Mengenal Digital Marketing Agency Dan Manfaatnya untuk Strategi Komunikasi

June 10, 2021

Kemarin baru saja ramai tentang Boyband yang bekerja sama dengan salah satu brand makanan. Hasilnya boom! Banyak yang berbondong-bondong dan antri untuk mendapatkannya. Saya penasaran, strategi komunikasi apa yang mereka gunakan untuk menarik perhatian semua orang?

Halo, apa kabar? Semoga tetap dalam keadaan baik dan sehat. Yang masih berburu makanan limited edition, santai, Kakak. Kan promonya sebulan. Saya sih B saja. Penasaran sedikit, tapi bukan yang harus mendapatkannya. Sadar diri wong di kampung saya enggak ada, hahaha.

digital marketing agency indonesia

Di sini saya bukan mau bicara makanan atau boyband-nya ya. Saya sedikit penasaran dengan cara mereka beriklan. Saya yakin sih pasti ada campur tangan jasa digital marketing agency di dalamnya. Apa itu pemasaran digital?

Menurut Wikipedia, Pemasaran digital atau digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang bisa jangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Caranya dengan atau tanpa internet.

Saya sendiri bisa dibilang tidak asing dengan yang namanya pemasaran digital. Digital marketing tidak sama dengan internet marketing, tapi pemasaran internet adalah bagian dari pemasaran digital. Digital Marketing Agency adalah bidang usaha dengan tenaga ahli khusus yang bergerak dibidang jasa dalam bantu mempromosikan brand atau produk tertentu.

Saya tidak berpengalaman, tapi dulu saya bekerja di perusahaan baru dan memakai internet marketing. Ketika membuat produk baru yang sebenarnya bagus, harusnya sih Mantan Bos saya bisa menggunakan jasa digital agency Indonesia. Kenapa? Soalnya yang disasar memang seluruh Indonesia, bukan hanya daerah.

Namun dia memilih melakukan pemasaran sendiri, melibatkan pegawai seperti saya dan teman-teman yang tidak berpengalaman di bidang itu. Hasilnya masih jauh dari harapan dan menguras banyak energi yang harusnya bisa dialihkan ke hal lain. Lha bagaimana lagi wong kita memang bukan profesional di bidang jasa digital marketing agency.

Padahal kalau dipikir-pikir, sebenarnya banyak manfaat bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia. Apa saja itu? Ini dia:

digital marketing agency

  • Dikerjakan Oleh Profesional yang Berpengalaman. Ini penting banget sih. Profesional dan pengalaman adalah kunci. Kita memang bisa belajar otodidak, tapi sering memakan banyak waktu. Ketika kita memercayakan pemasaran pada yang sudah mumpuni di bidangnya, itu akan jauh lebih baik
  • Mempunyai Strategi Pemasaran Digital yang Jelas. Karena profesional, strategi pemasaran ala mereka jauh lebih jelas mau dibawa ke mana. Jadi bisa lebih menghemat biaya dan pastinya tidak perlu drama karena deadline tepat waktu. Jadilah anggaran yang dikeluarkan lebih efektif
  • Gabungin Keahlian Strategis dan Pemikiran Kreatif. Zaman sekarang tuh nama pemasaran harus disesuaikan dengan masanya. Butuh sesuatu yang berbeda untuk menarik perhatian. Jadi kita bisa mendapatkan perspektif baru, tidak hanya itu-itu. Jadi sangat mampu jangkau pengguna mobile
  • Berorientasi pada Pelanggan. Karena profesional, digital agency Jakarta contohnya akan fokus dan hanya menitikberatkan apa yang dikerjakan untuk Pelanggan. Kepuasan Pelanggan jadi yang nomor satu sehingga tercipta koneksi yang baik
  • Meningkatkan Konversi Penjualan. Ini paling diinginkan oleh perusahaan. Saat semua pemasaran berjalan dengan baik, tentunya penjualan bisa meningkat sehingga pendapatan jadi lebih besar. Setelah itu, bisnis pun bisa berkembang dengan baik

Kurang lebih, itulah manfaat bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia. Jadi memang enggak ada salahnya jika sebuah perusahaan memanfaatkan adanya jasa digital marketing agency untuk pemasaran. Sehingga bisa menarik banyak Pelanggan untuk membeli produknya

Ngomong-ngomong, ada tidak digital marketing agency Indonesia yang betulan mumpuni dalam bidangnya?

