5 Permainan Anak 1 Tahun

June 15, 2021

Punya anak atau keponakan batita di rumah itu cukup seru. Banyak hal yang membuat kita orang dewasa jadi ikut belajar. Lalu, permainan anak 1 tahun yang tepat itu apa saja ya?

Sepertinya saya belum cerita tentang Keponakan saya yang bontot. Namun saya pernah menulis tentang Ibunya yang Positif hamil dan hal-hal lucu yang terjadi. Nah sekarang Keponakan saya sudah berusia 7,5 bulan. Sudah bisa tengkurap, balik, dan mulai bergerak dengan dadanya. Tak terasa. Sepertinya baru kemarin lahir, eh sudah mau satu tahun saja.

permainan anak 1 tahun

Di sekitar rumah itu ada beberapa batita. Yang kanan kiri usianya 1 tahun. Yang satu sudah bisa berjalan bahkan berlari, yang satu masih tahap berdiri dan melangkah. Bukan bermaksud membandingkan, hanya saya kadang melihat cara Ibunya mengasuh atau memberi permainan apa.

Anak satu tahun biasanya sudah tuntas vaksin baru kemudian vaksin lanjutan. Perkembangan anak mulai dari bisa berdiri meski tidak lama. Lalu dari berbaring ke duduk kemudian berdiri dan duduk lagi. Guling-guling dan pakai isyarat untuk menyebut keinginannya. Ngomong ala bayi. Meraih, menggenggam, memukul benda di tangannya. Banyak deh, bisa cek sendiri di buku pink yang dibawa untuk posyandu.

Anak satu tahun itu ketrampilan motoriknya sedang berkembang. Paling sering mengeluarkan benda dari tempatnya. Kadang memang ada yang terlambat, tapi orangtua harus tetap memberikan stimulasi misalnya dengan permainan. Lalu, permainan apa yang cocok untuk anak usia 1 tahun?

5 Permainan Anak 1 Tahun Untuk Melatih Motorik


Sebelum membahas permainan anak, kita harus tahu apa itu perkembangan motorik. Kemampuan motorik itu intinya kemampuan untuk bergerak. Motorik kasar ditandai dengan kemampuan untuk miring, tengkurap, duduk, berdiri, jalan, lari dan lainnya. Sementara motorik halus berhubungan dengan jari-jari tangan seperti menggenggam, menyusun balok, dan sebagainya.

Perkembangan motorik anak jadi salah satu hal penting dan butuh perhatian khusus dari orangtua karena berhubungan dengan kemampuan anak untuk mengendalikan gerak tubuhnya. Untuk itu, anak 1 tahun juga butuh permainan untuk menstimulasi kemampuan motoriknya, antara lain:

permainan anak 1 tahun

  • Bola warna-warni
Di usia 7 bulan ini, saya sudah membelikan bola warna-warni untuk mandi bola. Eh, itu saya sih sebenarnya yang suka, hahaha. Namun ini bagus juga buat anak untuk mengenal warna. Lalu dia juga jadi belajar melempar atau memasukkan bola ke ember. Saya sering masukin dia juga ke ember karena tidak punya kolam

  • Puzzle Potongan besar
Ini sepertinya naik levelnya karena anak jadi menyusun. Namun enggak masalah karena mainan edukasi anak 1 tahun ini bisa mendorong koordinasi mata, tangan, dan keterampilan visualnya

  • Ring donat
Seperti puzzle, ring donat jadi permainan untuk mengasah kemampuan berpikir anak. Mereka jadi bisa mengidentifikasi warna, lalu memecahkan masalah, dan pastinya memperkuat kemampuan motorik halusnya

  • Kitchen Set Anak
Karena keponakan saya perempuan, saya juga berpikir untuk memberikan dia kitchen set. Oh bukan berarti anak laki-laki tidak boleh main ini ya. Dengan bermain masak-masakan, anak akan berimajinasi. Dulu Kakaknya juga senang main alat masak dan punya banyak jenis

  • Mainan musik
Anak setahun itu suka mendengarkan suara. Jadi ketika punya permainan musik, mereka akan senang. Mereka juga suka memukul. Jadi lebih baik pilih kendang atau permainan yang ada palu khusus agar mengeluarkan suara

Sebenarnya Permainan Anak 1 Tahun masih banyak yang bisa digunakan untuk latihan. Karena biasanya mereka belajar berjalan, bisa juga memilih mainan yang bergerak seperti mobil-mobilan, motor, sepeda, baby walker, dan lainnya sehingga mereka mau bergerak. Bisa juga mulai mengenalkan huruf dan angka. Pakai Board book juga boleh yang aman untuk bayi. Ya suka-suka orangtuanya juga. Yang penting tidak membahayakan si anak.

Memang sih keponakan saya belum satu tahun, kurang 4 bulanan lah. Namun tak ada salahnya saya mulai belajar mengetahui Permainan Anak 1 Tahun. Saya belum punya bayi sendiri. Jadi saya pakai keponakan untuk jadi percontohan. Minimal saya juga harus modal ngasih mainan, hahaha.

Kalian sendiri bagaimana? Excited juga saat punya anak atau keponakan batita sampai beliin permainan ini itu? Share cerita Kalian ya! Sampai jumpa. Happy Blogging!

You Might Also Like

0 komentar