Ritual Sebelum Tidur: Dongeng

April 13, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kalian punya anak kecil? Punya ritual apa sebelum tidur? Minum susu? Sikat gigi? Atau baca dongeng bergambar? 

Well saya memang belum menikah, tapi kadang Keponakan-Keponakan ikut tidur sama saya. Jika berkumpul, satu kasur akan penuh, 4 orang dengan saya. Kalau sudah begini, ada saja beberapa ritual sebelum tidur yang akan kami lakukan.

Freepik


Hampir sebulan ini, salah satu Keponakan tidur dengan saya tepatnya saat mulai belajar di rumah. Waktu masih batita, dia juga kadang tidur di rumah. Pernah juga ngetuk pintu tengah malam dan nangis-nangis. Kalau diingat ya lucu. Sekarang karena sudah kelas 2 SD, paling yang ribet itu ritual sebelum tidur dan juga saat bangun untuk solat subuh. 

6 Ritual Sebelum Tidur 


  • Pertama, bereskan urusan kamar mandi. Mulai dari sikat gigi. Lalu cuci tangan dan kaki tapi saya menyarankan untuk wudhu. 
  • Kedua, membersihkan kasur, menyiapkan selimut dan hidupin kipas angin
  • Ketiga, Pillow talk. Ini dilakukan kalau mereka belum benar-benar ngantuk. Ngobrolnya random, tapi kadang saya lebih memilih mendengarkannya bercerita entah tentang hari atau tentang apa yang dia lihat dan lainnya
  • Keempat, Dongeng
  • Kelima, Elus-elus atau pijit badan
  • Keenam, nyanyi dan solawatan 

Dan setelah berbagai ritual, akhirnya mereka bisa tidur dan saya melanjutkan ngedrama, hahaha. Untuk mendongeng, sebenarnya saya juga tidak pandai. Ketika saya mendongeng akan banyak improvisasi juga akting lebay. Habis gimana ya, saya dulu ikut teater dan kangen banget, ckckck. 

Dongeng sebelum tidur, ceritakan yang indah biar 'ku terlelap
Dongeng sebelum tidur, mimpikan diriku, mimpikan yang indah
Dongengmu sebelum tidur, oh...
Dongeng - Wayang
 

dongeng bergambar

Untuk mendongeng, saya biasanya memilih buku yang sesuai umur anak. Untuk Batita, pilih yang banyak gambarnya dan simpel. Untuk anak di atas lima tahun, masih tetap buku bergambar hanya saja lebih banyak pembelajaran kehidupan. Misal cerita tentang Nabi dan Rosul atau cerita Rakyat dari Indonesia, Timun Mas, Asal Muasal Danau Toba dan lainnya. Saya akan menghindari cerita seram. Jadi saya akan lebih dahulu baca cerita tersebut. 

Saya juga memilih buku dengan bahasa yang dimengerti anak. Tapi paling sering bahasa Indonesia. Saya belum terlalu banyak ngajarin Bahasa Inggris atau lainnya. Daripada saya bingung sendiri, mending pakai bahasa Ibu. 

Sekarang ini kita juga bisa memakai video untuk mendongeng agar lebih menyenangkan. Contohnya cerita dari Dongeng Aku Dan Kau. Cara Seru Memainkan Dongeng Interaktif Aku dan Kau yaitu:


  1. Beli susu DANCOW, semua ukuran kemasan
  2. Temukan kode unik di bagian dalam kotak susu
  3. Pilih salah satu cerita rakyat yang diinginkan
  4. Daftar dan masukan kode unik untuk lihat video dongeng interaktifnya 

Manfaat mendongeng yang harus kita ketahui 


Freepik

  • Menambah kosakata baru
  • Menumbuhkan minat membaca
  • Mengembangkan imajinasi dan kreativitas
  • Meningkatkan keterampilan komunikasi
  • Mendorong rasa percaya diri
  • Membangun hubungan erat orangtua dan anak 

Saya bersyukur punya Keponakan untuk berlatih sebelum mendongeng dengan anak sendiri suatu saat nanti. Tapi tetap saya harus lebih banyak belajar juga rajin membaca agar makin baik saat mendongeng. Kalau bisa, nanti mendongengnya sama pasangan juga. 