RED Miles AI dan Machine Learning untuk Strategi Komunikasi dari RedComm


Kalau mau dihitung, sebenarnya banyak lho digital marketing agency Jakarta atau Indonesia yang oke. Salah satunya adalah RedComm. Enggak ada main-mainnya deh agensi pemasaran digital ini karena sudah berkiprah selama 20 tahun.

digital marketing agency jakarta

RedComm merupakan agensi digital independen terbesar di Indonesia yang menghadirkan layanan pemasaran dan periklanan digital terpadu melalui strategi kreatif berbasis data, kreatif lokal budaya, hingga memanfaatkan teknologi machine learning dan artificial intelligence. Sudah lebih dari 500 merek baik lokal maupun global yang sudah dilayani RedComm ini.

RedComm sendiri adalah anggota Red Asia Inc., yang merupakan grup perusahaan Indonesia dengan spesialisasi dan keahlian berbeda untuk bantu merek menangin pasar mereka di dunia digital. Ada banyak layanan mulai dari konsultasi data dan teknologi, pemasaran digital, transformasi digital, hubungan masyarakat, sampai branded entertainment lintas layar.

Sekarang zamannya serba digital dan teknologi berkembang dengan cepat sehingga akses informasi melimpah. Jadi tercipta interaksi pengguna yang mengarah pada perilaku dan preferensi masyarakat. Sebenarnya Informasi seperti ini berguna bagi brand buat rencanain strategi komunikasi. Namun proses manual enggak bisa ngimbangi pengolahan informasi tersebut.

RedComm melihat peluang adanya potensi machine learning dan artificial intelligence buat bantu ngolah data. Teknologi yang oke bisa bantu brand buat ngurangi pengambilan keputusan berdasarkan spekulasi. Jadi lebih data driven. Kalau datanya jelas baik besar kecilnya, kan jauh lebih enak.

Kenapa sih harus ada machine learning untuk strategi komunikasi?

 

red miles

Ya karena memang harus ada perubahan dan adaptasi industri advertising atau periklanan melalui menggunakan data dalam membaca perilaku target konsumen. Kita bisa berkomunikasi melalui sosial media, konten untuk menyampaikan cerita, mengukur performa dengan data sehingga implementasi lebih tepat sasaran. Jadi investasi brand teralokasi pada strategi komunikasi dan marketing yang lebih terarah, terukur, dan efektif.

RED Miles atau Redcomm Machine Learning for Engagement on Social merupakan tools pertama yang dibangun in-house, yang bisa ningkatin efektifitas strategi komunikasi brand di media sosial dan diluncurkan eksklusif bagi klien-klien RedComm. Sebenarnya analytic tools sudah tersedia di dalam berbagai platform digital. Namun biasanya hanya mencakup fungsi dasar yang menampilkan data tanpa insight sebenarnya.

Di sini, RED Miles hadir memproses jutaan data dengan machine learning yang mempunyai beragam fungsi buat deteksi dan mengklasifikasikan formula dan variabel yang membuat sebuah konten bisa berhasil di media sosial. Kemudian kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) bisa ngasih rekomendasi pada brand agar lebih efektif berkampanye di media sosial dalam mencapai suatu objektif marketing.

RED Miles mempunyai fungsi utama yaitu penggunaan algoritma dalam machine learning buat mendeteksi elemen dan komposisi dalam suatu gambar, baik subjek utama atau lingkungan sekitar. Dari sini, jutaan informasi akan diproses dalam hitungan detik dan menampilkan rekomendasi prediksi (predictive analytics) dari penggunaan gambar paling optimal efektif yang relevan dengan target market. Ini sangat membantu brand mencapai objektif komunikasi lebih cost-efficient. Jauh lebih menguntungkan ini mah. Keren banget machine learning RED Miles ini.


Enggak salah jika RedComm telah mendapat berbagai penghargaan salah satunya “Agency of The Year” di tahun 2018, 2019, dan 2020 oleh Campaign Asia’s Agency of The Year. Usia 20 tahunan di dunia jasa digital agency Indonesia benar-benar buktiin kemampuannya. Makan banyak asam garam dunia periklanan.

Well, jika suatu saat saya punya perusahaan, saya pun akan memilih menggunakan digital marketing agency saja untuk komunikasi. Sudah kelihatan banget sih manfaatnya. Daripada otak satu pusing mikirin ini itu, lebih baik fokus ngembangin produk. Kita percayakan saya periklanan pada yang mumpuni. Toh social media agency kaya RedComm ini terbukti keberhasilannya.

Kalian sendiri bagaimana? Tertarik menggunakan digital marketing agency Indonesia juga? Atau ada yang sudah bekerja sama? Share cerita Kalian ya!

Sampai jumpa. Happy Blogging!

