Resep Kering Pedas Ikan Semadar

November 11, 2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kalau tidak makan ikan, akan saya tenggelamkan!

Kangen banget deh sama jargon ini. Milik siapa hayo? Ibu Susi Pudjiastuti yang punya. Semoga, meski beliau tidak menjabat jadi Menteri, kita tetap rajin makan ikan karena banyak banget manfaatnya. Siapa coba yang tidak suka ikan?
Freepik

Sebagai anak pesisir, makan ikan tuh jadi keseharian. Saya sendiri bisa bosan kalau tiap hari makan daging. Tapi kalau ikan, baik pagi, siang, malam, besoknya lagi makan, tetap enggak pernah bosan. Kenapa? Soalnya jenis ikan di Indonesia memang banyak banget. Saya kalau tiap hari ke pasar, suka ganti-ganti jenis ikan yang dibeli. Biasanya ikan air laut. Kalau angin dan ombak besar, baru deh makan ikan air tawar kaya Ikan Bandeng. Sampai dolan ke Empu Rancak juga pesannya Ikan Bakar.

Bicara ikan, kadang ada tuh saudara yang ngasih ikan. Biasanya Pak Tomo, ke rumah bawa ikan gedhe banget sampai dimakan beberapa hari. Kalau saudara lain, kemarin ngasih ikan kecil-kecil. Kami menyebutnya Semadar. Heol, enaknya diolah apa coba?


Saya cek di Google, Ikan Semadar ini biasa disebut Ikan Baronang. Kelihatannya sejenis Baronang susu. Mereka ini herbivora dan tergolong keluarga Siginidae. Ada yang bilang, namanya Biawas. Entah deh kalian tahunya apa. Ternyata ini ikan banyak banget manfaatnya seperti:

  • Cegah pengapuran tulang dan gigi
  • Sehatin mata
  • Halusin kulit
  • Nyeimbangin kadar cairan dalam tubuh, dll

Ih, waw. Enggak rugi ya makan ikan ini. Masalahnya bukan saya enggak bersyukur dikasih ikan. Selain kecil, ikan ini tuh siripnya sangat tajam. Jadi kudu ekstra hati-hati karena jika tergores betulan sakit sekali, bahkan saat mereka sudah mati. Akhirnya saya putuskan buat bikin kering ikan Semadar.

Bahannya:
  • Ikan Semadar
  • Garam
  • Gula Merah
  • Kecap
  • 5 Bawang Merah iris
  • 2 Bawang Putih iris
  • 15 Cabai iris (Sesuai selera)
  • Daun Jeruk
  • Air
  • Minyak goreng

Cara masak:
  • Bersihkan Ikan Semadar, buang kotorannya. Harus hati-hati
  • Panaskan minyak secukupnya lalu goreng ikan sampai kering. Harus benar-benar kering supaya sirip dan tulangnya aman dimakan. Lalu tiriskan
  • Tumis Bawang Putih, Bawang Merah dan Cabai
  • Setelah harum, masukkan Daun Jeruk lalu tambahkan sedikit air
  • Masukkan garam, gula merah, dan kecap lalu tunggu sampai mengental
  • Setelah itu masukkan Ikan Semadar dan aduk-aduk sampai kering
  • Dan Kering Pedas Ikan Semadar siap dinikmati!

Rajin banget, Ji kamu masak?

Dih kata siapa? Saya mah pemalas sebenarnya. Bisa masak, tapi ya sekadar bisa bedain bumbu dan masak ala kadarnya. Niat saya malah kalau bisa dapat suami yang pintar masak. Jadi saya enggak ada kewajiban bikin makanan tiap pagi. Eh tapi sekarang bisa pesan online sih ya, hahaha.

Tapi nih kalau lagi niatnya ada buat masak, suka lah coba-coba resep masakan rumahan seperti Tumis Pare, Ayam Bumbu Spepeh, Balado Mie Soa, atau sejenis sambal-sambalan kaya Ikan Layang Sambal Gula Merah. Masalahnya nih, alat masak saya masih seadanya banget. Padahal kalau punya perlengkapan yang oke, jadi makin semangat buat bereksperimen!