Begitulah ritual sebelum tidur juga mendongeng versi saya. Jauh banget dari kata sempurna, tapi lumayan untuk latihan dalam banyak hal. Kalian sendiri punya ritual apa yang dilakukan bersama anak? Share cerita kalian juga ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

25 komentar

  1. Bahagia bgt jadi ponakannya, mba 😁

    ReplyDelete
  2. Iya saya juga beli dancow 3+ dapat hadiah cerita dongengnya. Tapi saya biasanya mengingat ceritanya. Soalnya kalau lampu nyala saat mau tidur itu anakku nggak bisa tidur. Yang lelah itu kalau minta ceritanya diulang2.. hahahaha... umminya bosen.

    ReplyDelete
  3. AKu domng, ikutan jadi keponakan mbak hihihihi :D Kalau aku jarang membacakan dongeng buat anak2 sebelum bobo. Ga sering kayak mamah2 yang rajin gituuuu :) Anak2ku demen buku pop up gitu yang bukunya tebal2 dibuka ada jendela2nya, berupa gambar maupun kata2. Atau bisa juga cerita seharian ngapain aja dll.

    ReplyDelete
  4. Kalau kami biasanya sebelum tidur suka cerita-cerita sambil dengar murotal, terus ngecek hafalan anak. Kalau baca, mereka kurang suka hehe mungkin karena anak saya tipe auditori

    ReplyDelete
  5. Mantaab iniii ritual yang no 6 itu loh
    Btw jiaah nanti kalo punya anak jadi ga kagok lagi yaa, udah punya ponkan banyak, haseeek..

    Kalo aku ritualnya ditambahin onlen dulu hahaaaaa, bw wkkwkkww..

    ReplyDelete
  6. aku dulu juga didongengin sama orangtua sebelum tidur. tapi ceritanya bikinan ayah sendiri tiap hari beda-beda.

    ReplyDelete
  7. Wah kakak tante yang baik nih dan ke depannya akan jadi ibu yang baik. Keren 😍. Sama rutinitas aku sebelum tidur malem bareng anak ya sikat gigi, bacain buki cerita, ngobrol, murojaah hapalan, berdoa dan tidur deh. Wah aku baru tahu nih dancow ada cerita mendongennya. Jadi penasaran aku ama cerita dongeng dari dancow ini

    ReplyDelete
  8. Aku juga melakukan ini baru seminggu terakhir ini, tapi sebenarnya lebih sering bundanya duluan yang tidur kayaknya. Biasanya aku suka minta anakku untuk mengulang lagi.

    ReplyDelete
  9. buat yang terbiasa didongengin sebelum tidur, pasti merasa ada yang kurang saat hendak tidur gak ada yang ceritain ya mba

    ReplyDelete
  10. Jiah itu tante idola ponakan pasti ya, kesayangan sampai dikerumuni sebelum tidur.
    Dulu waktu anak-anak masih kecil, mereka juga milih didongengin atau digaruk gitu punggungnya

    ReplyDelete
  11. Bahagianya punya tante kayak Jiah. Ngurusi ponakan kayak anak sendiri pantesan ponakannya selalu pengen tidur bareng Jiah. 😍

    ReplyDelete
  12. Ini kebiasaan saya ketika anak-anak masih SD. Saya juga suka berimprovisasi meskipun gak pernah ikut teater. Tetapi, memang lebih seru kalau ada improvisasinya :D

    ReplyDelete
  13. Wah, asyik banget ya, di kemasan dancow ada kode unik untuk video interaktif, anak-anak pasti suka...