You Might Also Like

52 komentar

  1. Yang jelas sih mereka punya team PR dan marketing yang andal, sehingga bisa berkolaborasi antara BTS dan McD. Impactnya sangat baik untuk bisnis, baik dari pihak BTS sendiri maupun McD. Keren nih strategi bisnisnya patut ditiru.

    Dari sekian banyak, pilihan jatuh ke RedComm ini. Wow perkembangannya bagus juga nih, udah pernah bekerja sama dengan lebih dari 500 brand. Apalagi udah berdiri lebih dari 20 tahun ya. Nggak salah deh kalau RedComm menjadi digital agency terbesar di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul banget. Malang melintang 20 tahun sampai 500 brand yang bekerja sama itu buktiin banyak hal. Gak salah kan kalau jadi digital marketing agency terbaik

      Delete
  2. Sekarang ga usah repot rapat dan debat lama dengan klien atau agensi marketing buat nentuin metode yang telat utk marketing.

    Tools dari Redcomm yang bernama Red Miles itu bikin jutaan data klien bisa diolah cepat dgn teknologi AI dan machine learning.

    Semua keputusan bisa diambil cepat deh. Pantesan Redcomm jadi agensi digital marketing terbaik di Asia Tenggara deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Jadi waktunya bisa buat hal lain daripada debat. Kan sudah ada Red Miles buat baca dan rekomendasi ini itunya

      Delete
  3. Kalau udah punya digital marketing agency jadi buat usaha semakin maju ya kak. Nggak bikin rugi ini mah malah yang ada untung.

    ReplyDelete
  4. Betul banget ya. Kalau nggak dipegang ahli yg berpengalaman bisa bisa kita malah bikin rugi atau buang waktu. Jadi mendingnya mang kasih ke expertnya ya, kak jiah.

    Melihat tools yg dipakai oleh RedComm ini aku lgsg menganga sih. RED Miles ini keren banget tools nya. Kemudahan mengakses data dengan learning machine dan AI bikin cepat kerja dan costnya lebih efisien jadinya.

    ReplyDelete
  5. harusnya para Petinggi gitu sadar dan mau membuka mata ya Ji, sudah saatnya move on dan membuka diri, apalagi kalau memang produknya itu sasarannyaa untuk semua wilayah, nah saatnya dong digital marketing agency diberi kesempatan :)

    ReplyDelete
  6. Red Miles dari RedComm Indonesia ternyata bisa untuk mengolah data digital dengan lebih cepat ya? Karena sudah berteknologi AI dan machine learning. Ah, perkembangan teknologi memang membuka banyak peluang dan keberadaan digital marketing agency Jakarta penting untuk bantu banyak brand mengembangkan usaha dengan lebih tepat sasaran.

    ReplyDelete
  7. Redcomm swbagai salah satu jasa digital agency di Jakarta sudah ada sejak 20 tahun yang lalu. Tidak heran jika Redcomm memiliki tools yang menggabungkan teknologi Machine Learning dan AI.

    ReplyDelete
  8. Kalo aq liat2 gabung dengan RedComm udah pasti pilihan yang tepat ya kak, soalnya bisnis kita bakal lebih dimudahkan dalam hal promosi dll

    ReplyDelete
  9. 20 tahun dan udah kerja bareng 500 brand, asli sih nggak perlu penasaran lagi sama kualitasnya. Wajib dipilih buat pelaku bisnis kalau emang pengen 'berkuasa' di era digital macam sekarang ini mah

    ReplyDelete
  10. Sama. Saya pun sampai berangan angan kalau nanti perusahaan yg saya impikan ini jadi saya akan memilih bekerja sama dengan Redcomm untuk meningkatkan branding perusahaan

    ReplyDelete
  11. Kadang emang kita harus memilih diantara dua. Hehehe, karena kalau dikerjain semuanya pasti ngga maksimal. Fokus bisnis sama fokus marketing itu bener2 menguras tenaga banget. akhirnya produknya yg keteteran. Jadi mending urusan marketingnya aj ya yang didelegasikan. Salah satunya lewat RedComm inii

    ReplyDelete
  12. Keren banget ya, sudah malang-melintang selama 20 tahun dan kerjasama dengan 500 brand, ini sih portfolio yang ajib bangeeet! Sudah bisa bayangin sekece apa kinerjanya. Apalagi sekarang ada fasilitas Red Miles juga ya? Pasti semakin siap untuk membangun branding dan menyiapkan strategi pemasaran yang pas untuk tiap-tiap kliennya.

