Idul Fitri 2020

May 29, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Selamat Hari Raya Idul Fitri! Maaf lahir batin ya!

Idul Fitri 2020 di masa pandemi ini terasa sangat perbedaannya. Ah, saya sama sekali belum menuliskan Covid-19 di blog ini. Tapi tentu kita tahu bahwa banyak suka dan duka meski keadaan serba terbatas dari rumah.

merayakan idul fitri saat masa pandemi

Pertama, saya tidak solat Ied di masjid. Well di kampung saya masih mengadakan solat, tapi serba terbatas. Saya sendiri tidak berangkat karena dapat tamu bulanan. Sedih sebenarnya karena solat Ied kan setahun sekali. Tapi ada senangnya juga karena Ramadan tahun ini saya punya hutang sedikit.

Setelah orang-orang pulang, kami serumah maaf-maafan. Perbedaannya lagi karena Mbah saya sudah tidak ada. Jadi yang biasanya ramai akhirnya sepi. Kami kemudian ke rumah Mbah samping kiri rumah, adik dari Mbah saya. Lalu ke rumah tetangga samping kanan. Ke rumah Mbah yang masih sekampung, tetangga dekat. Lalu terakhir ke rumah Mbah yang ada di desa tetangga lalu pulang. Dan sampai hari ini saya tetap di rumah saja.

merayakan idul fitri saat masa pandemi

Tak ada jalan jauh karena kita semua harus tetap membatasi diri dari banyak kerumunan. Lagian hari juga sibuk karena bantu tetangga sebelah kanan rumah yang baru saja kehilangan salah satu anggota keluarganya di akhir Ramadan.

Tahun ini Mbak saya yang tinggal di Pati juga tidak mudik ke Jepara. Ada kasus di desanya sehingga jalan ditutup. Kami pun bersapa lewat video call saja. Meski sedih, tapi kita semua harus kuat.

Pertambahan kasus Covid-19 di Jepara tanggal 29 Mei

Idul Fitri 2020, pertambahan kasus di Jepara mulai banyak. Padahal sepekan lalu sempat 0 kasus dan berharap bisa bertahan seperti itu. Mungkin saya, kita semua harus lebih peduli. Jujur saja, kita masih banyak yang bandel dan terkesan menyepelekan Virus ini.

new normal life

Harapan saya, kita semua semoga tetap bisa bertahan dan kita belajar untuk memulai new normal life. Bagaimana dengan kalian?

You Might Also Like

2 komentar