    ReplyDelete
  14. Wahaha...senangnya punya tante kayak Mbak Jiah. Samaan di sini Mbak Jiah. Ritual sebelum tidur kami juga panjang. Gosok gigi, cuci tangan-kaki, ganti baju (kalau keringetan/kotor aja), baca Alkitab, dongeng (dongengnya bisa saya yang cerita atau ganti dengan lihat yutub sama-sama. Semua itu makan waktu 30 menit - 1 jam :D. Pernah si kecil rikues agar saya terus cerita sampai dia merem. Padahal saya juga sudah ngantuk. Alhasil ceritanya jadi ga karuan :D

    ReplyDelete
  15. Jadi ingat dulu putriku pernah konsumsi Dancow juga.
    Kadang-kadang ada promo khusus koleksi dongeng rakyat nusantara.
    Karena konsumsinya bertahun, koleksi dongeng Yasmin pun lengkap.

    Setelah buku dongeng mini, lalu promo berganti ke pengetahuan umum di disc.
    Koleksi ini pun lengkap juga, bahkan masih ada sampai sekarang.

    Yasmin juga dulu suka banget sama dongeng.
    Matanya mengerjap indah saat mendengar aku mendongeng.
    Soalnya aku ekspresif banget, bahahaha.

    Ahhh, sweet memories banget!




    ReplyDelete
  16. Buanyaaakkk bangett manfaat dongeng utk anak, ya
    Sip sippp, ini bisa aku share ke iparku yg punya anak balita nih

    ReplyDelete
  17. Pillow talk ini bagi saya berkesan banget. Ingat zaman kecil dulu sering nginap di rumah Kakak sepupu, rame-rame lalu setiap sebelum tidur suka diceritain tentang dunia remaja mereka. Rasanya dulu mereka itu keren banget dan saya nggak sabar ingin segera tumbuh besar seperti mereka. 😅

    ReplyDelete
  18. Aku juga suka dongen buat anakku. Tapi dongengnya ngarang sendiri. Soalnya jarang nemu buku cerita yang bisa luwes gitu ceritanya. Jadi mending bikin cerita sendiri atau cerita rakyat yang di modifikasi

    ReplyDelete
  19. Ini kebiasaan di rumah jg mbak, kadang pakai buku kadang aku sendiri yang ngarang. Menurut teori anak itu belajarnya sblm tidur jd bisa lbh inget, jd pas dongeng sekalian nyisipin ajaran2 kek moral gtu2, sarannya

    ReplyDelete
  20. saya jg kebas2 kasur dulu biar gak ada jin yg ikutan tidur hehe. katany sih gitu yaaa. lalu anak saya jg suka didongengin, jd kebiasaan deh

    ReplyDelete
  21. Aku sekarang lebih selektif mau dongengin anak-anak, Jia...
    Soalnya cerita rakyat aja yaah...kadang ada kejadian yang jadi pertanyaan.
    Misal : Kisah Tangkuban Perahu. Tau doonk...kalo anaknya suka sama Ibunya sendiri.
    Ini kan aneh yaa...?

    Hahah...jadi aku cenderung dongeng kisah Nabi dan Rosul (yang itupun aku ceritakan kembali, bukan baca buku), karena menurutku...ada hal-hal yang belum waktunya anak-anak tahu.

    ReplyDelete
  22. Dulu waktu anak-anak masih kecil saya juga selalu membacakan buku dongeng untuk anak-anak. Biasanya buku kisah tokoh-tokoh Islam. Setelahnya biasanya mereka suka cerita-cerita gitu.

    ReplyDelete
  23. Aku suka banget mendongeng dan anak-anak senang kalau aku bacakan buku atau bercerita sebelum tidur, mudah juga menyelipkan nasehat lewat dongeng.

    ReplyDelete
  24. kayakmnya aku harus mulai mencoba dongeng deh buat anak sebelum tidur, biasanya cuma ngobrol2 biasa sebelum tidur.

    ReplyDelete