Cara Mengetahui Kecepatan Internet

January 18, 2021

Internet mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia di era digital ini. Internet mempunyai kecepatan koneksi untuk memudahkan dalam proses pencarian, semakin cepat maka semakin efektif fungsi dari internet.

Kecepatan internet dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. Internet yang bermasalah biasanya ditandai dengan koneksi lamban dan tidak bisa diakses. Untuk mengetahuinya secara pasti, kita perlu melakukan tes kecepatan internet apakah ada kendala atau tidak.

cara mengetahui kecepatan internet

Tentu menyebalkan saat sedang sibuk beraktivitas dengan internet tiba-tiba tersendat dan tidak bisa berbuat apa-apa. Yang bisa dilakukan biasanya adalah komplain ke bagian IT atau bahkan ke Internet Service Provider (ISP). Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah mengukur kecepatan akses internet yang kita gunakan. Ini bisa menjadi langkah awal mendeteksi problem koneksi internet yang lambat. Meski awam soal teknologi internet, kita bisa mengukur kecepatan internet sendiri dengan sedikit gambaran umum.

Cara Tes Kecepatan Internet


Kita dapat mengecek test koneksi internet sendiri tanpa harus menghubungi operator atau ISP. Tentunya ini lebih mudah dan cepat tanpa harus menunggu lama. Dengan begini kita bisa mengetahui apa yang menjadi penyebab internet melambat.

Tes kecepatan internet dapat dilakukan untuk pengukur kecepatan internet saat proses download atau searching. Kita dapat mengetahuai kecepatan internet untuk PC, laptop ataupun android dengan cara yang mudah sekali. Jika tidak melakukan tes kecepatan internet online saat mengalami gangguan apalagi ketika menggunakan wifi rumah unlimited murah tentu saja membuat kita khawatir akan kecepatan dan stabil jaringan yang dihasilkan. Maka dari itu, kita bisa mengecek kecepatan IndiHome salah satunya dengan berikut:

Kita bisa melakukan tes kecepatan internet indihome dengan mudah dan akurat. Cara pengecekanya juga sangat mudah dan dilakukan secara online. Buka website Indihome dan pilih menu yang tertulis GO. Pilih opsi GO tersebut untuk cek kecepatan internet dari Indihome.

Selama proses pengecekan, tunggu hingga hasil muncul. Jangan buka aplikasi lain agar hasilnya lebih akurat. Indihome Speedtest akan menampilkan hasil perhitungan pada layar monitor, hasil tersebut merupakan akumulasi saat mendownload dan mengupload data atau file. Kita juga bisa mengetahui ping dan jitter dari hasil perhitungan tersebut secara otomatis.

Bagaimana, mudah bukan? Silakan dicoba di rumah ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

0 komentar