Beruntungnya ini sudah masuk harbolnas ya! Cocok banget buat berburu alat masak! Tepat hari ini tanggal 11 November 2019, Blibli ngasih cashback 100% dari transaksi yang dilakukan oleh pelanggan. Manjain Konsumen banget ini mah! Ada banyak penawaran produk dari berbagai brand terbaik yang menjamin kualitasnya. Mana peralatan elektroniknya kekinian lagi.

Duh, ketinggalan harbolnasnya nih. Gimana dong!


Tenang saja! Blibli ngasih Promo Flash Sale yang berlangsung tiap hari dan nawarkin produk menarik dari kategori pilihan dengan harga miring. Harganya mulai dari Rp10 ribu di jam tertentu. Tiga kali sehari pula. Saking miringnya, diskon bisa lebih dari 50%. Asyiknya!

Tiap belanja minimal Rp100ribu, kita bisa dapat 1 Token Histeria. Sebanyak 5 Token Histeria yang ditukarkan, kita bisa ikut CAPIT sebuah permainan di aplikasi Blibli. Dengan main ini, kita bisa hepi belanja dan juga main sampai Tebus Produk Harga Syok. Mana produknya banyak banget lagi! Suka banget deh! Kalau kelewatan, Game CAPITnya masih ada sampai Desember ya! Don't worry, siapa tahu rejekinya ada di bulan depan.

Kayanya Resep Kering Pedas Ikan Semadar sampai di sini saja ya! Saya mau berburu diskonan wajan sama blender nih. Siapa tahu bisa dapat Harga Syok juga. Jangan sampai kelewatan ya! Jangan lupa makan ikan!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

31 komentar

  1. Sepertinya enak banget niha Mbak, saya jadi ingin nyobain nih hehe.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaat ini Mbak, pasti akan sangat membantu.

    ReplyDelete
  3. Resepnya lumayan mudah ya Mbak, terimakasih sudah mau berbagi pasti akan saya praktikkan.

    ReplyDelete
  4. Langsung ingin ikut membuat nih Mbak, pasti banyak yang suka nih eheh.

    ReplyDelete
  5. Blibli memang selalu memberika promo-promo yang menarik ya Mbak, saya juga suka banget belanja di sana.

    ReplyDelete
  6. Wah enak banget ya Mbak sepertinya, gambarnya saja sudah menggoda perut nih hehe.

    ReplyDelete
  7. Baru tahu aku mba ikan baronang ini manfaatnya banyak juga dan sejenis herbivora duh udah lama aku ga makan ikan yang diasinin wkwkw alias ikan asin jadi pengen

    ReplyDelete
  8. kalo di makan kriuk gitu gak? hehehe... ikan di negara kita memang banyak macamnya ya sampe kadang ada juga ikan yg blm pernah saya cobain...

    ReplyDelete
  9. Saya baru tau ikan semadar. Tetapi, saya juga suka sih makan ikan. Apalagi ikan laut karena minim duri

    ReplyDelete
  10. Waaahh, aku juga doyaaan banget makan ikan!
    Apalagi kalo pake sambel, nyam nyam nyaaamm
    Makasi resepnya ya sist. Mau coba kapan2 ahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  11. Saya sering liat ikan itu dulu suka ada di pasar. Tapi karena ga tau ngolahnya gak beli. Bisa dicoba nih hehe. Makasih mbak resepnya.🤗

    ReplyDelete
  12. Lagi nyari nyari informasi ikan baronang ini kalau di daerah saya namanya apa ya?
    Saat ini saya di kolam belakang rumah cuma punya ikan nila, mas dan patin. Pengen juga coba makan ikan baronang yang nikmat ini

    ReplyDelete
  13. Paling suka ikan kecil-kecil.
    Soalnya, tinggal lop, giccu!
    Jodohnya nasi pulen hangat dan dinikmati bareng kesayangan.
    Mantul!

