Ragam Manfaat Hand Sanitizer, Bisa Bunuh Kuman dan Virus

June 27, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Di tengah ancaman virus dalam masa pandemi yang belum juga berakhir ini, memang salah satu cara terbaik untuk melindungi diri adalah dengan selalu sedia hand sanitizer. Pasalnya, tidak hanya dapat membersihkan tangan dari kotoran tanpa harus repot-repot mencuci dengan air, produk kesehatan ini juga bisa untuk menangkal infeksi virus dan kuman. Oleh karena itu, yuk simak ulasan mengenai macam-macam manfaat hand sanitizer di artikel satu ini.

Manfaat Memakai Hand Sanitizer

manfaat hand sanitizer dan tips memakainya
Freepik


Kadang kala ketika kita ada di suatu tempat dan butuh segera membasuh tangan, sabun dan air mungkin sedang tidak tersedia. Nah, kehadiran hand sanitizer tentu membuat kita tidak perlu bingung lagi untuk membersihkan tangan tanpa keduanya. Adapun beberapa manfaat hand sanitizer yang bisa kita peroleh yaitu :

1. Menjaga Kebersihan dan Mencegah Bakteri
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, produk ini bisa membantu kita untuk menjaga kebersihan tangan. Cukup oleskan hand sanitizer pada kedua telapak tangan, maka tangan sudah bebas dari kotoran dan dijamin bersih dari kuman, bakteri, hingga virus.

Mengingat produk ini adalah salah satu solusi mudah menjaga kebersihan tanpa sabun dan air, tidak heran jika di tengah pandemi ini, hand sanitizer menjadi langka dan diburu banyak orang. Namun tenang saja, di JD.id jual hand sanitizer, kita bisa mendapatkannya dengan mudah lho. Caranya cukup saja cari di kategori produk dan tinggal pilih, kemudian tap beli. Gampang, kan?

2. Fleksibel Dibawa Ke Mana Saja
Protokol kesehatan mengharuskan kita untuk senantiasa rajin mencuci tangan dengan sabun dan air guna mencegah infeksi virus. Tapi, tentu tidak lucu jika kita berangkat ke kantor dengan berbekal sebotol sabun dan segalon air. Maka dari itu, hand sanitizer dipilih karena bisa dibawa ke mana saja, fleksibel dimasukkan ke dalam tas, dan akurat membersihkan tangan kita dari kuman hingga virus.

3. Bisa Digunakan di Benda Lain
Ternyata, tidak hanya bisa digunakan di kedua telapak tangan saja, produk ini juga bisa dipakai di berbagai benda lainnya. Sebut saja layar ponsel, keyboard laptop, pegangan pintu, hingga alat-alat makan dan benda-benda lainnya. Jadi, sifatnya lebih seperti desinfektan yang bagus untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus.

Namun, untuk merasakan semua manfaat dari hand sanitizer di atas, ada beberapa langkah efektif yang harus kita ambil. Pertama, kita harus memastikan bahwa kedua telapak tangan benar-benar kering saat akan menggunakan produk ini. Kita juga harus membaca petunjuk terlebih dulu sebelum mengoleskannya. Pakai produk sesuai anjuran dan jangan berlebihan. Sebaiknya, usapkan cairan hand sanitizer ke telapak tangan dengan gerakan cara membasuh tangan yang benar. Jika perlu, kita juga bisa memakainya hingga ke lengan.

Ketika mengenakannya, kita tidak perlu mengeringkan tangan dengan handuk atau sapu tangan. Biarkan produk kering sendiri agar hand sanitizer bekerja maksimal membersihkan telapak tangan dari kuman, bakteri, dan virus. Ketika akan makan pun, tunggu cairan di tangan mengering dahulu. Gunakan produk ini ketika tidak ada sabun dan air. Bagaimana? Sangat bermanfaat dan sangat mudah penggunaannya, bukan?

Demikian ulasan mengenai macam-macam manfaat hand sanitizer. Gunakan produk ini untuk menjaga diri dari penyebaran virus Covid-19 dan juga berbagai ancaman kuman serta bakteri lainnya. Biasakan senantiasa hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan menjaga tangan tetap higienis di manapun dan kapanpun kita berada. Semoga ulasannya bermanfaat untuk kalian. Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

14 komentar

  1. Saya sebenarnya penganut cuci tangan. Namun, saat pandemi mulai merajalela, hand sanitizer menjadi alternatif pertama untuk melindungi diri. Semoga dengan artikel ini semakin banyak yang sadar pentingnya kebersihan.
    Sehat2, ya.

    ReplyDelete
  2. Akutu udah sejak lama suka pake handsanitizer Mba, tapi ya gitu, gak sesering sekarang makenya, hehe

    ReplyDelete
  3. aku juga bawa hand sanitizers ke mana - mana mbaa..solany amemang perlu. Tpi aku suka yang melembabkan....soalnya tangan jadi kering dan gatal kalau keseringan pakai

    ReplyDelete
  4. Skg mah kudu kmna2 bw handsanitizer ya..aplg situasi saat ini. Tp bagi aku, lebih suka handsanitizer yg gak lengket di kulit...agak aneh klo pke yg lengket2 gtu

    ReplyDelete
  5. Sekarang kalau keluar rumah harus bawa hand sanitizer untuk jaga-jaga kalau ga ketemu air dan sabun.
    Lebih praktis juga ya.

    ReplyDelete
  6. Aku udah dari dulu pakai hand sanitizer kemana-mana. Anak2 juga selalu kubawain di tasnya. Kalau suami baru2 aja pas pandemi, dulu2 sukanya nebeng saya. Bapak2 gitu, males kalau bawa printilan. Jadi pas pandemi nggak terlalu gimana karena sudah punya persediaan di rumah.

    ReplyDelete
  7. sebenernya aku dari dulu juga pakai hand sanitizer tapi ga sesering sekarang :( makanya selalu punya stok hand sanitizer hehehee

    ReplyDelete
  8. lebih senang sih mba klo cuci tangan, tapi penggunaan HS ini sangat memudahkan bagi yang punya anak, yang sedikit2 pegang2 barang sekitarnya...

    ReplyDelete
  9. Saya kalo ke mana2 Benda wajib yg hrs selalu ada di tas adalah hand sanitizer. Untungnya udah banyak brand yg bikin produk ini dgn ukuran travel size jd gampang dibawanya

    ReplyDelete
  10. Hand sanitiser ini menjadi populer sejak hadirnya virus Corona yah, tp katanya ampuh bunuh bakteri dan virus. Mesti sedia di rumah

    ReplyDelete
  11. Anak-anak kalau pergi sampai kezel karena mamaknya bolak-balik minta mereka pakai hand sanitizer lagi dan lagi.
    Huhuu...abisan, parno yaa...kalau ngajak anak-anak ke tempat umum, sagala dipegang.

    ReplyDelete
  12. Baru-baru sekarang aja saya punya hand sanitizer mbak. Udah banyak yang jual dan murah sih. Dulu awal2 pandemi saya cuci tangan pake sabun. Dan memang memakai hand sanitizer itu enak. Dingin di kulit terasa keset.

    ReplyDelete
  13. Jadi inget nih Ji aku kok jarang bersihkan layar hpku ya. Untungnya emang ga pernah kemana-mana sih bawa hp di musim corona ini. Keluar rumah palingan belanja sayur aja. ;)

    ReplyDelete
  14. Let's stay safe. Lebih baik menjaga ya mba. Aku klo bisa cuci tangan lebih baik cuci tangan, tapi saat pandemi sekarang, hand sanitizer wajib dibawa.

    ReplyDelete