Ini seperti saya nih Mbak kalau pagi mau makan seperti mual gitu hihi

    ReplyDelete
  4. Wah solusi nih hihi. Saya biasanya lebih memilih tidak makan saja kak hihi

    ReplyDelete
  5. Ternyata dengan minum air putih hangat itu juga bisa menjadi solusi nih ya

    ReplyDelete
  6. Orang hamil mirip kay agini nih suka mual saat makan di pagi hari hihihi. Biasanya disiasati dengan makan sedikit kue atau minum dulu. Wah ini ada danish biskuit ya comot satu ah buat besok pagi sarapan bareng Haru :-D

    ReplyDelete
  7. Saya pernah mengalami rasa mual berkepanjangan. Gak hanya di pagi hari, tetapi sepanjang hari. Itu juga yang akhirnya membuat saya untuk semakin mengatur pola makan. Air putihnya diganti dulu dengan air alkali selama sekian waktu. Alhamdulillah sekarang udah gak gitu lagi. Kalau danish biscuit mah saya juga suka

    ReplyDelete
  8. Betul sekali ini. Aku soalnya juga pernah mual di pagi hari. Dan 4 hl di atas biasanya aku pake buat mengusir mual

    ReplyDelete
  9. Iya, Kak. Saya setiap bangun tidur pasti minum air hangat dulu. Selain baik untuk pencernaan, juga baik untuk jantung.

    ReplyDelete
  10. Aku dulu sering mual juga di pagi hari, saat hamil. Dan biasanya memang makan biskuit, cukup mampu meredakan mual. Danish biskuit aku suka, enaak!

    ReplyDelete
  11. Duh ndak enak banget mual pagi-pagi dan bisa sampai muntah. Memang harus ada yang dipersiapkan biar tak kejadian lagi. Semoga sehat terus ya, Jiah.

    ReplyDelete
  12. aku suka nih biskuit danish ini. enak, renyah dan ringan. apalagi buat teman minum coklat panas

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah..mual pagi hari akhir2 ini sudah sangat jarang kualami, kecuali saat awal2 puasa..hehe.. Dan ya, minum hangat sering bisa membantu meredakannya bila itu terjadi..

    ReplyDelete
  14. Saya banget ini mba kalau sakit maag, pagi malah gak selera makan nasi jadinya makan biskuit untuk makan dan teh manis anget itu aja udah deh adem mualnya :)

    ReplyDelete
  15. Setiap bangun tidur di pagi hari, saya juga selalu minum air putih hangat. Kemudian dilanjutkan minum perasan jeruk nipis hangat. Alhamdulillah bisa menghindari rasa mual di pagi hari.

    ReplyDelete
  16. Makanya enggan makan dipagi hari suka mula mbak. Emang pnya maag kadang asam lambung naik sampai ke kerongkongan. Tapi makan biskuit solusi banget ini.

    ReplyDelete
  17. Aku kalau mandinya kepagian suka mual mbak.....muntah terus tapi gak ada yang bisa dimuntahkan... akhirnya muntah cairan yang pahit rasanya. Kalau pagi aku juga suka minum air putih hangat mbak....belum pernah nyobain sarapan biskuit dannis....sprtinya enak ya mbak....pengen nyobain juga. TFS mbak.

    ReplyDelete
  18. Aku dulu pas di Wonosobo kan dingin, sering banget pagi2 mual. Biasanya aku atasi dengan minum jahe anget. Alhamdulillah manjur banget. Hbais itu nyemil2 juga... Bener sesuai tipsnya Jiah, makan biskuit juga

    ReplyDelete
  19. Saya juga kalau lagi sakit kepala bawaannya pasti mual dan muntah da. Yup nggak selamanya lerempuan yang muan dan muntah di pagi hari itu tandanya lagi hamil apalagi yang masih lajang. Kecuali kalau yang baru berbulan madu, patut dicurigai, hehe

    ReplyDelete
  20. Nah biasanya sih kalau Ujame pagi hari emang suka minum air hangat, bikin lebih nyaman diperut tenggorokan juga. Teh hangat atau teh hijau hangan juga okee siih

    ReplyDelete
  21. jeniper hangat juga bisa mbak. jeruk nipis pake air hangat, enak di perut. kalau biskuit aku juga selalu sedia, pas emang dimakan pagi hari

    ReplyDelete
  22. Wah perlu saya coba ini sarapan sama Dannis. Pastinya aman buat ibu menyusui karena rasanya enak dan banyak varian bentuknha

    ReplyDelete
  23. Iya ya mbak, kalau saya lagi mual juga minum teh dan snack. Untuk biskuit juga suka tapi yang manis-manis mbak hehe.

    ReplyDelete
  24. Air jahe memang enak buat mengatasi mual di pagi hari. Minum air jahe enak. Tapi aku lebih suka sih jahe di parut daripada di geprek atau blender

    ReplyDelete
  25. Biskuit memang bantu banget ya Ji tuk tunda lapar. Minum air hangat juga bisa bikin segar di kala mual gitu, gak hanya mual sih air putih emang banyak manfaatnya dah.

    ReplyDelete
  26. no 1 atau 2 ini favorite saya, terlebih kalau mbok jamu lewat. enak hangat

    ReplyDelete