    ReplyDelete
  14. Wah makasih ide masakannya mba..lumayan bisa nih dieksekusi gampang soalnya hehehe

    ReplyDelete
  15. aduhhhhhhhhhhhhhh aku paling suka olahan ikan begini apalagi klo dimasak super pedassss,, duh nasi bisa abis banyaakk :D

    ReplyDelete
  16. Aku doain dapet suami yang pintar masak jadi nanti Jiah tinggal makan sama nemenin masak aja. DUh aku kok jadi ngebayangin chef ganteng di drakor :-D

    ReplyDelete
  17. Suami suka ikan, tp sayanya kurang minat krn males ngolahnya. Kalau ikan yg langsung santap sih suka banget.

    ReplyDelete
  18. Bahannya simple cara buatnya juga keliatan gampang nih. Jadi pengen nyobain resepnya. Soalnya selama ini saya kalau makan ikan biasanya cyma digoreng saja atau dibakar. Sekali-kali pengen juga deh dikreasikan kayak gitu, hehe

    ReplyDelete
  19. Keren ih mau bilang rajin eh ada disclaimer nya hahaha... Suamiku tuh jago masak..ada ga enaknya dikit jarang muji masakan istri krn dia lbh jago hahaha

    ReplyDelete
  20. Selalu suka sama blog yang sering sharing resep Masakan, karena biar bisa nyoba juga hehehe. Makasih Mba udah sharing

    ReplyDelete
  21. Wah, enak nih Jiah. Aku suka deh yang pedes kayak gini. Aku biasanya masak teri. Boleh-boleh nih nyoba resepnya. Izin nyonteeeek :D

    ReplyDelete
  22. duh bayangin itu kalau dimakan pake nasi panas pasti enak ya hmm

    ReplyDelete
  23. Jiaaah, pamer masakan gini aku jadi laper kaaan
    Trus sekarang udah dapat blender nya? Berapa harganya, bisikin dong. Aku udah lama gak belanja di Blibli nih

    ReplyDelete
  24. Si sini ikan Samadar itu disebut ikan Baronang. Tapi ukurannya besar-besar. Biasa kami beli kalau pas bulan puasa ada yang jual ikan bakarnya di tempat takjilan.

    ReplyDelete
  25. Aku nih termasuk kandidat yang bakalan ditenggelamkan Bu Susi hahaha.... untung aja Bu Susi udah enggak menjabat :))

    Ayo takkancani berburu diskonan wajan Ji meskipun genre masakan kita berbeda. Palingan aku nggoreng tahu tempe ae hehehee...

    ReplyDelete
  26. Calon mantu idaman ini mah. Udah cantik, soleha, Pintar masak pula. Masakin dong ji,

    Huuuu ujungnya ga enak ya 😂

    ReplyDelete
  27. Wuih, iri deh sama Jiah yang bisa puas makan ikan, di tempatku jarang ikan aneh-aneh paling ikan mas, mujair, harbolnas memang waktunya cari barang incaran ya

    ReplyDelete
  28. Baru tahu saya nama lain ikan baronang itu adalah ikan semadar. Memang sih ikan baronang ini dipercaya banget akan gizinya yang tinggi ya dan untuk ibu hamil bagus loh kalau rutin makan ikan selama hamil karena juga untuk menutrisi ke janin. Nanti anak begitu udah bisa makan juga sebaiknya rajin dikasih ikan. Btw, makasi untuk resep kering pedas ikan semadarnya. Kapan-kapan saya juga mau coba bikin

    ReplyDelete
  29. Senengnya bisa mendapat ikan laut segar. Aku suka ikan laut. Zaman masih kecil tinggal di pinggir pantai. Makan ikan laut setiap hari

    ReplyDelete
  30. Aamiin~
    Aku doain dapet suami yang suka masak, Jiaa..
    Atau paling engga...yang ga rewel...hiihhi, kan wanita ingin selalu di mengerti yaa...
    **kaya lagunya Ada Band yaa...?!?!

    ReplyDelete
  31. resepnya aku kasih ke ummiku aja mungkin dia yg bisa hati2 bisa buang kotorannya ikan semadar ini hehehe makasih mbakk resepnyaa

    ReplyDelete