    ReplyDelete
  13. Betul banget sih kalau untuk digital marketing produk kayaknya mending serahkan pada ahlinya ya, yaitu digital marketing agency. Setidaknya mereka lebih banyak pengetahuannya dan orang digital marketing agency pasti lebih profesional.

    ReplyDelete
  14. Wah professional sekali ya, jadi praktis kalau perusahaan butuh digital marketing agency tinggal pakai jasanya.

    ReplyDelete
  15. ternyata dengan memiliki background dan karyawan yang berprofesional memang sangat berdampak banget yaa untuk kepentingan branding branding agar terkenal di mata masyarakat, makanya agecny RedMiles dan RedCoom di rekomendasikan banget kan??

    ReplyDelete
  16. Wah Redcom ini keren banget ya mbak
    pengalamannya di bidang digital marketing agency sudah tidak diragukan lagi ya
    sudah ada selama 20 tahun dan melayani 500 brand.
    Semoga makin sukses dan berkembang

    ReplyDelete
  17. Peran digital marketing memang jadi inti bisnis yg dijalankan, makanya hadirnya digital agency bisa menjadi salah satu langkah bagaimana bisnis yg dijalankan itu bisa meluas dipasaran

    ReplyDelete
  18. Sebagai pemilik bisnis pastinya perlu banget menggandeng Digital Agency untuk melakukan eksporure lebih luas lagi jangkauannya. Apalagi strateginy juga biasanya sudah di bantu analisa ya.

    ReplyDelete
  19. Kalau pengalamannya udh 20 tahun, berarti gak diragukan lagi ya kalau udah ahli di bidangnya.

    ReplyDelete
  20. aku baru dengar tentang redcomm ini, mba. makasi sudah sharing yaa.. menurutku ini bermanfaat banget buat orang2 yang bekerja di dunia digital

    ReplyDelete
  21. Iya banget. Daripada membiarkan trial and error terus dari karyawan yang belum banyak pengalaman, akan lebih baik dan bijak jika mempertimbangkan untuk melakukan kolaborasi dengan digital marketing agency yang pengalaman dan kemampuannya sudah mumpuni.

    ReplyDelete
  22. Kalau ada tools baru untuk olah data gini semakin mudah bekerja ya. Mantab banget digital marketing agency yang satu ini

    ReplyDelete
  23. Bagi yang memiliki bujet untuk menyewa jasa digital marketing agency memang akan menjadikan bisnis lebih mudah meraih keuntungan. Bahkan brand awareness akan semakin cepat melekat

    ReplyDelete
  24. Gebrakan baru di dunia digital marketing ini
    banyak yang terbantukan mestinya, apalagi pelaku bisnis yang ingin mengembangkan usahanya.

    ReplyDelete
  25. Digital marketing ini benar benar butuh kreativitas ya,orang orang yang berpikir out of the box pasti bakalan nemu ide ide seru untuk mengenalkan brand yang dipegangnya ke khalayak..

    ReplyDelete
  26. Biar digital marketing makin joss, klien emang harus pinte rpinter pilih digital ahensi buat digital marketingnyaaa.. jangan sampe salah pilih, harus bener bener menseleksi yang terbaik yaaa

    ReplyDelete
  27. Keren banget RedComm ini!

    digital marketing agency Indonesia yang telah menangani lebih dari 500 merek baik lokal maupun global. Agensi ini mengkhususkan diri dalam komunikasi pemasaran berbasis data hingga machine learning dan artificial intelligence dengan memanfaatkan teknologi dan media digital.

    ReplyDelete
  28. kalau sudah pakai jasa marketing digital yang profesional, aman biasanya yaa mba karena semuan strateginya jelas dan matang

    ReplyDelete
  29. iya, enak juga kalau pakai digital marketing agency
    kita bisa duduk manis, sudah ada tim yang mengurus marketingnya kita di internet

    ReplyDelete
  30. Kalau aku bilang kolaborasi McDonald's dan BTS keren banget loh... Digital marketingnya dapet banget in, jadi kangen masa-masa kerja dulu ngurusin digital marketingnya brand-brand.

    ReplyDelete
  31. Setuju banget Mbak Jiah, klo punya perusahaan kita fokus dengan pengembangan produk aspek manufaktur lainnya. urusan promosi, campaign dan apapun itu yg terkait dengan pemasaran...biar dihandle ahlinya sprti Digital Marketing Agency Indonesia ini contohnya. Portofolionya sdh bejibun, jadi trustnya sdh tinggi klo mau pakai agency marketing digital ini.

