Marhaban Ya Ramadan!

May 01, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Marhaban Ya Ramadan! Yaelah telat amat saya bilang selamat datang, hahaha. Padahal sudah masuk Minggu kedua bulan suci. Ngomong-ngomong, bagaimana puasa kalian di tengah pandemi ini?

Freepik

Saya alhamdulilah lancar meski ya ada saja cobaan yang datang tiba-tiba. Bisanya dinikmati, disyukuri dan tetap berdoa yang terbaik. Puasa tahun ini jelas banyak banget perbedaannya. Pertama karena tidak ada Mbah saya. Tapi rumah tetap ramai, kadang juga ada tambahan orang yang berbuka atau sahur.

Lalu puasa tahun ini, dosa saya berkurang satu, alhamdulilah. Dosa apa itu?

Ngomelin Bocah yang main tongtek di depan rumah, ckckck. Jadi hampir tiap masuk Ramadan, anak-anak selalu nyiapin tongtek buat bangunin orang sahur. Mereka akan berkeliling entah ke mana. Herannya mereka enggak takut gitu akan gelap dan lainnya. Haqqul yaqin saja mungkin.

Sebenarnya saya tidak ada masalah jika mereka ingin membangunkan sahur. Yang jadi masalah adalah mereka bersiap dari jam 12 malam. Lalu mulai mukul itu tongtek dari jam 1 pagi. Parahnya, mereka sering banget berhenti lama di depan rumah.

Tahun lalu alhamdulillah saya ada pekerjaan tapi selesainya paling tidak pukul 11 malam lalu lanjut ini itu. Mungkin sekitar pukul 12 baru matiin smartphone. Biasanya enggak langsung bisa tidur kecuali sedang lelah sekali. Setengah 1 atau jam 1 mungkin baru benar-benar terlelap. Nah saat itu tongtek beraksi di depan rumah. Kebayang pusingnya kan? Mereka ini bukan bangunin sahur, tapi ganggu orang tidur. Saya rasa, bukan hanya saya yang baru bisa tidur di jam itu.

Karena tahun ini ada Covid-19, kumpul-kumpul, sahur di jalan dilarang termasuk tongtek ini. Malam tuh rasanya damai banget. Bangun pas ada panggilan buat sahur sekitar jam 3 pagi. Tetap sih saya bangunnya jam setengah 4. Nah ada hikmah kan di balik musibah ini.

Ya mari kita tetap banyak bersyukur. Semoga kita diberi kelancaran selama menjalankan ibadah puasa ini dan tetap bisa bertemu lagi tahu depan. Amin....

You Might Also Like

2 komentar

  1. Baru saya mau nanya tongtek itu apa mba? oh ternyata 😂

    pernah juga kejadian kemaren itu, anak2 bangunin sahur suaranya berisik jam 2 pagi, karena jalan lorong itu mepet deket jendela kamar, aduh kebayanglah gimana suaranya. bayi2 di rumah pada bangun semua 😂, trus kyknya ada yg protes, akhirnya mereka kelilingnya jam 3 an. Tapi harini anak2 kagak ada yg lewat karena hujan, dan sayapun jadi kesiangan bangun saurnya 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, bikin nge-hang kan karena gangguan itu

      Delete