    ReplyDelete
  32. Luar biasa ya MCD dan BTS. Dan kalau pakai jasa pro seperti Redcomm gitu kan udah terukur data2nya juga ya. Keren udah 20 tahun. Jam terbangnya udah pasti nggak bisa dianggap sepele deh. Ku juga klo punya perusahaan mau pakai jasa Redcomm ah😁

    ReplyDelete
  33. Jadi ya memang bener kan ya untuk menyerahkan perkara² kepada ahlinya. Biar bisa dikerjakan dg benar dan hasilnya pun optimal. Red comm keren euy

    ReplyDelete
  34. Menggunakan Digital Marketing Agensi pemasaran suatu prodak akan lebih terarah dan sesuai dengan mangsa pasarnya ya..
    Cocok.sekali untuk mengembangkan bisnis

    ReplyDelete
  35. Saat ini komunikasi, kolaborasi dan inovasi dengan dunia digital diperlukan di dalam berbagai sisi yah, apalagi bisnis, gimana bisa mnearik pembeli buat borong, hehehe. aku aja kemarin gak kebagian loh, anak minta beliin, hahaha

    ReplyDelete
  36. dengan adanya digital marketing agency seperti Redcom ini, pelaku bisnis akan sangat terbantu ya mbak
    karena bisa memasarkan produk lebih luas lagi

    ReplyDelete
  37. mau dong gabung juga digital marketing agency. apakah membuka lowongan untuk blogger baru ya? hehe

    ReplyDelete
  38. meski tidak pernah bekerja du bidang advertising, tetapi terasa benar ya perubahan dinammikanya setelah dunia bergeser ke arah digital. Dulu iklan didominasi media elektronik I
    (TV dan radio) serta media cetak. Sekarang, kue iklan bergeser ke media digital. Butuh marketing agency yang juga mengakomodasi perubahan pasar.

    ReplyDelete
  39. Betul banget serahkan urusan pada ahlinya Insya Allah beres ya, apalagi Redcomm ini prestasinya nggak kaleng-kaleng euy agency of the year pasti keren inovasinya

    ReplyDelete
  40. Digital marketing agency ini membantu banget yah, terutamauntuk para pelaku usaha yang masih terkendala masalah pemasaran.

    ReplyDelete
  41. Ini buat yang bener-bener kepengen usahanya maju pesat yaa..
    Mengubah pola pikir dan mengikuti kemajuan zaman dengan menggandeng Digital Marketing Agency.

    ReplyDelete
  42. Zaman sekarang memang kudu percayakan segala sesuatu ke ahlinya ya. Biar bisa optimal. Apalagi urusan digital marketing. Di mana2 dunia marketing dan branding sudah sangat sekompetitif sekarang, gak bisa kayaknya ngandelin dikerjain sendiri. Bakal ketinggalan dan keteran.

    ReplyDelete
  43. bagus ini infonya, Ji jadi ini langsung ke ahlinya biar benar-benar optimal ya, karena urusan digital marketing ini bisa jadi garda depan untuk majunya usaha di era digital

    ReplyDelete
  44. Sekilas sama tapi sebenarnya beda ya. dan digital marketing agency ini banyak diminati sih.

    ReplyDelete
  45. Sekarang zamannya semua dipermudah ya mbk, termasuk untuk urusan marketing. Serahkan saja ke ahlinya, seperti Redcomm..praktus dan tepat sasaran tentunya

    ReplyDelete
  46. Butuh banget digital marketing agency jaman now ya Jiah.
    Redcomm ini saya baru tahu. Termasuk yang terbaik ya.

    ReplyDelete
  47. sekarang banyak ya mak digital agency gini.
    mengingat sekarang gede banget dunia digital ini buat segala menambah branding dan penjualan brand di internet kudu tepat mikirnya percayakan sama yang ahli

    ReplyDelete
  48. Tim PR dan marketingnya BTS ini keren bisa gandeng BTS yang emang fansnya banyaakkk.

    Pengalaman Redcomm yang udah berdiri selama 20 tahun dan kerja sama sama banyak brand tentu bisa jeli melihat peluang dan startegi jitu apa yang dibutuhkan brand

    ReplyDelete
  49. Sebagai salah satu digital agency di Indonesia, RedComm ini selain udah lama, banyak prestasi, udah gitu inovasinya kece juga ya kak, meluncurkan yang namanya machine learning Red Miles ini untuk strategi komunikasi. Inovasinya mengikuti perkembangan zaman dan teknologi

    ReplyDelete
  50. Biaya kisaran brp klo pake jasa mereka? Biaya penting d info karena sebagai ukm seprti sy kadang pengen iklan d tangani profesional tapi mentok d biaya, takut mahal ga kejangkau. Klo sekelas McD mah pasti kejangkau hehehe

    ReplyDelete